yogyakarta : BOROBUDUR Temple

Ke Jogja / Yogya / Yogyakarta belum plong jika belum mengunjungi Candi Borobudur.
Meski diguyur hujan  tetap semangaaaatt menaiki tangga hingga ke puncak candi.

candi BOROBUDUR  
Candi Borobudur adalah sebuah candi Budha yang terletak di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Dibangun sekitar tahun 824M oleh raja Mataram, bernama Samarutangga dari dinasty Syailendra, Borobudur telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai Warisan Dunia, juga sebagai candi budha terbesar se dunia. 

Pengunjung dapat menaiki candi dari sisi timur, mulai dari dasar area dasar candi, memutar searah jarum jam, terus naik ke undakan berikutnya melalui 3 tingkatan dalam ranah Budha, yaitu Kamadhatu (ranahhawa nafsu), Rupadhatu (ranah erwujud) dam Arupadhatu (ranah tak berwujud).

Sebelum menaiki candi, pengunjung harus mengenakan 'jarit/jarik/kain' dengan cara dililitkan ke tubuh dari pinggang ke bawah. Kain ini sudah disediakan oleh pengelola wisata. Pemakaian kain ini menambah kesan 'luhur'.

Kain yang disediakan bercorak batik. Memang Yogya sangat terkenal dengan ragam dan desain batik yang bernilai artistik tinggi. Ke yogya, tentu saja tidak terlewatkan berkunjung ke galeri batik, atau ke workshop batik, kita dapat melihat proses pembuatan batik




STUPA
STUPA adalah bagian atas (puncak) area candi, berbentuk kerucut, dengan dinding berlubang, tembus cahaya (menerawang). Bentuk lubang stupa berbeda pada tingkatan teras candi. Pada teras 1 dan 2  bentuk lubang stupa adalah belah ketupat. Sedangkan di teras ke 3 berbentuk segiempat bujursangkar. Ini mengandung filosofi perkembangan dari tidak seimbang ke arah seimbang atau kesempurnaan.

Dari lubang ini kita dapat melihat isi di dalamnya, yaitu berupa arca Budha sedang duduk bersila dengan posisi tangan diantaranya adalah di pangkuan, telapak tangan bertemu di tengah2, telapak tangan kiri di bawah menumpu telapak tangan kanan.


RELIEF
RELIEF... adalah patung yang menempel di dinding candi, sangat indah meunjukkan ketelitian dalam pembuatannya dengan nilai estetik yang halus serta nilai artistik yang tinggi. Relief ini berbentuk antara lain manusia mulia pertapa, raja, dan wanita bangsawan.

Souvenir Shop.

Di pelataran candi terdapat shopping area yang cukup luas menjual aneka cinderamata : Kain batik, baju batik, patung, kerajinan kayu, kerajinan anyaman, dll. Jangan lupa untuk menawar sebelum membeli.




ARTIKEL TERKAIT



2 comments

@mysweet: thanks blog kamu jg keren..kapan ya off road nya..? ak orang jogja tapi lom pernah keborobudur....tau napa ada aj halangannya...jadi malu...hihihi

hiyaaaah mas arief terbang mulu ke luar negeri siiiiy :)

Komentar baik Anda menambah semarak blog ini. Barakallahu fiikum.

Copyright © * Mysweet Ladyluck. All rights reserved.