Gahwa Sensasi Kopi Tanpa Gula ala Arabi

Minum kopi sudah menjadi budaya mendunia.
Sudah coba yang ini ? Gahwa Kopi Tanpa Gula ala Arabi ...

Salah satu Negara dengan budaya kopi tertua adalah Saudi Arabia dengan kopinya yang terkenal yaitu Kopi Arabica  قهوة عربية yang masih memiliki kekhasan baik dari cita rasa kopi, cara menyajikan maupun suasana saat minum kopi. Kopi arabi disajikan tanpa gula, 
Foto : Gahwa disajikan bersama cemilan Baqlawa dan puding sukulat.

Kopi berwarna kuning keemasan, dengan campuran rempah khas antara lain *saffron, cardmon, dll. 

.Kata *kopi berasal dari bahasa Arab, yaitu Al-Qahwa (Arabic: قهوة‎, qahwah) yang berarti kekuatan. dahulu sebagai stimulan agar tetap terjaga selama berzikir pada malam hari. Dialek dalam pengucapan berbeda-beda antar bangsa.

Di Saudi Arabia disebut Gahwa, Orang Turki menyebutnya Kahveh, orang Belanda menyebutnya Koffie, orang Inggris menyebutnya Coffee, orang Indonesia menyebutnya Kopi..

Saat pertama kali saya minum *gahwa saat bertamu ke keluarga Saudian, baru nyicipi sedikiiit, langsung nyengir sambil berucap *no thanks, syukran … saat mau ditambah lagi cangkirku dengan gahwa… sesloki aja belum habis lhaaa kopi kok gak pake gula…?

gahwa coffee arabi
Gahwa disajikan dengan kurma dan coklat
Sesampainya di rumah aku dinasehati majikan bahwa jika menolak minum kopi, (bisa jadi) dianggap *kurang sopan. Waduh aku keliru…maaf. Hari2 berikutnya sengaja belajar minum gahwa dulu di rumah. Hingga pada undangan berikutnya, aku udah pede minum kopi. Saat tuan rumah menambahkan lagi ... dan lagi ... hingga beberapa kali … kusambut dengan senang,
yesss aku sudah bisa menikmatinya. Gahwa minuman simbol keramahan tuan rumah menghormati tamu.

Gahwa Sensasi Kopi Tanpa Gula ala Arabi ...
Bagi yang baru merasakan pastilah berasa pahit dan aneh. Jangan khawatir …sebagai teman minum kopi, biasa disajikan dengan kurma, coklat atau "baqlawa" yaitu cemilan pastry manis.

gahwa coffee arabi

Foto kiri : Gahwa (kuning) dalam *finjan, sloki tanpa pegangan.
kanan : Kopi Indonesia (hitam) dalam cangkir dg pegangan.

Ada loh caranya minum Gahwa, cara & etika minum Gahwa :

1.     Menerima suguhan kopi dengan baik lalu meminumnya. Suguhan kopi merupakan tanda bahwa     tuan rumah sangat welcome dan menghormati tamu yang datang. Maka kitapun sebagai tamu             harus membalas penghormatan yang telah diberikan.

2.      Tuan rumah akan menyuguhkan, mengucurkan kopi dari *dallah (teko) ke *finjan (cangkir           mini/sloki), langsung di hadapan tamu.

3.      Baca Bismillah...lalu ambil kurma, gigit kurma dulu (kurma, coklat atau lainnya), diemut dalam mulut, lalu nyeruput *gahwa.

4.      Pegang *finjan dan minum dengan menggunakan tangan kanan.

5.      Tidak meniup-niup minuman
Pernah saat ngariung dengan keluarga Arabian sambil nge*gahwa, saya minumnya sambil meniup-niup (kebiasaan saat minum panas), seketika saya ditegurnya : "laa .. sambil gerakan tangan menandakan larangan. (laa=Arabic=jangan). Maksudnya jangan meniup-niup,  jika dirasa terlalu panas, tunggu lah sesaat hingga dapat meminumnya. 

6.      Begitu terlihat cangkir berkurang isinya atau kosong maka tuan rumah akan langsung menuangkan kopi lagi, hingga beberapa kali. Jika tidak ingin ditambah lagi, katakan "syukran" (Arabic=teimakasih) sambil menutupkan telapak tangan kanan ke cangkir.

gahwa coffee arabi
Gahwa disajikan dengan coklat dan Ruthab (kurma segar yang masih crunchy).
Nah bagaimana… sudah dapat menikmati Gahwa, sensasi ngupi Tanpa Gula ala Arabi ..?

Coba juga nih minuman segar *Sahi Nanateh daun mint nikmatnya minum teh dengan campuran daun mint segar. Kalo yang ini plus gula. Selain rasanya segar, aroma daun mint dapat membuat perasaan rilex, mengatasi gangguan pernapasan.

Ayo diminum Gahwanya ... Nikmat banget ngeGahwa bersama Anda,
OH ...,  mau mbungkus Gahwa yang masih serbuknya?
Syukran yaaah atas kunjungannya.

Ditulis di kota Riyadh, ibukota negara KSA, Kingdom of Saudi Arabia.,
Foto milik pribadi.


ARTIKEL TERKAIT



33 comments

terimakasih banyak infonya, sangat menarik nih...

wow harga Saffron mahal yah, memang kebiasaan kita suka meniup niup makanan atau minuman panas ternyata disana tidak boleh masuk akal juga sih kalo kita menyantap makanan yang masih panas dapat membuat bagian mulut luka sedikit terus jadi sariawan

kopinya gk hitam ya
tanpa gula. lalu itu enak gk mbak rasanya
baca di artikelnya sih kayaknya lebih enak kalau pake gula ya... wah kebiasaan di sana lumayan juga ya. jadi gk enak ternyata kalau nolak minum kopi. bisa dianggap kurang sopan

Rasanya gimana mbak? saya juga penggemar kopi mbak :D

Nice artikel mbak :D

wah mantab kayanya, di pengen nyobain rasanya gimana...

hi mb Ani, pakai Saffron ckp seemprit dikiiit aja. Iya bener :-d makan minum saat panas dpt mybbkn mulut luka, sariawan. saya sering ngalamin "babak, ledes" lidahnya..

Etika makan n minum mjd kajian para ulama dg bersumber hadist. Adanya larangan agar tidak meniup minuman, sesuai dg anjuran Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam agar tidak bernafas dan meniup air ke dalam gelas atau wadah air.

Dikhawatirkan ada "sesuatu" yg jatuh / tersebar dari mulut atau hidung mengotori, mengkontaminasi minuman, atau menimbulkan bau tidak sedap apalagi saat bau mulut sdg berubah misal abis makan pete jengkol lalu meniup2 minuman :p wuuszzhhh semriibit baunya, lalu minuman disuguhkan ke tamu ... oh nooooo deh

pertama cobain rasa =D "nyengir" ... selanjutnya rasa :-bd "nikmaaaat".

mariiii mb Ratna nambah lagi :) Qahwa nya

Berawal rasa =D "nyengir" ... selanjutnya rasa :-d "nikmaaaat"
seruuu nikmat rasanya dg campuran rempah "rahasia" :D
sok mangga mas Ara AnggARA dicobaan Qahwa-arabi .. gak boleh nolak ;)

rasanya sgt membekas dan membuatku mau dan mau lagiiii. Rempahnya bikin tambah segeerr.
nice juga senyum mb Dita :)

rasanya =D :-d pait pedes semriwing sueger ziiiinck deh

kopi tapi warnanya ngga item disebut Gahwa, seruputnya juga ngga usah pake gula ya kak, sensasinya mirip dengan makan ubi engga ya?

baru denger juga nama kopi satu ini, kopinya apa gk pait kalau gk pakai gula ?

Untungnya ada kurma atau cokelat untuk menemani minum kopi gahwa yang pait... kalau disana minuman utama dalam suguhan kopi ya mba.. kalau diindonesia Teh manis :D

Mang lembu, promosi ubi cilembunya ya... ekspor ke arab aja mang...

wuidih makin mantab.. qahwa yg pait nikmat bersanding dg ubi cilembu yg manis legit, sama2 koneng, cocok dah. ubi cilembu peluang ekspor yg perlu dipertimbangkan, mas fazri siap jadi provider.

paitnya tipiiiis banget, dominan segar rempah cardamon, jahe, saffron. yuk cobain.

yo'i jeli banget, ngelirik dulu ke kurma or cokelat :p klo sdh biasa mah gak pakai kurma,cokelat, langsung srupuuut. Teh manis ( "sahi na'na" plus daun mint segar) juga disuguhkan, biasanya setelah suguhan qahwa, setelah hidangan utama (makan).

aku ga minum kopi, tapi kalau yang berbau arab-araban seperti kopi arabia anu ieu, saya panasaran teh, kopi warnana koneng spt warna jeruk nya..

Dulu saya penggemar kopi lalu semua berubah saat tensi saya naik kalau minum kopi :D
jadi saya sekarang jarang minum kopi. Hehehe
lapor mbak follback sukses..

sama seperti ibu saya, sukanya kopi pahit, kalau ngga biasa emang bikin mata merem melek ya, kalau pahit berarti kopi gahwa mengandung kafein yang cukup tinggi ya.

Kopi tanpa gula apa rasanya ya mba. Tapi kalau makanannya manis bisa tuh jadi manis juga kopinya

Qahwa tidak sepahit kopi lainnya, kandungan Kopi Arabi (Qahwa) *lebih rendah.

Minum kopi banyak manfaatnya. Sungkem buat ibu yah ... sehat sll, insya Allah.

Qahwa 'koneng' spt jeruk? :p neng Santika gak boleh nolak kalo saya suguhin yah!
Hayuk mangga disrupuuut ... tah teu panasaran deui :) nikmat uuyy.

oh, jaga tensi sll, jangan boleh naik :) keep normal bro. spy dpt nyruput nikmatnya kopi lagi.
reaksi minum kopi berbeda antar individu. dlm dosis normal, minum kopi bermanfaat.

laporan boss Eksa diterima .. sip lapananam :-d

ada pait2nya dikit, tp tidak sepahit kopi lainnya. Betul jgn khawatir mas Dzaky, Qahwa biasa disajikan bersama kurma, plus yg nyuguhinnya berhati manis pula :) pokona mah nikmeet.

Tapi katanya, pasar kopidi arab itu berasal dari Indonesia. Cuma diganti merk dan bungkusnya. Aku pernah membaca hadis nabi entah shohih tidaknya aku belum tahu, memang nabi melarang meniup minuman panas yang akan kita minum.

Aku baru ngeliat bentuk ruthab ternyata demukian, manis ga mb?

di bag yg sdh matang warna coklat rasanya manissss seger di bag yg 1/2 matang / kuning kres kres crunchy.

Kopi serbuk tanpa campuran, misal dari Yemen.Turkye lbh fav dibanding kopi kemasan (instan),
Saya ada kopi instan "Alicafe" produk Malaysia.
Mengingat Indonesia termsk produsen besar kopi, ekspor ke bbg negara. mungkin jg mas?
Mari mas diminum kopinya jangan meniup-niup yah :p haturnuhun.

Komentar baik Anda menambah semarak blog ini. Barakallahu fiikum.

Copyright © * Mysweet Ladyluck. All rights reserved.