Uniknya Nama Bayi Arab Hanya 1 Kata

Tulisan ini meraih Juara ke-2 di ajang Giveaway "Nama Yang Paling Berkesan".

Bismillah, Kelahiran buah hati merupakan suatu anugerah dari Allah yang sangat membahagiakan bagi suatu keluarga. Persiapan pemberian nama bayi pun sudah jauh jauh hari sebelumnya. Beberapa nama bayi yang dicalonkan, dipilah dipilih dengan pertimbangan yang matang baik melalui nasehat orang tua, saudara, kerabat, teman, sahabat, baca2 di media, dll.

nama bayi
Masya Allah ... gambarfoto edited by Myswet Ladyluck
Nama merupakan tanda yang harus diberikan sebagai pembeda antara seseorang dengan lainnya.

Tak jarang sebuah nama menjadi cukup panjaaang .. dikarenakan pemberian nama bayi berasal dari usulan beberapa orang dalam suatu keluarga. Sebagai orang terdekat yang juga ikut berbahagia dan bersyukur atas kelahiran buah hati, baik dari nenek/kakek, om/tante, eyang buyut atau bahkan boss-nya mungkin J , mereka semua ingin juga andil memberikan nama.

Dulu saya beranggapan bahwa nama yang panjang itu keren, biasa digunakan oleh kalangan "ningrat" (bangsawan), kalangan orang kaya.

"Siapa namanya .. ?"

Berikut pengalaman saya di Saudi, terkait Uniknya Nama Bayi Arab Hanya 1 Kata. Saat berkunjung ke keluarga aseli Saudi Arabia yang baru saja mendapatkan buah hati. Dari desain, warna interior kamar bayi, perabot, pernak-pernik, serta souvenir yang ditata sangat menarik dalam nuansa biru..

Jamuannyapun khas Arabia, baca juga Aneka Masakan Arabian.

Souvenir berupa handuk lembut kecil yang dikemas indah berenda, berpita, parfum kecil imut dengan aroma yang segar ringan, serta mainan bergambar bayi. Sebagai kenang2an setiap tamu yang hadir menengok buah hatinya, diberikan souvenir cantik.

Saya menebak bahwa bayinya adalah lelaki.

Begitu terucap nama bayi teriring ucapan :

"Masya Allah gantengnya, lucunya  .. iiihh nggemessiin deh … "

Nama bayinya adalah Saleh.

Lalu saya masih bertanya penasaran : " Saleh …,  Saleh siapa lanjutannya ? "

Dijawab : "Saleh" saja.

bayi arab
Souvenir. Dapet oleh2 nengok Bayi Laki-laki di Arab Saudi 
Dok. pribadi
Hanya 1 Kata
Daku tersenyum (penasaran) kuangguk-anggukkan kepala sambil berucap : "Masya Allah tabarakallah … thoyyib, good (thoyyib, Arabic=baik)".

Pandanganku menyapu wajah bayi yang ngaraaab bingit.  Dari lanjutan obrolan kami, tahulah saya bahwa di Arab Saudi, Negara dengan warga negaranya 100% muslim,  menggunakan nama bayi (orang) hanya 1 kata.

Berikut nama bayi (orang) yang saya ketahui di Arab Saudi :
Pria : Muhammad, Abdullah, Umar, Saleh, Yassin, Yazid, Majid, Abdurrahman, Ali, Hasan, …dll.
Wanita : Aisyah, Aminah, Fatimah, Nur, Zahra, Jihan, Hayat, Layla, Marwa, Azizah, Reem, …dll.

Kesan Pertama Sungguh Mak jleb di Hati,
Nama Bayi / Orang Hanya 1 Kata : simple, mudah diucap & diingat

Pernah dalam suatu kesempatan kumpul bersama orang Saudian, saya dibuat terheran-heran saat kami saling berkenalan menyebutkan nama masing-masing.
Berkali-kali saya mengucap " sama .., namanya sama.., sama lagi…?" senyum2 keheranan.

Lhaaa iya wong saya pernah suatu saat menghadiri kumpulan keluarga besar Saudiyin,  saat saya berkenalan dengan para wanita Saudi ini, beberapa  memiliki nama sama.  Ada 3 orang yang namanya Nur dan ada 2 orang yang namanya Aminah.

Jangan heran kalau dalam 1 keluarga besar dijumpai nama-nama yang sama.
Lalu bagaimana mereka dapat mengetahui secara pasti orang yang dituju/dimaksud?

Garis Keturunan
Yaitu garis keturunan Bapak. Anak dipangiil dengan nama Bapaknya, diikuti kakek, buyut, …dst.

Misal sebuah nama Abdullah Saleh Umar Yassin,
Artinya : Nama dirinya sendiri adalah Abdullah, diikuti nama Bapaknya yaitu Saleh, diikuti nama Kakeknya yaitu Umar, diikuti nama Buyutnya yaitu Yassin.

Pemberian nama yang sama dalam 1 keluarga Saudiyin dapat bermakna  sebagai penghormatan kepada orang yang lebih tua. Misal orang tua yang memberi anaknya sama dengan nama kakeknya. Contoh sebuah nama : Abdullah Saleh Abdullah Umar. Artinya namanya sendiri adalah Abdullah, diikuti nama bapak yaitu Saleh, diikuti nama kakek yaitu Abdullah (nama kakek SAMA dengan nama cucunya/dirinya), diikuti nama buyut yaitu Umar.

Ada juga yang menambahkan pada akhir nama dengan missal Al-Arrishi, yang artinya berasal dari daerah yang bernama Abu Arrish, suatu daerah yang berada di Jizan, salah satu propinsi di Saudi Arabia.

Nah, jelas lah bahwa sebuah nama menjadi sangat spesifik mengarah tepat kepada pemiliknya.

Kunyah
Kunyah adalah nama yang diawali dengan Abu (untuk pria) atau Ummu (untuk wanita). Yang sudah maklum berkunyah dengan menggunakan nama anak lelaki yang tertua.

Contoh : 
Abu Saleh, artinya Bapaknya Saleh, yaitu si Bapak ini memiliki anak lelaki tertua bernama Saleh.
Ummu Yassin, artinya Ibunya Yassin, yaitu si Ibu ini memiliki anak lelaki tertua bernama Yassin.

simak igal
Shimak n Igal : pakaian laki2 Saudi. Dokumen pribadi
Pepatah Orang Arab mengatakan :
Setiap orang akan mendapat pengaruh dari nama yang diberikan padanya.

Waktu Pemberian Nama
Kapan sebaiknya pemberian nama dilakukan? Bersegera dalam pemberian kepada buah hati niscaya lebih baik, tidak harus menunggu sampai hari ke-7. Dari Saudiyin (orang2 Saudi) yang saya kenal, mereka memberikan nama kepada si buah hati segera begitu bayi dilahirkan.

Penulisan Nama              
Penulisan nama merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Bagi yang awam seperti saya, kadang menulis nama sendiri dengan ejaan/huruf yang "dibuat beda, dikiranya makin keren, nyentrik". Padahal bisa berakibat buruk.

Contoh, Nama "Hasan", ditulisnya Hazn... (biar nyentrik keren gituh dipakailah huruf Z dan bukan S). Lihatlah apa jadinya ... Arti kata Hazn itu "sedih".

Nah.., Enggak mau kan kalo kita / anak kita bawaanya jadi sediiiih mulu. ???

Namanya Qalb (Qalbu=hati), ditulisnya Kalb (=anjing) .. naaah yang ini paraaaah deh.

So, cermati betul dalam penulisannya. Jika ragu atau kurang paham, bertanyalah kepada pihak lain yang paham mengenai hal ini, misal tanya ke ustadz, kyai, ulama, dsb.

Syarat dan Adab
Dalam pemberian nama dipertimbangkan juga agar memenuhi Syarat dan Adab, misalnya :
1.       Mempunya arti/makna yang baik, bagus.
2.       Memudahkan orang yang mengucapkan nama tersebut,
3.       Memudahkan orang mengingat sebuah nama.
Arti Sebuah Nama
Seberapa pentingkah arti sebuah nama? Ya penting lah.

Berikut Nama Bayi (orang) yang baik dan disukai :
1.       Abdullah, Abdurrahman
2.       Nama yang berasal dari Asmaul Husna, diawali dengan kata Abdu (hamba), sebagai bentuk penghambaan kita kepada Allah.
Contoh : Abdul Malik, Abdul Khaliq, Abdul Wahab, Abdul Hakim, Abdul Latif
3.       Nama Nabi dan Rasul : Muhammad, Adam, Musa … dst.
4.       Nama orang-orang sholih yaitu : Khulafaur Rosyidin dan para sahabat lainnya.
5.       Nama isteri Nabi.
Maka berilah kepada buah hati anda, nama yang baik.
What is your name?

Demikian yang dapat penulis sampaikan berdasarkan pengamatan pribadi selama berinteraksi dengan orang aseli Saudi Arabia, pengalaman selama di Saudi. Tentu saja masih banyak kekurangannya. Dengan senang hati penulis menerima masukan, kritik dan saran dari pembaca yang budiman, sehingga tulisan ini dapat menjadi lebih bermanfaat.

Tulisan ini meraih penghargaan Juara ke-2 di ajang Giveaway Nama Yang Paling Berkesan.

 #GAarmitafibri

ARTIKEL TERKAIT



100 comments

memberi nama bayi memang gak boleh sembarangan yah mba :)

wah informasinya lengkap sekali mbak...

memang kita harus hati-hati kalau ingin menggunakan nama memakai bahasa lain, Arab misalnya...kalau salah nulis bisa salah arti...hihihi...

*setuju, nama Saleh memang unik : satu kata tapi maknanya daleemmmm... :)

behh..pakek banget inih lengkap informasi namanya, Bunda...
memang yang saya temui dari bebrapa orang keturunan Arab, namanya simple banget, bunda
heee

cukup unik ya nama nya hanya 1 kata, kalo di indo kayanya jarang ya mba, rata ada 2 kata malahan ada yang lebih dari 3 kata

Saya sudah mengamalkannya mba saya ngasih nama anak saya cuma satu kata dan saya lebih memilih nama nama orang soleh.Saya punya 2 anak cowok namanya HUSAIN dan UWAIS

betul mas/mba, gimana klo namanya "Miom" ...coba? apa gak ngeri tuh ^_^
beda dg Obat Tradidional Miom :) yg mengandung harapan baik dpt terobati.

betul mba Anjar, klo blm paham bhs arab (spt sayah) ada baiknya tanya2 dulu ke yg tahu.
Bagian Penulisan Akte Kelahiran hendaklah paham soal ini.

Saleh, sholih, sholihah, sholihatun :-d dambaan tiap2 jiwa..

dek Rohma = yg sll mendpt "rahmah", insya Allah :)
begitulah simplenya nama2 arab.

Ada yg puanjaaang : Andhika Pratama Dewa Gumilang Sakti ...
dari namanya aja keliatan cantik bak "putri" mba devina :)

Pentingnya untuk mempunyai nama yang ringkas dan mudah disebut.
Nama akan menjadi panggilan sepanjang hayat, kalau maknanya bagus, mudah-mudahan akan terus menjadi doa.
Terima kasih infonya Mbak :)

ada kok mba devina :) tetangga saya ada anak berusia 5 tahun namanya saleh ..bundanya sih keturunan arab gtu ...

Memberikan nama kepada seorang anak janganlah sembarangan, Terimakasih tip dan info menariknya ini Mbak.

simple dan yang penting menggunakan nama yang baik, krn bagian dari doa

namaku sulit diucap dan ditulis, bada ketidak sesuaian antara akte ktp dan dok lain, repot banget ngurusnya
mending yang simple dg ejaan yang mudah

Memang kita harus berhati2 dalam memberikan nama ya,
Nama anak-anak sekarang memang indah yaaa :)

Kalau nama yang panjang2 itu biasanya orang jawa tuh,,,

Tepat sekali kang,, nama itu do'a, jangan sampai salah dalam memberikan nama,, contoh sja teman saya,, mentang - mentang nama yang diberikan bayinya ada dalam al-qur'an, dia memberi nama bayi tersebut firaun,,, padahall kan firaun itu tokoh jahat,,, heheh, jadi memberi nama itu harus yang bagus dan tepat jangan sampai salah... :D

Di Jawa ada yang cuma satu huruf yaitu D. Berarti lebih unik dan hebat lagi ya ?
Saleh atau Sholeh yang benar menurut bahasa arab ? sebab dikampungku umumnya paka SH.
Kalau Djangkaru Bumi jika diartikan kebahasa arab kira-kira apa artinya ?
Kalau di Jakarta harus sesegera mungkin karena untuk membuat surat lahir dan akte kelahiran. Terlalu lama kasihan bidannya untuk laporan.

subhanallah sangat menarik perhatian ya mbak, memang kalo orang arab itu dalam menentukan nama sangat teliti ya mbak :)

Masya Allah, 'dek HUSAIN :-bd (nama cucu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam) smoga mjd ahli ibadah, murah hati, pemberani, insya Allah.

Kalo UWAIS : ntar saya cari tahu dulu.. artinya apa mas?

Dwi Sugiarto : Anak Ke-dua yg Sugih Arto (banyak duit) ?? |o| dollar GA ngucur terusss

terimakasih Pengobatan Infeksi Saluran Kemih :)

Sahih :-d mba Fidah. Nama kita akan diseru/dipanggil di hari kiamat.
Terimakasih, sama-sama :)

Sahih jiddan :-d Terimakasih sama2.

Dari namanya menunjukkan Dhicomp tmpt di Cibubur :)

exactly mas Wong, ... Ada Doa dalam Sebuah Nama.

Urus nama yg beda/tdk sesuai memang riweuh paciweuh repoot, apalagi kalo dpt jawaban spt ini "ya liat aja, gak bisa ditentuin selesainya berapa hari/lamanya " ... #dhuh deh.

jadi sekarang pakainya nama Wong Crewchild ? :p
artinya Wong (=orang) yg suka (crew=bagian) dg child (anakk2) |o|

seindah namanya. Nur=cahaya Susianti=wanita ? harapan pinter spt bu Menteri Susi ? :)

wong jowo dowo? .. Ahmad Zaelani Joko Widagdo Suryokonto Warsitodimejo ... :p

saya termasuk yang pake nama satu kata, dari bahasa arab lagi...mudah2an sudah tepat sesuai yang diharapkan...secara pengetahuan bahasa arab minim. Terima kasih infonya :)

Iya di kita panjang-panjang ya Mbak, nama itu, betul tuh ya kerabat2 seperti kakek nenek, dan lain2 ingin ikut2an andil dalam pemberian nama bayi.. Nama saya sendiri itu dari dua orang lo, nama depan saya dari kakek saya yang dari ayah, dan nama belakang saya dari uak saya yang termasuk tokoh agama di sini, hehehehehehehe,,,, di arab terlihat panjang karena digabung bin ya padahal 1 kata, Saleh, Saleh bin Abdullah bin Abdul Aziz Bin Mubarrak,,, hehehehehehehehe :)

Wuidih super singkat "D" ..maknanya? 'dek itu putera ke-4 kali yah ? :p dari abjad ABCD hihi

Transliterasi, mjd sholih (?), Ada yg nulis Shalih,,Saaleh,Salih,Saleyh,Soulih,Soleh, maknanya baik.

Djangkaru Bumi, bhs arabnya cari tau dulu mas, djangkar=menancap, sosok yg tegar di bumi (?) :)
Setuju pemberian nama sesegera mungkin. Terimakasih super sekali :-d mas.


Thayyib :-bd mas MM, itu baru sebagian, ada juga beda nama utk cewek n cowok.


Nama yang pendek emang mudah di ingat, Tapi suatu waktu akan bikin bingung juga mba kalau tidak ada nama panjangnya. Takut salah orang... Apalagi sekarang setiap pendaftaran harus ada nama depan dan nama belakang.. kalau nama pendek bingung isinya :D
Zaman dulu unik unik namanya ada yang di ambil dari sebuah do'a, nama orang tua. Kalau sekarang kebanyakan di ambil dari dari bulan lahir,
Kalau nama jangan suka di singkat ya, karena bisa merubah arti... sedih juga kalau orang yang ngga tau artinya... dibilang gaul, ternyata artinya malah memalukan... Semoga sukses GA nya ya mba

Emang Miom artinya apaan mba

kalau nama saya mengandung beda arti ngga yah...

Nama mengandung makna n doa. Barakallahu fiik,
Afwan (sama2 terimakasih) mba shujindakara :) Saya juga awam, senang belajar.

ini bisa jadi referensi pemberian nama yang baik kepada anak kita. semoga dengan pemberian nama yang baik bisa menjadi teladan kehidupan yang baik dan berarti, terima kasih mbak sharenya

saking senengnya punya anak pertama, kadang banyak keluarga yang ikutan seneng juga. bahkan ada senngnya lebay. misalny akayak nitip kata di nama bayinya. ya kalo yang nitip satu, kalo yang nitip 15 orang, lah orang tua si bayi kan jadi kebingungan.
Nama anakku --> Rayka Agha Karami, panggilannya agha
nama pemberian kakeknya. Rayka: bersinar, Agha: pemimpin, Karami: yang dimuliakan. rencananya kalo anak kedua cewek mau ak kasih nama "sakura", itu jug akalo bundanya setuju

Wah.... unik, ya penamaan orang-orang Arab. Aku baru tahu :)

Wuih ternyata di Arab kayak gitu ya.. Beda sama di Indo yg terkadang namanya panjang-panjang tp pas ditanya artinya engga tau

Wah informasinya menarik Mbak, saya baru tau ya kalau di Arab justru nama bayi itu simpel.. :)

Beliau uak tentu mumpuni soal ini. mas Nurhakim :-d cahaya yg bijaksana, insya Allah, ameen.

Betul :) fulan bin fulan bin fulan bin fulan dst.. yg akhirnya TEPAT (gak salah orang) menunjuk kpd pemilik nama. Terimakasih mas Diar.

Tiap orang memiliki identitas yg berbeda, meski nama sama, jangan sampai salah orang :p

Tak usah bingung mas Fazri :) dg nama depan, nama belakang, missal terkait dg dokumen internasional (paspor, visa), tidak masalah. Begitu juga saat penambahan nama,. Imigrasi, Kedutaan/Konsulat paham betul, akan memberi arahan, sudah ada form-nya. Tidak perlu mengganti nama dokumen lainnya (KTP, Akte Kelahiran, KK)

Informasi terkait prosedur penamaan penting untuk diketahui.

Pengalaman saya bepergian ke beberapa Negara dengan aturan yang berbeda-beda. Awalnya juga puyeng bingung membayangkannya, setelah dijalani, menyiapkan dokumen yg diperlukan, teliti, step by step, alhamdulilah beres.

Terimakasih mas Fazri, komentar yg bagus sekali :-d
Hal penamaan terkait dokumen internasional, sepertinya dpt saya jadikan artikel tersendiri nih.

Betul mas Buret (saya jadi inget "buret" gelas ukur di laboratorium sekolah) :)

Smoga kita menjadi pribadi baik, menjadi teladan. Terimakasih sama2 ..afwan.

Yoi bener banget mas Yandhi :-bd nama rame2, banyak yg mendoakannya :).
MasyaAllah namanya mengandung makna yg bagus sekali. smoga 'dek Agha mjd pribadi yg memancarkan sinar kebaikan, mjd pemimpin yg mulia hatinya :-d

Sakura .. kusuka bunga sakura khas Jepang.
Ada baiknya diskusi dulu dg bunda hal penamaan sang buah hati. Terimakasih sharingnya mas.

Begitulah, dari namanya dpt diketahui asal usulnya dg jelas. Terimakasih mba Nia :)

Haiyaa bener mba, ada yg saking panjangnya nama malah luput dari maknanya :p

Terimakasih mba Azalia .. kusuka bunga azalia indah :)

Seperti itu mba Tetty, smoga tulisan ini bermanfaat. Teimaksih :)

Miom, myom, mioma (istilah terkait kesehatan tubuh) adalah tumor jinak.

iya juga mas HGS Informasi :) tetangga saya di Jabar namanya Soleh, panggilannya A' Oleh.

Emang sih spt yg mb Devina katakan, sayapun tahunya lbh byk yg 2 kata atau lebih.

Subhanallah... namanya singkat padat dan mudah diingat.. Tapi ya gitu bingung bedainnya.. meskipun pake nama keturunan tetep sering bingung.. oke fix aku emang tak pandai menghafal.. Tapi aku selalu ingat sama wajah meskipun lupa nama :-)

namanya pendek banget ya mbak,nggak kayak rata2 orang indonesia.
tp pada akhirnya juga panjang nih karena diikuti oleh nama bapak, kakek dan buyutnya.

Nama orang arab ringkas tapi orangnya pada ganteng.hehehe

Yang bikin bingung saat pemanggilan antrian mba, seperti pemanggilan kata Ahmad... kalau ada nama belakang, pasti bisa diperjelas namanya :D
Mba udah banyak pengalaman mengenai pembuatan dokumen penting, jadi sudah faham sekali tentang hal identitas.

Sama seperti saya, kenal wajah tapi suka lupa nama... panggilnya bro bro

Kalo nama panjang, kasian saat nulis nama pas Ujian Nasional...nanti kelamaan urek urek nama...

Ngasih nama anak memang harus ada artinya'a ya mba, jangan asal keren tapi artinya sangat tidak bagus

Blog'a sudah saya Follback mba :)

Hoo.... *manggut manggut*

Nais ingpoh mbak.. saya baru tau deh tentang pemberian nama orang2 Arab, singkat jelas padat, bisa ketauan dia keturunan siapa2nya

keyeeennn...


Cheers!
soundsofopipolla.blogspot.com

halooo mas Yanto asal Cungkup jawa timur, bener gak? |o|

ituh mah nyindir sayah ^_^ lainnya udah pada ngerjain soal, sayah masih sibuk riweuh ngebuletin urek2 nama, Ngelewatin garis, Dihapus pake setip karet yg di iket di ujung pencil,

Buru2 dijilat dulu setipnya biar mas Fazri gak minjem setipku =D |o|

iiihhh iyah gituh .. aahh eneng Debe mah tauuu weee :p deh

Namanya keren .. Debe yang lezaaat (dilacious..delicious) ? =D

terimakasih mas... Chiisana Sekai :-d seperti dari Jepang kah ?

Sebenernya di Indonesia juga banyak yang menggunakan nama hanya terdiri dari satu kata saja mbak, tapi itu banyaknya waktu jaman baheula dan cenderung biasanya nama yang terdiri dari satu kata ini berasal dari daerah. Soalnya dikeluarga orang tua saya juga namanya cuma terdiri dari satu kata aja, dari mulai nama bapak saya, ibu, kakak, ampe saya juga namanya cuma terdiri dari satu kata.

That s t point :-d runtutan garis keturunanya jelas, bahkan asal daerah/tempatnya dpt diketahui.
neng opipolla juga keyeeennn ... salam manis buat Jaliah :)
haturnuhun .. cheers...!, karedok oncom jeung leunca.

kalo jaman dulu mah memberikan nama buat anak itu gak ribet supaya mudah untuk di ingat, jadi namanya pendek-pendek mbak tapi di daerah saya mah suka punya nama sebutan/alias, nie khususnya di daerah saya (sunda). Biasanya kalo namanya berakhiran wan suka disebut wong, kalo berakhiran man biasanya dipanggil mong hehehee..

saya orang Indonesia, nama asli saya juga cuma 1 kata lho mbak dan saya juga ganteng lho (itu juga kata abah saya) :D

wah mantab nih info kang Marnes :-d . Nambah pengetahuan.. catet.

Kurniawan disebutnya Wong, oooh eta kang Wong tea :)
Abdurrahman disebutnya Mong, kang Mong .. gitu apa yah kang Kliker ? :p

Haturnuhun pisan :) salam ulukutek leunca jeung gehu bala-bala sadayana pokona mah

SETELAH DIBACA KOMENTAR KANG MARNES INILAH YANG JUGA MEWAKILI SAYAH...HEHEHE

hhmm .. namanya sama2 dari 1 kata :-bd saya tebak namanya, boleh yah ...

ni dua2nya namanya CECEP, Cecep bin Marnes dan Cecep bin Cilembu =D
panggilan keduanya sama : KASEP (bhs sunda-ganteng) |o|

ada 4 nama sama.....pas dipanggil ke 4 nya noleh....heee...bisa jadi kejadian lucu atuuuuh

Iya di daerah Arab biasanya nama cuma 1 kata, nama belakang diselipkan nama orang tua :)

mas Agusman :) saya ngalamin ngariung bareng 3 wanita bernama sama, saya senyum heran,

Giliran mereka keheranan, sambil kerepotan menyebut nama saya yg 4 kata.
Tambah heran lagi saat tahu nama ayah sayapun panjang 4 kata :p

halooo mba Kautsar :-bd begitulah dari nama ketahuan siapa bapaknya.

simpel ya, beda sama di sini :D

kata orang, nama adalah do'a. jadi alangkah baiknya jika memberi nama yang bagus artinya. tapi menarik ya cara orang arab memberi nama bayinya. terlihat bahwa mereka begitu hormat pada pendahulu dan lebih mementingkan do'a yang terkandung di nama tersebut :)

wak keren tulisannya mmbuka wawasan nih... ternyata orng Arab itu menamai anaknya hanya dg 1 kata ya....yg belakang itu nama orangtua dan leluhurnya ternyata...

mudah2an saja nanti kalo kelak saya punya anak, setelah lahir bisa di beri nama hanya cukup satu nama, saya suka banget sama nama nabil karena artinya seseorang yang di muliakan :)

nama yang unik cuma satu kata, artinya juga bagus :)
kalo di indonesia juga ada tuh nama cuma satu huruf "Y" XD
tapi itu kata ortunya diambil dari huruf arab juga. *pernah nonton di tv*

hehehe, tks mbak, jadi menambah wawasan ini mah :)

Daripada ntar salah arti, sebagai orang Indo lebih baik memang bikin nama khas Indonesia aja. Misalnya Ponirin, Sumidi, Katemi, Supinem, dan sebagainya...

Mantap dah. Selain terkadang nama arab panjang udag gitu kadang cukup pasaran.

Btw berapa jumlah pemilik nama Ahmad dan Muhammad di Indonesia ya?
hehehe

achmad, ahmad, ahmed artinya terpuji :-bd
fazri ? ... fajr, fajar, cahaya menjelang matahari terbit.

seperti itu mba Nathalia DP :) terimakasih

Sosok yang tegar di Bumi ? ah berarti tidak bisa berenang di air :)

Terimakasih mba Diah yg cantik, ayu :)
dari namanya "Siregar" dpt sbg petunjuk asal usulnya :-bd

Semoga bermanfaat mba Kania,
Namanya bagus njawani banget "Ningsih" :) = bening asih.

Iya mba, Nabil, Nabeel, Nabila :-d Ponakan namanya Nabeel (cowok), temen saya (cewek) Nabila.
Niat baik mba Defa smoga dimudahkan, insyaAllah :)

wuidih ada yang .. namanya 1 huruf "Y" :p
mungkin dari "ya" huruf hijaiyah (arab) : dimulai dari alif sampai ya .. ?
terimakasih mas salaminzaghi :-d pencerahannya, tambah lagi tahunya :)

Betul mas Arizuna :-d Terimakasih. Masing2 memiliki alasan tersendiri.

Saya menjumpai di daerah jawa tengah, nama2 sbb : Buang, Runtah, Lebuh..
yg dlm bhs jawa artinya Buang, Sampah, Debu/Sampah :p ...

... saya msh sj ingin tahu, adakah makna lain? harapan apa yg terkandung? ada yg (coba) tahu?


bukan (pasaran) level pasar lagi .. tepatnya menduniaaa, sll uptodate hingga akhir zaman :)
lihat saja .. nama Muhammad, Mohamed, Muchamad, Ahmad, hampir di tiap keluarga di Arab (Saudi) ada nama tsb. Di Indonesia juga buanyaak.

Smoga pemiliknya mjd pribadi teladan yg patut dicontoh, insya Allah.
Terimakasih mba Arinta sdh mampir.

perasaan sudah komen disini, tapi tidak ada :)

Yg penting mas Bumi eksis "bergaya" berenang di air |o|

Selamat Mbak tulisannya menang lomba juara-2.
Hehe, ternyata di Arab namanya cuma 1 kata ya, yang membedakan adalah garis keturunan ayahnya...

salah kamar kah? hihi :)

terimakasih mbak Khulatul :)

Terimakasih mbak Levina.
nama diri yang simple, Hanya 1 kata.
Menjadi lebih spesifk lagi saat diikuti + bin nama bapak + bin nama kakek ....dst termasuk nama keluarga besar, nama asal daerah.

Alhamdulillah, saya diberi nama juga cuma 1 kata. Hahaha, singkat banget malah

Mabroook :-d
Semoga memberikan pengaruh kebaikan. Barakallahu fiik mbak Iyah.

wahhh makasih masukanya ya saya harus berfikir cermat buat memberikan nama >..

masyaallah ... siapa dulu dooong ...

#abahnya ! :)

Terimakasih sama2 mas Yasir sudah berkenan mampir.

Namanya "YASIR" = 1 kata .. hehehe sip.

Komentar baik Anda menambah semarak blog ini. Barakallahu fiikum.

Copyright © * Mysweet Ladyluck. All rights reserved.