Telur Gabus Keju Kriuk

Assalamualaikum. Winter dingin gini enakeun di dapur bikin cemilan. Bahannya mudah caranya pun easy tidak takut gagal .. pokona mah.


BAHAN :

8 sdm tepung tapioka
2 sdm tepung maizena
1 butir telur
1-2 genggam keju cheddar parut
1 sdm butter / mentega
1 sdt kaldu bubuk
1/4 sdt (secukupnya) garam
Secukupnya minyak untuk menggoreng

CARA MEMBUAT
.
1. Campur semua bahan, aduk rata, beri air sedikiiiit dicipratin aja, uleni hingga kalis.
2. Cicipin dulu koreksi rasanya.
3. Ambil secimit, pelintir dengan telapak tangan, masukkan ke wajan berisi MINYAK DINGIN, hingga seluruh adonan terendam minyak.
4. Kalo pelintirannya sudah banyak diwajan, baru nyalakan api sedang cenderung kecil. .
4. Goreng hingga matang.


cie ciiieee belajar melintiiirrr nih ..
entarannya jadi ahli tukang pelintir  😍😘 wkwkwk.




💝✅ Thanks for watching

Read More »

Bakso Tusuk Bakar Teflon

[Saudi Arabia 07:01:2019] Assalamualaikum.

Memasuki tahun 2019 Tim Cookpad tebar tantangan. Cobain ikutan guna menambah ketrampilan di dapur. Tantangan Pekan Inspirasi  #Recook_Bakaran kali ini saya terinspirasi dari Mama Albiyan, terimakasih.

Bakso Tusuk Bakar Teflon 🍡🍢  😍


Menghabiskan stock bakso di freezer, saya membuat Bakso Tusuk Bakar Teflon dengan saus Barbeque.



Jika tertarik membuat Bakso silakan klik logo Cookpad di side atau di sini :

Resep Membuat Bakso Kenyal Tanpa Pengawet

Bakso Tusuk Bakar Teflon yang ini membuatnya mudah. Saya menggunakan paduan 3 macam saus : saus tomat, saus sambal, saus barbeque yang kesemuanya mudah didapatkan di supermarket.


Tanpa tambahan bumbu bagi lidah saya sudah pas.

BAHAN :

15 pentol bakso
3 sdm saus Barbeque
1 sdm sambel pedas botol
2 sdm saus tomat
1 sdm olive oil atau minyak goreng
🌿 SAYURAN : paprika, tomat, buncis, daun bawang
tusuk sate

LANGKAH :

1. Campur semua saus + olie oil (minyak) aduk rata, koreksi rasanya.




2. Tusuk bakso diselang-seling dengan sayuran


3. Olesi bakso dengan saus. Bakar di teflon yang sudah diolesi minyak.


4. Sisa sayurannya dioles saus dan bakar sekaliyan.



5. Sajikan


Winter dingin gini tempat menghangatkan badan sambil ngemil ya di dapur xixixixi
senantiasa ngebul dengan aneka menu masakan rumah. Makan bersama keluarga di rumah ternyata lebih menyenangkan.



Habiskaaaann.. yallaaaa .. !


Niiiiyy dibungkuuuus yah buat bekal 😍😘
Salam hangat di dinginnya winter saat ini sekitaran 8, 10 derajat Celcius.

Read More »

Arab Saudi Diguyur Hujan

Assalamualaikum,

Musim hujan gini semoga semua pada sehat yaaa.

Di sini pun sedang menikmati musim hujan. Awal winter cuaca dingin, saat ini sekitar 15 - 20 siang hari dan menurun di malam hari sekitar 10 derajat C. Semalem hujan dingiiin banget. 

Awan mendung disertai sesekali guntur geledek menggelegar meski hujannya keciiiil. 
Beberapa wilayah terutama dekat pegunungan air hujan mengalir ke daerah yang lebih rendah melimpah ruah ..  

Masyaallah tabarakallah.

28 Nov 2018. Saing hari 20 derajat, malam harinya turun 10 an. 

Suhu fluktuatif akan menurun terus hingga minus seperti yang saya alami tahun lalu. Suhu minus -1. Uatiiiisse puooolll. 

Namanya di negri gurun dimana hujan sangat jarang, jadi kalau pas hujan giraaang senang banget bersyukur Alhamdulillah. Aroma tanah gurun saat pertama tersiram hujan dari langit ... khas banget. 


RAIN is a blessing from Allah subhanahu wa ta'ala. 



Make DOA : "Allahumma shoyyiban nafi'an"


Hujan dingin gini enaknyaaaa ngapain  ?

1. ...
2. ...
3. ...



Winter is coming @Riyadh - Saudi Arabia, November Rain 2018.
Read More »

WADUH Dapat SMS dari SAUDI PERTAHANAN UMUM

DAPET 📲 SMS dari SAUDI PERTAHANAN UMUM - CIVIL DEFENSE
.
Assalamualaikum. Semoga semua pada sehat
ان شاء الله
musim hujan membawa keberkahan.

Sekian lamaaaa tidak update blog hampir setahunan .. 
oh my God ! banyak rumputnya ..wkwkwk

💦 💦 💦

Terkait cuaca saat ini (hujan, angin, musim dingin) dan dampaknya yang mungkin terjadi. Perhatian pemerintah Saudi Arabia diantaranya dengan memberikan peringatan dan arahan kepada seluruh warga melalui SMS. Agar warga senantiasa berhati-hati adanya hujan lebat, meghindari lembah2, wadi, genangan air. 
Jika ada yang terdampak hubungi 998. 
.

💦 💥

Guntur geledek sering meyambar menggelegar cukup keras biasa mengiringi hujan di negri gurun meski kadang hujannya seupriiit .. kecil rintik2. Alhamdulillah.
.

Inilah diantara manfaat yang kami rasakan. Semua nomor telepon warga terdaftar, tercatat di database pemerintah. Info2 penting dari Pemerintah, kami terima secara berkala di handphone. 
.

Bagaimana suasana di tempat sobat 💝

salam rindu. dari Saudi Arabia 
🇸🇦
🌻🌿🌷 Have a nice day !
Read More »

Cara Memasak Nasi Tanpa Rice Cooker


Assalamualaikum
Adakah yang seperti saya tidak punya rice-cooker? Oh Begini nasib.


Cara memasak nasi tanpa rice-cooker ini saya jumpai di hampir semua keluarga orang Saudi. Meskipun dapur mereka modern namun tetap memilih menanak nasi tanpa rice cooker.

NO RICE-COOKER ? No Problemo.

Kegiatan di dapur tetap menyenangkan euy … !

Masak nasi tanpa rice cooker ? Hasilnya … nasi matang sempurna, awet seharian tidak berubah menguning maupun bau. Nasi tetap segar tidak benyek berjam-jam, hingga keesokan harinya.
Tambahan tumisan bawang putih menggunakan minyak zaitun .. hmmm .. aromanya haruuum banget. Sedikit garam membuat nasi menjadi terasa gurih. Coba deh .. !

Kali ini saya gunakan beras bulir panjang (beras Basmati). Beras jenis lainnya juga tak masalah. Setelah beras dicuci bersih lalu direndam sekitar 30-60 minutes. Perendaman ini dapat menyingkat waktu saat proses memasak nasi.

Beras bulir panjang : BASMATI
Bahan : untuk 2 porsi.

1 cangkir beras. Direndam 30-60 menit.
2 siung bawang putih. Geprek, cincang halus.
2 sdm olive oil (minyak zaitun). Minyak jenis lain juga okey.

Setelan api minimum
Proses :

1.Setelah beras dicuci bersih, direndam, lalu ditiriskan.
1.Tuang minyak + bawang putih ke dalam panci lalu tumis hingga kekuningan & harum. Sebentar saja, jangan sampai bawang putih coklat nanti gosong, membuat warna nasi tidak cantik .
2.Segera masukkan beras. Tumis beras 1 menit & aduk hingga rata.
3.Tambahkan air secukupnya ukurannya seperti biasa menanak nasi. Tutup panci.
4.Biarkan beras dalam air mendidih sekitar 5 menit, lalu kecilkan api minimum. Tutup panci.
5.Saat air surut, aduk nasi perlahan. Tutup panci lanjutkan hingga matang.
6.Jika nasi sudah matang, matikan api. Biarkan nasi dalam panci tertutup agar lebih tanak.
7.Saat hendak dihidangkan, aduk perlahan nasi (dapat menggunakan garpu) supaya nasi tidak menggumpal. Hasilnya nasi bercerai cantik rasanya menul-menul / fluffy.

Selamat menikmati

Video : Cook Rice without Rice-Cooker
Siyaaapkan piriiing ... hayuk santaap bersama. Lauknya bawa masing-masing.
Wuidiiiih ... ada yang bawa rendang, ayam goreng, lodeh daun singkong.

Naaah ini niy yang ane tunggu-tunggu : ikan asin jeung peuteuy ... !




Read More »

Ngeri Arab Saudi Dilanda Badai Debu

Bismillah

Arab Saudi dilanda Badai Pasir/Debu Hebat. Otoritas memberikan peringatan, himbauan kepada warga untuk tinggal di rumah.
Badai Pasir/Debu  ... pic is not mine
Semalem jelang tidur mulai deh terasa sesuatu nggak enak di hidung.
Rada ngeres gitu rasanya ... maunya bersin-bersin.
Lendir hidung mulai muncul.

Alhamdulillah begitu sempurnanya Sang Maha Pencipta menciptakan sistem kerja anatomi tubuh yang tiada bandingannya. Ketika benda asing / debu memasuki hidung maka akan otomatis bulu-bulu hidung menyaringnya. Lendir hidung yang keluar sebagai reaksi adanya benda asing / debu yang dapat mengganggu. 

Begitulah kuasa Allah menjadikan tubuh bereaksi secara otomatis.
Sehingga kita akan lebih prepare.

Buka jendela ... bener deh.
Hembusan angin kencang bawa debu. Angin kencang debu dataaaang lagiiii ... !

Menara Al-Faisaliya saat cuaca cerah ... pic by me
Direktorat Pertahanan Sipil di wilayah Riyadh memberikan peringatan agar warga  berhati-hati, setelah menerima peringatan lanjutan dari Badan Meteorologi dan Lingkungan.
Kementerian kesehatan menyarankan warga untuk tinggal di dalam rumah untuk menghindari efek debu. Mereka yang alergi debu maupun terkena dampaknya mohon segera  lapor ke fasilitas kesehatan terdekat.
Polisi  lalu lintas berjaga-jaga.Tidak ada insiden jalan raya. Jumat adalah  hari libur umum.

Menara Al-Faisaliya saat Badai Pasir/Debu
Beberapa hari yang lalu Saudi Arabia dilanda "Sand Storm" Badai Pasir/Debu hebat.
Sebelumnya Otoritas Saudi sudah memberikan warning agar warga waspada. 



Badai pasir / debu ( Sand Storm ) biasa terjadi utamanya saat pergantian musim seperti sekarang ini dimana  Winter / musim dingin berakhir berganti memasuki Summer / musim panas.

video


Kalau BADAI RINDU yang melanda ....gimana doooong ???



Read More »

Nasi KABSAH TUNA Arabian

Assalamualaikum ...
Udah pada makan belum ? Yuk niy dah ane siapin :)

Di Arab Saudi Nasi KABSAH merupakan Hidangan Nasional. Ada Kabsah Dajjaj (nasi dg ayam), Kabsah Lahma (dengan daging kambing or sapi), Kabsah Samak (dengan ikan).


Methodenya dengan dicampur jadi satu menghasilkan rasa laziiiz.

Kali ini saya gunakan Tuna Chunks (sudah diiris2) kemasan Kaleng.

Hayuuuk dicicipi ... yalla !

BAHAN

1 cangkir beras
1 kaleng Tuna Chunks (tuna iris kemasan kaleng)
1 buah wortel, kupas, iris dadu keci
1 buah tomat, iris dadu kecil
1 sdm pasta tomat
1 onion / bawang bombay ( 5 siung bawang merah), cincang
3 siung bawang putih, cincang
Secukupnya bumbu : Garam, gula, merica, jahe, jinten, paprika bubuk (cabe), kunyit, kaldu bubuk. Bumbu dapat disesuaikan dengan selera lidah Anda
3 sdm / secukupnya minyak untuk menumis,


CARA MEMBUAT

1.Masak beras seperti biasa hingga 90% tanak. Matikan api. Sisihkan. 
Sementara siapkan bahan untuk masak Tuna.

2.Panaskan minyak lalu tumis bawang merah, bawang putih hingga harum. 
Masukkan wortel. Aduk rata masak hingga wortel layu.

3.Masukkan tomat. Aduk rata. Tutup wajan hingga tomat layu.

4.Masukkan Tuna.

5.Masukkan bumbu. Saya gunakan bumbu : kaldu bubuk, merica, garam masala (bumbu campur mengandung kunyit), paprika bubuk, jinten, jahe. Bumbu dapat disesuaikan dengan selera Anda. Bumbu Arab khas selalu menggunakan cumin (jinten).

6.Jika perlu tambahkan air sedikit saja supaya masakan tidak kering dan bumbu meresap. Aduk rata.

7.Tambahkan pasta tomat. Penambahan pasta tomat akan menambah kuat rasa asam segar tomat dan mengurangi rasa asin garam. Oleh karenanya koreksi kembali rasanya. Sudah matang, matikan api.


8.Finishing : Ambil panci nasi yang matang 90%. Aduk rata nasi. Ambil sebagian dan sisakan di panci sebagiannya. Tutup / tambahkan dengan tumisan Tuna sebagian. Lalu tutup tuna / tambahkan dengan sisa nasi tadi.

9.Terakhir tutup nasi / tambahkan dengan sisa Tuna. Membentuk layer / lapisan dari bawah : nasi, tuna, nasi, tuna. Masak kembali dengan api kecil hingga nasi matang 100%. Jika takut gosong, alasi panci dengan alas lempengan tahan api..

10.Sajikan. Terimakasih sudah mencicipi :)


Kami di Saudi Arabia makannya bersama dalam satu piring stainless bundar besar lebar. Ada yang cukup untuk 6-8 orang. Seruuu nambah nikmat. Tidak banyak cucian piring.. hehehe. Alhamdulillah.


Makan bareng dalam satu piring .. dhugh .. MESRAaaaaN





Marhaban ... Selamat datang :)

hayuk kita "botram" ( bahasa sunda ) artinya makan bersama rame-rame.

Mysweet Ladyluck @KSA
The end of winter .. welcome summer !


Read More »

Indonesia Hebat Raih Penghargaan King Faisal International Prize 2018

INDONESIA HEBAT !

Profesor Irwandi Jaswir dari Indonesia mendapatkan Anugerah Penghargaan King Faisal International Prize 2018. Penghargaan terbesar tingkat dunia setelah Nobel.


Penghargaan diserahkan langsung oleh Raja Arab Saudi, King Salman dalam acara mewah di Riyadh pada Senin malam 26 Maret 2018.

video : prosesi malam penganugerahan King Faisal Prize Internatonal 2018

Profesor Irwandi Jaswir  yang kini menjabat sebagai Wakil Direktur INHART (International Institute for Halal Research and Training) Universiti Islam Antar Bangsa Malaysia ini menerima anugerah untuk kategori Pelayanan Islam (Service to Islam) dengan penelitiannya di bidang Halal Science.

Penelitian Halal & Haram dalam prespektif keilmuan / science.

Beliau merupakan salah satu dari 5 peraih penghargaan dari berbagai negara.

CONGRAT ! The 5 winners were :

1. Service to Islam - Professor Irwandi Jaswir, Indonesia
2. Islamic Studies - Professor Bashar Awad; Jordania
3. Arabic Language and Literature Studies - Professor Chokri Mabkhout; Tunisia
4. Medicine - Professor James P. Allison; US
5. Science - Professor Sir John M. Ball. UK



Source : SPA.gov.sa

Selamat .. ilmu yang sangat bermanfaat bagi kemashlahatan ummat. Barakallahu fiikum.

Mysweet Ladyluck @Riyadh-KSA ..
The end of Winter ... welcome Summer !

Read More »

Saudi Tangkis 7 Rudal Houthi Yaman termasuk ke Riyadh

Riyadh, Rajab 09, 1439, Senin 26 Maret 2018,

Tadi malam larut saya masih melek, sedang serius sinau ngerjain tugas. Tetiba terdengar jelas suara dentuman ledakan ngejelegur beberapa kali. Sontak saya cilang-cileng melalui jendela melihat sekitar rumah. Karena sudah larut malam tak sempat lagi nonton tv. Buru2 beberes segera masuk kamar.

Doa dan tertidur.

Subuh dapat kiriman dari orang Saudi video viral terkait. Cek berita tv, ternyata suara dentuman keras ditimbulkan dari Rudal yang saling beradu di udara. Rudal Penangkis Saudi menghantam hancur Rudal yang ditembakkan oleh pemberontak Houthi di Yaman.

Juru bicara resmi pasukan koalisi yang dipimpin Saudi Arabia "koalisi untuk mendukung legitimasi di Yaman," kolonel Turki al-Maliki mengatakan bahwa pada Minggu malam, pasukan pertahanan udara koalisi mendeteksi peluncuran 7 tujuh rudal balistik dari dalam wilayah Yaman menuju wilayah KSA - Kerajaan Saudi Arabia.


Menurut Kolonel al-Maliki, tiga dari mereka berada di arah kota Riyadh dan satu ke arah Khamis Mushait dan satu menuju Najran dan dua menuju Jazan dan diluncurkan secara acak menargetkan daerah sipil, kawasan penduduk.

Rudal berhasil dicegat dan dihancurkan oleh pasukan Angkatan Udara Kerajaan Saudi. Intersepsi rudal menyebabkan jatuhnya fragmen / reruntuhan rudal  di beberapa lingkungan
perumahan.

Menurut informasi awal dan sampai persiapan pernyataan ini, itu mengakibatkan korban syahid seorang ekspatriat di pemukiman  Mesir dan kerusakan material .

Rincian dalam hal ini akan diumumkan kemudian oleh pihak yang berwenang.



Al-Maliki mengatakan bahwa tindakan bermusuhan dan tidak pandang bulu ini oleh kelompok Houthi yang didukung oleh Iran membuktikan keterlibatan berkelanjutan dari dukungan rezim Iran untuk kelompok bersenjata Houthi dengan kemampuan kualitatif dalam tantangan yang jelas dan eksplisit terhadap pelanggaran resolusi PBB (2216) dan resolusi (2231) untuk mengancam keamanan Kerajaan Arab Saudi dan mengancam keamanan regional dan internasional,

dan bahwa penembakan rudal balistik terhadap kota-kota dan kawasan berpenduduk bertentangan dengan hukum humaniter internasional, menekankan bahwa tindakan milisi Houthi adalah perkembangan serius dalam perang organisasi teroris dan orang-orang di belakang mereka yang disponsori negara rezim Iran.

Serpihan reruntuhan rudal
Juru bicara media Pertahanan Sipil di Riyadh, Mayor Mohammed Al-Hammadi mengatakan bahwa tim Pertahanan di kota Riyadh pada hari Minggu malam menanggapi insiden dari jatuhnya serpihan-serpihan rudal balistik - setelah intersepsi dan perusakan - di pemukiman penduduk di berbagai lokasi.

Salah satu pecahan peluru jatuh di sebuah rumah tempat tinggal yang mengakibatkan korban syahid seorang ekspatriat dan melukai dua orang lainnya, semuanya dari kebangsaan Mesir. Insiden ditangani sesuai dengan prosedur.

sumber berita : SPA.gov,sa/1744178
video bergulir di sosmed dan tv.

Mysweet Ladyluck, @Riyadh - KSA, 26.03.2018
Terdengar suara adzan berkumandang, merdu syahdu, dalam kesejukan akhir winter.
Suara adzan mesjid di lingkungan tempat kami tinggal, mirip Syeikh As-Sudais, Masjidil Haram.


Read More »

MHQH Asean Pasifik 2018 Maret di Jakarta

Indonesia menjadi tuan rumah Musabaqah Hafalan Quran & Hadits,  MHQH tingkat ASEAN & Pasifik yang diselenggarakan pada tanggal 19-22 Maret 2018 di Jakarta.

Acara yang berlangsung tiap tahun ini atas kerjasama Yayasan Prince Sultan bin Abdulaziz Al Saud – Kerajaan Saudi Arabia dan Kementerian Agama Republik Indonesia. [SPA gov Saudi].

Baca juga : MHQH 2017 Tahun lalu Indonesia juara !

Hadiah bagi para pemenang diantaranya berupa uang juga mendapat undangan resmi dari Kerajaan Saudi Arabia sebagai Tamu Kehormatan VIP menunaikan ibadah Haji. Insyaallah.



MHQH - Asean & Pasifik ini menyusul MHQH - Nasional yang telah selesai digelar.

Musabaqah Hafalan Alquran dan Hadits (MHQH) tingkat Nasional ke 10 telah ditutup oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Kamis (22/02). Event tahunan ini berlangsung sejak 19 Februari 2018. [Kemenag RI].

Read More »

Telur Dadar Kentang Spanyol Omelette de Patata

Bismillah. Di Spanyol makanan ini termasuk klasik terkenal, "tortilla de patatas" alias Telur Dadar Kentang. Bahannya simple mudah didapat. Membuatnya pun mudah, untuk breakfast mantab mengenyangkan.

Saya tambahin 1 sdt bumbu campur jadi untuk daging, supaya aromanya makin kuat.

 Atau bisa tambahkan oregano. Tanpanya juga tak mengapa.


BAHAN

1 buah kentang
3 butir telur
1 bawang Bombay / bawang merah secukupnya.
Segenggam keju parut (optional)
Segenggam daun parsley cincang / bawang daun
Secukupnya kaldu bubuk/garam, merica, pala.
secukupnya minyak untuk menggoreng


CARA MEMBUAT

1.Kupas kentang,iris tipis kotak kecil, cuci hingga air bening.
2.Iris bawang Bombay.
3.Goreng kentang dan bawang Bombay, sisihkan
4.Kosok telur di mangkok menggunakan garpu lalu masukkan kentang dan bawang Bombay yang          sudah digoreng. Aduk/kocok rata dengan garpu.
5.Beri kaldu bubuk/garam, merica, pala.
6.Taburi parsley cincang/daun bawang.
7. Goreng dengan api sedang cenderung kecil, tutup wajan, lalu balik sehingga matang kedua sisinya.
8.Angkat, sajikan


Kami suka dengan taburan keju di atasnya. Atau saos dan sambel botol.

Bon appetite .. Mas ..Mba.. hayuk dihabiskan ntar saya buatin lagi ..siyaaap !




Thanks for watching

Buatan Mysweet Ladyluck @KSA memang lumayan ...hehehe
Penambah anget-anget saat winter ginih



Read More »
Copyright © * Mysweet Ladyluck. All rights reserved.