yogyakarta - BATIK baju


Jogja merupakan salah satu kota yang sangat terkenal dengan BATIK.

Batik adalah sebutan untuk sejenis kain dengan corak desain yang dibuat dengan menggunakan malam / lilin / wax. Namun seiring perkembangan jaman, saat ini dikenal juga Batik Cap / Printing yang tidak menggunakan malam, tetapi mengunakan zat pewarna kimia yang umum digunakan produk printing atau cetak pada tekstil.

Seni membatik yang memrlukan ketelitian, kesabaran dan rasa estetik yang halus adalah membatik yang dilakukan dengan tangan. Saya intip kegiatan membatik di salah

Pic 1



 
satu art shop... penasaran... setelah minta ijin kepada pengelola art shop langsung saja kesempatan ini tak kusia-siakan...mencoba membatik hehehe ternyata tidak mudah yaaaa.

Pertama 'canthing' yaitu alat untuk membatik dicelupkan ke dalam cairan malam/lilin/wax, kemudian ditiup ffuuuuhhh supaya canthing tidak mampet. Cara meniupnyapun perlu tehnik khusus, semakin bibir dimonyongkan, tiupan semakin baik hahahaha. Kemudian canthing ditorehkan ke permukaan kain.

Mulailah menutupi seluruh gambar/disain dengan malam. Selembar kain biasanya diselesaikan sekitar 3 bulan. Belum lagi masih perlu proses finishing lainnya, waduh lama juga yaaaa, harganya mencapai ...jutaan rupiah. Harga yang pantas untuk sebuah karya denga sentuhan artisik tingkat tinggi. Ini yang disebut *Batik Tulis.




  Pic 2

Batik Indonesia sudah diakui oleh dunia. Pengakuan ini direpresentasikan oleh UNESCO selaku organisasi tertingi dunia bidang kebudayaan di bawah naungan PBB. Sertifikat dari UNESCO merupakan simbol pengakuan dunia terhadap warisan budaya bangsa Indonesia :

1. Candi Borobudur
2. Batik Indonesia
3. Wayang Indonesia
4. Keris Indonesia

Terkait dengan batik, Presiden telah menetapkan tanggal 2 Oktober sebagai Hari Batik. Di hari itu semua pakai baju batik ... sungguh semarak. Aku bangga memakai baju batik.
 
Contoh corak/motif batik

Koleksi pribadi.



ARTIKEL TERKAIT



Thank you for supporting & Positive's Comments l Barakallahu fiikum.

Copyright © 🌻Woro Nur. All rights reserved.