Purwokerto - BATURRADEN

Sugeng Rawuh ing Purwokerto ...... ( sugeng rawuh = bahasa jawa tengah = selamat datang )
Selamat Datang di kota PURWOKERTO kota administratif yang berada di Jawa Tengah.

Saat ini saya sedang berada di sebuah kota kecil ... kota Purwokerto, Propinsi Jawa Tengah, Indonesia. Kotanya semakin bertambah cantik ... dengan bermunculannya gedung2 baru, mall MORO, pertokoan baru seperti 'toko rita (group)', Matahari, Pertokoan di jalan Soedirman, lalu pusat belanja di daerah Kebondalem, dll. Juga bangunan lainnya seperti cafe, restoran yang sedang marak di daerah Gerendeng, ada juga lainnya yaitu di daerah GOR Satria. Bertambahnya sekolah, universitas. Komplek perumahan dan estate... menambah kota kecil ini semakin semarak.

Hotel berbintang pun siap menyambut anda.


BATURRADEN


Tempat yang sangat sejuk, di daerah ketinggian, terletak di sebelah  Utara dari Pusat Kota Purwokerto, sekitar 14 km. Saat ini Baturraden merupakan tempat wisata yang ramai dan favorit bagi para turis, bahkan turis bule (eropa). Hotel berbintang dan cottage bertebaran.

Pintu Masuk Lokasi Wisata BATURRADEN
Tentang obyek wisata....satu tempat yang sangat terkenal adalah 'Baturraden' terletak 14 km ke arah utara dari kota Purwokerto. Istilah Baturaden sendiri berasal dari sejarah/mitos yang berkembang di masyarakat.Sebuah kisah cinta yang tidak disetujui oleh orang tuanya, antara seorang putra raja (raden) yang mencintai seorang pembantu (batur). Atas nama cinta, sang putera raja & pembantu tersebut mengakhiri hidupnya di tempat dimana kini bernama BATURRADEN

Patung Raden Kamandaka

Disini juga pernah terpilih sebagai tempat dilaksanakannya Jambore Nasional. Udara di daerah ini dingin sejuk, curah hujan tinggi, banyak species tanaman, pepohonan sangat rindang.

Patung PENARI sedang membawakan tarian khas Banyumasan

Terdapat 'pancuran telu' (lokasi lebih dekat) dan 'pancuran pitu' (lokasi lebih jauh) yaitu pancuran sumber mata air panas alami yang mengandung belerang, jumlahnya ada 3, di lain tempat ada 7 pancuran, dapat dicapai dengan berjalan kaki saja. Mau mandi air hangat alami? Mau di kolam renang umum? di kamar mandi private? Atau di pancuran?

Curug alami
Jembatan nun tinggiiiii


Tentang kuliner.... Purwokerto punya andalan ... 'mendoan' yaitu tempe yang diiris tipis, lebar, digoreng dengan tepung berbumbu, tehnik menggoreng 'setengah matang'. biasa disantap dengan 'lombok cengis' yaitu cabai rawit kecil yang pedas....yuummmm ...nikmat! wis pokoke nek lagi mangan mendoan jan.....kelalen 'kutang'...eh...'utang'....nginume wedang teh anget...srupuuuutttt....




Jangan khawatir banyak toko oleh-oleh khas sini, antara lain :
1. Toko BELONG : menjual makanan khas seperti keripik tempe, nopia, keripik daun bayam, keripik belut, keripik kulit ceker ayam, gethuk goreng, gethuk lindri, koyah, selai pisang, dan masih buanyaak lagi lainnya. Asyiknya di sini sekalian kita bisa ngerujak ... rujak buah atau rujak sayur.

2. Jika anda ingin membeli oleh=oleh berupa tempe mendoan yang masih fresh (belum digoreng) serta menyaksikan langsung proses penggorengan tempe keripik, anda bisa ke daerah Sawangan. Di sini berjajar toko oleh-oleh dengan proses menggoreng langsung.

3. Atau menuju sentra oleh-oleh di Sokaraja, sekitar 30 menit berkendara dari pusat kota Purwokerto (alun-alun). Sokaraja merupakan nama daerah, dimana di sepanjang jalan utamanya berjajar toko oleh-oleh dan rumah makan khas menjual SOTO Sokaraja. Anda harus menyicipi SOTOnya ... soto dengan daging ayam maupun sapi, disajikan dengan sambal kacang, kerupuk mie kuning... mashaallah, sungguh lezat, mak nyuuuuss..

ARTIKEL TERKAIT



4 comments

Purwokerto sudah setahun ini meresmikan PASAR MANIS yang menempati bangunan Gedung Kesenian Soetedjo, setelah di renovasi sesuai dengan kebutuhan alih fungsi. Suasana nya sangat nyaman bersih dan rapih. Pembeli terasa lebih betah . Berbagai kebutuhan makanan termasuk sembako tersedia cukup di pasar iru , termasuk oleh2 khas Purwokerto yaiyu MENDOAN yang masih mentah masih terbungkus daun pisang.

Begitu pula Baturaden kini nampak tertata lebih baik. Lebih bersih dan lebih nyaman. Jembatan yang dulu pernah ambruk kini telah dibangun lagi lebih kuat dan lebih nyaman.....kira2 20 meter kearah bawah jembatan telah di bangun taman air mancur dan kolam renang yang indah dan cantik.....

asyiiiikkk ngeborong oleh2 ... mendoan, gethuk, keripik tempe, dll.

Makin tertata semarak Purwokerto yah sekarang. Mantab lah.
Terimakasih mas Eddy Noor sudah berkunjung.

Jadi pengin ke Baturraden ... ! udaranya yang sejuk.
Udah makin cantik pula .. siiip deh dengan "jembatan barunya".

Sambil menikmati Pecel dan Mendoan ..mak nyuss pokoke :)
Makasih mas Eddy Noor ..

Komentar baik Anda menambah semarak blog ini. Barakallahu fiikum.

Copyright © * Mysweet Ladyluck. All rights reserved.