Cianjur - MISTERI SUARA MUSIK di Situs Gunung Padang



batu musik situs megalitikum gunung padang
Inilah batu yang jika dipukul (menggunakan batu lainnya) akan timbul suara yang nyaring.

MISTERI SUARA MUSIK di SITUS MEGALITIKUM GUNUNG PADANG

Masih teringat saat melakukan ekspedisi ( wuuiihhh...seruuu deh) ke Situs Megalitikum Gunung Padang. Terletak di lereng pegunungan di Cianjur Jawa Barat. Disana terdapat batu2 panjang, ukuran sedepa (jawa: 1 bentangan tangan). Saat kita pukul2 (dengan batu juga) batu ini menghasilkan suara yang nyaring. Menurut ahlinya, baca di sini mengerucut pada petujuk 4 nada2 yaitu "f-g-d-a". Ditemukan pula kelompok tangga nada lain. Tangga nada ini juga digunakan dalam mukalogi modern. Memang yang ditemukan di Situs Megalitikum Gunng Padang ini belumlah sempurna untuk disebut sebagai pentatonis atau heptatonis scale (istilah dalam dunia musik). Para arkeolog terus melakukan penelitian, diduga masih banyak bebatuan serupa yang terpendam di dalam tanah di bagian lebih dalam lagi, mengingat bentuk situs ini yang berupa terasering.

Diduga batu2 musik (sebut saja demikian yaaa ... soalnya memang mengeluarkan bunyi2an) tersebut digunakan sebagai tanda untuk memanggil , sebagai aba2.

update Oktober 2013.
Berita penting yaitu ditemukannya lapisan berupa struktur batu yang menurut perhitungan berdasarkan *carbon dating adalah 5900 SM (sebelum masehi)... menunjukkan bahwa situs Gunung Padang ini umurnya jauh lebih tua daripada candi Borobudur bahkan dapat menjadi bangunan purbakala tertua yang pernah dibuat manusia, jelas arkeolog Ali Akbar ... (baca di sini).

Yeaaahh... situs Gunung Padang ini semakin menjadi berita kontroversi. Banyak yang mengkait-kaitkan dengan piramida... (piramida Mesir...??). Meski banyak pula yang beranggapan bahwa Situs Gunng Padang adalah bangunan berundak. Penelitian dilakukan terpadu bersama dengan tim ahli.

Benarkah dugaan tentang Situs Gunung Padang ini.. ?
Semestinya ini dapat menjadi kebanggaan bangsa dan menambah kemakmuran rakyat :).... amin.

ARTIKEL TERKAIT



1 comments:

Komentar baik Anda menambah semarak blog ini. Barakallahu fiikum.

Copyright © * Mysweet Ladyluck. All rights reserved.