KHUBZ, FLAT/ PITA BREAD

Bismillah. Berikut RESEP dapurku, Khubz (Arabicخبز) adalah roti. Merupakan makanan pokok orang Arab, dikenal juga dengan flat bread atau pita bread (roti pita). Bentuknya yang flat, datar serta ciri khasnya yang berkantung. Terbuat dari gandum/terigu, sebagai pengganti nasi.
Adonan khubz sangat simple bahkan bisa hanya dengan menggunakan 3 macam bahan saja yaitu terigu, garam, air.

khubz n curry
Khubz disantap dengan soup jamur creamy.
Alam jazeerah Arab (Saudi) berupa padang pasir tidak cocok bagi tanaman padi yang banyak memerlukan air, berbeda dengan tanaman gandum yang lebih tahan dengan kondisi sedikit mengandung air. Maka tak heran gandum merupakan makanan pokok bangsa Arab.

Petama beradaptasi meski sudah makan khubz, perutku masih aja berasa belum makan jika belum ketemu nasi ... hahahhah Indonesia banggetttt.

Namun sekarang perut sudah nyaman dengan khubz ini.

Khubz roti gandum lebih tinggi kandungan serat dan energinya dibanding dengan nasi, sehingga roti gandum mampu menahan rasa lapar lebih lama.
 
khubz flat bread
khubz diisi sayuran lalu digulung .. yummmm
Cara makan khubz

Bentuknya yang bundar, pipih / flat, lebaarr, sempat membuatku bingung bagaimana cara makannya? Apakah dipotong dengan menggunakan pisau roti dan garpu, laiknya orang "barat"?

Oh sungguh berbedaaaa !

Khubz  disobek dengan tangan (bukan dengan pisau atau garpu) lalu dicocolkan ke lauknya berupa selai, madu, keju, yoghurt cream, fresh cream, peanut butter, omelet, kare kambing, mollokhia, bamya (okra, lady finger) dan lainnya sesuai selera.

Dapat juga dengan cara khubz diisi dengan filling lalu digulung  seperti dadar gulung, lalu nyaaammm disantap.
khubz flat bread
adonan khubz siap dipanggang
Tertarik...? berikut resep dapurku.

Resep Khubz, flat bread, pita bread, roti pita.
Bahan : Porsi 2 orang

1 cup tepung gandum, atau lainnya misal terigu all purpose

1 sdt ragi instan
1/2 sdt gula pasir
1/4 sdt garam
1 sdm olive oil
1/3 gelas air hangat (bukan panas)

CARA MEMBUAT :

1. Campur ragi dengan air hangat, aduk2, diamkan 10 menit, akan timbul busa.
2.Campur terigu, garam, gula, air ragi, aduk rata dengan sendok. Jika kurang air, tambahkan sedikit demi sedikit. Uleni dengan tangan hingga kalis. Bulatkan adonan, olesi dg olive oil lalu simpan dalam wadah tertutup (plastik atau serbet bersih) agar adonan tidak kering. Diamkan pada suhu ruang 30 menit, hingga adonan mengembang.
3. Buka wadah, kempiskan adonan dengan meninjunya, lalu pipihkan dengan penggilas hingga tipis. Tanpa penggilas, dengan tangan pun oke.
4. Panggang di dalam oven, hingga matang. Keluarkan dari oven. Roti akan berkantung dengan bagian tengah dapat diisi selai, mayonaise, sayuran, daging, ... dapat dibuat sandwich.
khubz pita bread
khubz dengan butiran biji Habbatussauda
Original my idea ... !
Kami terbiasa makan malam dengan khubz, ditemani hot fresh milk cardamom, selai, madu, aneka cheese (cheddar, mozzarella, kiri cream, fresh cream) , *Labaneh yoghurt cream (rasanya asam gurih), soup hijau mollokhia maupun bamya (okra, lady finger). Kini menyantap khubz membuat perutku terasa nyaman, cocok untuk breakfast dan dinner. 

Kalau lagi males bikin sendiri, beli saja di mana-mana ada, Paket Hummus Mutabbal Baba Ghanouj sudah termasuk Khubz.

Saya suka menambahkan rempah pada adonan Khubz untuk menambah aromatik, yaitu dengan cinnamon powder. Yang satu ini benar2 original my idea (ide gile hahahahh) adonan saya tambahkan butiran biji *Habatussauda (jintan hitam). Hasilnya jreeenggg.. menambah cantik tampilan Khubz dengan bintik-bintik hitam biji *Habbatussauda.

Saat dipanggang ... hhhmmm semribiiit bau *habatussauda nya haruuumm. Habatussauda ini banyak khasiatnya sahabat, buatku sangat terasa menyegarkan pernafasan, saat tanda-tanda mulai flu pilek. Tidurpun jadi pulas.

khubz flat bread
Iseng menggunakan oven api atas ..
jreeenggg khubz makin montok gembung.
Cobain dipanggang di oven menggunakan api atas .. jreeengg khubz makin mengembang gembung montok booo ... menggemaskan kan?

Saking sudah terbiasanya orang Arab bikin khubz, laki-laki (Baba Thayyib) pun pandai membuatnya di rumah. Waaahhh gak mau kalah saya sekarang sudah bisa bikin khubz. 

Kadang saya memanggangnya di wajan teflon anti lengket, hasilnya seperti di bawah ini. Spot kecoklatan justeru makin bikin cantik khubz ini.
flat bread
khubz dipanggang di teflon
Hanya 1 reyal ...!

Di Saudi Arabia khubz sangat mudah didapat, hampir semua toko, apalagi supermarket menjual khubz. Satu pak berisi 4-6 lembar khubz. Harganya 1 reyal only ! Pertama beli ana takjub heran .. masya Allah..., itu khubz luebaaarrrnyaaah booo segini nih. 

masya Allah .. lueebaaarrnyaa 
Makan bersama duduk di bawah ... ayooo sobek sobek disobek khubznya...!

Ditulis di Riyadh, ibukota KSA (Kingdom Saudi Arabia).
By Mysweet Ladyluck

ARTIKEL TERKAIT



7 komentar

Salam...maap mau tanya,kalau dipanggang di teflon apa bisa berkantung juga ya?
Trus hasil akhir adonan yang sudah kalis pada saat sebelum diistirahatkan teksturnya seperti apa?
apakah lembek seperti adonan donat atau roti pada umumnya atau lebih keras?
terima kasih sebelumnya...

Salam kembali. Dipanggang dg teflon (lbh baik lagi teflon bertutup), bisa berkantung.

Adonan spt adonan pizza,donat, lembut tdk keras.
Sama2 mas terimakasih telah berkunjung.

Thank you for supporting & Positive's Comments l Barakallahu fiikum.

Copyright © 🌻Woro Nur. All rights reserved.