Sukabumi, Misteri Nyi Roro Kidul : Pengalaman Pribadi

Ini Pengalamanku, tentang Misteri Kamar 308 Inna Samudra Beach Hotel 
tok tok tok si Bapak Juru Kunci mengetuk pintu, tanda kami mau masuk ke kamar khusus 308, orang bilang tempat peristirahatan Nyi Roro Kidul. Di depan pintu berdiri sebuah payung 'raja'. Aroma semerbak bunga sedap malam berpadu dengan wangi dupa menambah aura mistik makin kuat. Kami duduk lesehan bersimpuh di lantai.

Nyi Loro Kidul
dok. pribadi
Banyak "benda-benda" di sekitar lukisan sosok Nyi Roro Kidul. Ada foto orang, foto pengunjung, perhiasan wanita, sesajen kembang, dupa ..dll.

Bagiku itu adalah "benda2 aneh" secara penempatannya yang tidak lazim. Lhaa iya wong foto dipajang bersama keris, kemenyan, kembang.

 Foto ya disimpan di "folder" yaaa ...hihi.

Misteri Kamar 308.

Inna Samudera Beach Hotel, di Pantai Pelabuhan Ratu, Sukabumi adalah salah satu dari Inna Hotel Group. Jumlah seluruh kamar hotel ini ada 100 kamar, mulai dari lantai 3 hingga lantai 7. lantai 1 untuk biliyard, pantry, barbaque. Lantai 2 untuk lobby dan receptionist. Hotel diresmikan tahun 1965.

Menurut sejarahnya, saat hotel sedang dibangun, ada yang mendapat 'wangsit' lewat mimpi sebuah pesan yaitu bahwa khusus kamar 308 dimana di depannya terdapat 'pohon ketapang'. harus dikosongkan, tidak boleh ditempati tamu hotel maupun siapapun.

Setelah minta ijin. saya motret suasana ruangan kamar 308. Terdapat 2 buah lukisan Nyi Roro Kidul. Satu diletakkan di bawah dengan berbagai sesaji ada bunga, dupa, foto ... dll yang di sebelah nya terdapat kursi kesayangan presiden Indonesia yang Pertama, Bapak Soekarno. tempat beliau duduk bersantai. Satunya lagi Lukisan Nyi Roro Kidul yang terpasang di dinding, berseberangan dengan lukisan yang pertama tadi.

Mulai motrek ... Lukisan yang terletak di bawah dengan pernak-pernik sesaji, ceklek.. pret ... hasilnya okey normal seperti gambar di atas.

Ganti obyek, motrek Lukisan Nyi Roro Kidul yang di dinding, ceklek..pret... lho, hasilnya gelap...ulang lagi, maka saya pastikan menggunakan flash  ... ceklek ..preett.. lagh, flash lampu camera tidak mau nyala ...saya ulang lagi berkali-kali . ...hasilnya tetap gelap! Bandingkan dg foto lukisan satunya (atas)Nih fotonya :

 roro kidul
dok. pribadi
Aaahh coba pindah moto obyek lainnya. Lukisan Presiden RI-I Bp Soekarno,cCeklek .. preett ..byarrr .. flash bekerja dengan baik, hasil foto normal, jelas.

Masih penasaran aku kembali mencoba motrek Lukisan Nyi Roro Kidul yang di dinding yang hasilnya blur itu. Aku cek lagi settingan kamera .. udah sip. Mulai ... ceklek .. preet .. gelap! Coba lagi ah berkali-kali ..ceklek ..preettt .. duh tombol kamera saat kupijit malah bunyinya seperti terkunci. Cek hasil foto : blurrr, gelap ... gagal maning, gagal maning. Capeee deeehh ...!
Okelah aku tidak memaksakan diri mengambil foto lukisan yang "itu"....

Saat aku ceritain ke bapak juru kunci, beliau hanya senyum sanyum sajah ..aaahhh si bapak, aku sedikit menegaskan lagi, apakah kejadian seperti yang aku alami, sering juga menimpa tamu lain?

"Betul 'neng ... beberapa kejadian yang ''tidak biasa' di kamar ini. "Neng adalah salah satunya yang mengalaminya, pertanda Nyi Roro Kidul memperhatikan kehadiran Neng di kamar ini ... istilahnya "menyambut" gituh, kata si Bapak Juru Kunci.

O manggut-manggut heran ... gituh ya 'Pak ? pengunjung yg lainnya kok enggak? knapa cuma sayah? apa krn kecantikan saya yg menandinginya? kikikik  :)  aku menahan tawa, pengusir "rasa aneh" yang menghinggapiku.

 Saat motrek tempat tidur nyi Roro Kidul (?) yang bernuansa serba hijau ... ok ok sajah tuh.

tempat tidur roro kidul
Tempat tidur Nyi Loro Kidul ?   dok. pribadi


Cerita mistik bagi sebagian orang memang menjadi daya tarik tersendiri. Di negeri orang bule yang katanya ber-teknologi maju pun ada. 

Baca juga Kisah Tragis 3 Gadis di pegunungan Blue Mountain Australia. 

Misteri Legenda Nyi Roro Kidul

Salah satu legenda yang sangat terkenal adalah Legenda Nyi Roro Kidul. Dahulu Jawa Barat diperintah oleh seirang raja yang sangat berkuasa dan bijaksana, yaitu Prabu Siliwangi, yang mempunyai seorang permaisuri dan beberapa orang selir. Suatu saat sang Permaisuri melahirkan seorang puteri yang sangat cantik jelita, bernama Putri Lara Kadita.

 Kelahirannya sangat membuat keluarga raja bahagia. Sang Raja sangat mencintai Puterinya ini yang kelak akan mewarisi tahta kerajaan. Namun tidak bagi para selirnya, hal ini menimbulkan rasa iri dan kebencian. Para Selir dengan menggunakan ilmu hitam berusaha mengenyahkan permaisuri dan puterinya, dijadikanlah permaisuri dan puteri raja berubah wajahnya menjadi sangat buruk mengerikan serta berbau sangat busuk. 



inna samudra beach hotel
Inna Samudra Beach Hotel 4* Pantai Pelabuhan Ratu,  Sukabumi, Jawa Barat
Akhirnya sang Raja memerintahkan supaya kedua orang ini meninggalkan istana, karena jika tidak akan membahayakan seluruh kerajaan. Dengan sedih permaisuri dan puterinya meninggalkan kerajaan, berkelana tanpa arah. Karena kesedihan yang mendalam, permaisuri pun meninggal dunia. Putri Lara Kadita sangat hancur dan sedih hatinya, seorang diri terus berkelana, tak sadar menuju ke arah Selatan. Kondisi yang letih menyebabkan sang Puteri pingsan.

Dia tersadar ketika mendengar suara deburan ombak laut, dia terus berjalan ke arah suara debur ombak, hingga berhenti dan duduk pada suatu batu karang di tepi laut.  Saat duduk dia tertidur dan bermimpi, diberitahu bahwa dia dapat pulih kembali dan akan menjadi cantik kembali, dengan membersihkan diri dengan cara menceburkan diri ke dalam laut. Maka sang Puteri langsung mencebur kedalam laut. 
Dan ajaib .... kondisi tubuhnya pulih serta wajahnya kembali cantik. Sejak saat itu dia bergelar "Nyai Loro Kidul" yang artinya Ratu Laut Selatan.

Masih percayakah dengan legenda ini?

Kini tempat ini menjadi 'tempat wisata' yang sangat indah, dikenal dengan nama 'Karanghawu'.
Tanggal 6 April ditetapkan sebagai Hari Nelayan, biasanya pada hari itu diadakan Pesta Laut ( Labuh Saji ) yang intinya mohon kepada Tuhan agar senantiasa diberi perlindungan.

Berkaitan dengan legenda, di Inna Samudra Beach, Palabuhan Ratu, terkondisikan sebuah kamar kosong, yaitu # 308 yang di dalamnya ditemui berbagai perlengkapan serta lukisan yang berkaitan dengan legenda Nyai Loro Kidul, yang semuanya berasal dari para pengunjung baik domestik maupun manca negara.


Semua pendapat serta pengalaman tentang hal-hal lain yang berkaitan dengan kamar 308 selanjutnya dikembalikan kepada kepercayaan dan pribadi masing-masing.

Semua pendapat serta pengalaman tentang hal-hal lain yang berkaitan dengan kamar 308 selanjutnya dikembalikan kepada kepercayaan dan pribadi masing-masing.


Wallahualam bissawab.

Bagaimana pembaca, pernah mengalami kejadian yang 'tidak biasa' semacam 'gituh' ? 
Terimakasih sudah menemaniku mengenang saat2 di kamar 308.


ARTIKEL TERKAIT



63 comments

bikin bulu kuduk berdiri ya mb liat sosok berbaju hijau tersebut ...

bulu kuduknya selebat apakah? hihi iya mb Gusty, lebih terasa lagi saat berada di kmr 308 ... terimakasih :) sdh berkunjung.

wah merinding juga lihat tempat tidurnya nyi roro kidul, memang legenda tidak akan pernah habis jika dibahas. akan ada hal menarik dan misterius yang saling berkaitan terutama dengan para pemimpin/dan raja-raja

Saya sendiri sebagai warga Sukabumi, mengganggapnya itu mitos, boleh jadi hal itu rekayasa setan buat menjerumuskan dan merusak iman akidah Islam.

Semoga aja kita takkan pernah getar dengan melawan jin, apalagi saya dididik menjadi peruqyah harus berani melawan kejahatan jin tersebut.

serem? lho bukannya mas Wahab demen ama yg "cantik" ? gkgk... thx dah mampir.., ntar kalo ke sana lagi, ikutan mau ..?

gimana bisa bobok pules ya mas walidin ? coba warna pink hehe. cerita tentang para pemimpin/dan raja-raja saya suka .. kapan2 ceritain ya mas :) terimakasih sudah berkunjung.

terimakasih mas Muh Adam. Betul, dg segala cara jin, iblis menjerumuskan manusia. Ada saja manusia yg justeru mendekatinya bahkan bersekutu denganya demi nafsu (syetan) nya : pesugihan, jabatan, cinta, dll.

Kuatkan iman, jgn pernah gentar dg tipu daya syetan, jin, iblis .. mingaaaat, insyaa Allah.

Jadi pengin diajari meruqyah, utk diri sendiri. boleh ya mas Adam :)

Kalau difoto pake kamera model lama, kodak yang pake klis gitu kira-kira bagaimana hasilnya, Mbak? Udah pernah dicoba belum, Mbak?

setuju dengan pendapat mas adam....
meski cerita itu seolah nyata,namun kita tetap harus waspada dan menjaga iman didada.

hasutan nafsu syetan seantiasa merasuk. smoga kita sll dikuatkan imannya. terimakasih sdh berkunjung.

terimakasih sdh berkunjung mas Arizuna, di internet byk foto spt itu terlihat jelas. namun tidak begitu hasil jepretan saya yg super blurr n gelap, hanya obyek yg "itu" saja.

blm pernah coba pake kamera dg klise :) mungkin pembaca ada yg pernah coba ?

Pengalaman yang tidak mudah terlupakan ya mba....

iya mas Dwi Sugiarto, bisa buat bahan cerita :) terimakasih sdh mampir.

Pengalaman yang menarik mba, Tapi saya malah sedikit takut loh, Karena sudah banyak di jerumusi pemikiran seram nyi roro kidul...Ngeri nyi rorokidulnya ngikut sampai rumah...

hem...cerita yg turun temurun nih yambak.
gimana perasaan mbaknya waktu dikamar 308,bolak balik motret satu fotonya yg ttp error gitu?

masa sih sampai merinding begitu melihatnya, padahal itu sosok yang berbaju hijau kalau dilihat gak serem kok, malah cantik, hehe..!!

Ya boleh kok, malah ada artikelnya dalam blog saya, udah saya bagikan cara meruqyah mandiri.

Dan sekarang ada yang baru loh, silahkan dipelajari

Wah, benar-benar misterius ya. Kadang memang ada peristiwa yang gak bisa dijelaskan dengan akal, ya... Aku pun pernah ke salah satu tempat di Jogja yang kalau berfoto di sana pasti saja blur, kecuali kalau "leluhur" mengizinkan. Begitu katanya...

Hapus pemikiran buruk/seram. Berlindung pd Rabb Azza wa Jalla Yang Maha Segalanya. Katakan "no follow" padanya jin,iblis,syetan cs. Lain halnya jika ceknya mas Fazri yg 1,5 M cair, byk yg 'do follow' adik ponakan teman tetangga pd ngikut... minta ditraktir :)

perasaannya dibawa nyantai aja : idiiih gangguin gue ni yeee. gue tau lo ada but sorry2 aje gue gak mo berteman ama lo, bakalan dpt azab neraka ..! bye dah jin iprit iblis syetan cs-nya. ...gitu deh mas yanto :)

iya bener hal2 yg tdk terjangkau akal (ghaib) memang ada. "leluhur" (?) kalo dituruti suka neko2 ...gmn coba kalo 'leluhur' (?) minta foto selfie berdua ama perempuan cantik dg pita di rambutnya (=mb Indi), nah..! wkkwwk, .. 'stay away' ama yg begituan dah ... terimakasih yaa sdh mampir.

Salam kenal Mbak...
Iiih, syerem ya. Kalo nggak rame rame, kayaknya nggak akan berani deh. Oh iya, kalau pengalaman gituan, pernah beberapa kali. Anehnya pas ngalami, detik itu juga nggak terasa takut, tapi setelah diceritakan ulang, hiiiii merinding

Serem ceritanya, bikin bulu kuduk merinding

diterima dg hangat salamnya,senang ada mb Khusna mampir sini :)
iya klo rame bisa cekikikan bersama2, lha klo sendirian cekikikan bisa jadi malah 'jin'nya kaboorr kalah eksis... hiiii. Ayo mbak dibagi pengalamannya, pengin tahu nih.

Hmmm kok aneh ya mbak. Knp cm fto "itu" yg ggal melulu?

bulu kuduk merinding, normal.. lhaaa klo ndak ada bulu berarti 'halus' (mahluk halus ?) hihi. Makasih mb/mas Lupus, bagi permen karetnya :)

sebetulnya gak aneh mb Ajeng, krn mahluk halus 'jin' cs itu emang ada. Smoga kita dijauhkan dari mereka 'itu' .. audzubillahiminasyaitonirrojim. Janganlah sekali2 kita bersekutu dengannya.

siiiip atuh lah :) langsung meluncuuurrr tkp

klo saya liat yg 'ijo-ijo' suka ngiler .. bayangin aje mb Devy :) pake baju ijo.

Saya pernah dengar cerita ini mbak. Kalau menurut saya itu hanyalah sebuah mitos, tetapi ya kita harus tetap waspada dan selalu mendekatkan diri kepada tuhan agar tidak kita selalu dilindungi :)

betul mas Defi, issue penampakan nyi roro kidul hanya tipu daya jin, syetan, waspadalah :)

kecantikan dan fenomena ke gadisan Nyai Roo Kidul hingga sekarang masih menjadi misteri,,benarkan Nyi Roro Kidul perawan selalu sepanjang masa...inilah yang masih para ahli menyelidikinya

Ini sering banget dibicarakan, soal misteri yang ada di kamar hotel
acara TV jga rasanya pernah bahas masalah ini.

merinding sih kalau ada di sana, kayaknya.

saya deh bersedia ngebayanginnya :D

biasaaa....yang ngawal nini mah sayah atuh

yg aslinya nongol ... cuuu pake sempak :) siyap ngawal ka laut.

Mister *Tuvley salah 1 team para ahli yg menyelidiki, mengungkapkan :

beliau "blm berhasil" menguak 'misterinya' msh dilakukan uji lab dosis pasak bumi yg tepat :)

setelah saya mengalami sendiri, biasa saja, itu hy tipuan syetan. spt mainan jaelangkung dg pendulum yg menunjuk arah tertentu or serabutan tanpa arah ...kkkkk, Syetan akan menjerumuskan ke dalam maksiat dan kesyirikan. stay away ..

malem2 blogwalking lihat judul post ini malah jadi merinding.. :D

iya, namanya juga setan

ada aja caranya buat ngejerumusin.

Memang bukan hal yang baru lagi seputaran ini, tapi kalau mengunjunginya secara langsung belum pernah kelihatannya. Menyimak saja dari sini.

agak pusing gak mas Alul? coba dikerock, jgn2 gejala meriyaaang. cpt sembuh jgn merinding plz :)

betul bukan hal baru lagi, jika ada ketidaknormalan yg katanya "turun temurun dari leluhur" maka perlu diluruskan. slmt menyimak mas SiPowerpoint, mimpi indah :) pakai bedcover "hijau" ?

ahaha iya. ini udah nggak ko' :D

Menjadi pengalaman menarik, masalah percaya tidaknya tentu kembali pada masing-masing pandangan.

begitu lah mas kips, tingkat keimanan menentukan.

Nah loh diperhatiin
Bentar lagi disamperin, hihih...

Percaya adanya alam ghoib itu juga menjadi bagian dari kehidupan kita didunia ya :-D

lbh suka dg lawan jenis :) nah lo mas Rawins
sesama jenis dilarang, hihihi

Obat Radang Tenggorokan ke tkp aja yuk mas sapa tau pesonanya "mewujud" :)

hehe iya mba, harus dihapus pemikiran yang buruk-buruk, maklum korban Tv.... kalau cek sampai sekarang saya museumkan, gak bisa di cairkan :D

pernah dengar misteri kamar 308, banyak yang mengatakan ketika mengambil gambar pada lukisan nyi roro kidul semua kamera tidak bekerja dengan baik atau dengan semestinya. hal ini banyak yang tidak percaya, tapi kenyataannya itu terjadi....kadang kita juga harus bijak menelaah suatu misteri seperti ini.

nah lho....diajakin yang serem-serem tuh obat radang .....saya tunggu cerita selanjutnya aja ya mbak. heeee

Terimakasih mbah Dinan, betul kita harus bijak menyikapi cerita misteri, mitos, tahayul.

Manusia tidak dpt mengindera jin (btk aslinya) namun jin dpt berubah bentuk (missal btk seorang wanita cantik) :p shg dpt terindera oleh manusia.

Saya pribadi sebatas percaya jin adlh mahluk ghaib ciptaan Allah yg wajib diimani keberadaannya. Bukan mengagungkan jin (missal dg mempersembahkan sesaji). Inilah yg hrs diwaspadai jangan sampai kita terjerumus dalam kesyirikan... Allahu a'lam.

hiks hiks... bacanya jadi merinding nih, /Bunda
apalagi liat kondisi kamarnya,,, huaa hee
tpi pngen bs brkunjung langsung heee
#efek penasaran

tdk seseram cerita berantai yg sering dibumbui mistik:D
'dek Rohma percaya kan mahluk ghoib itu ada :p iya ada di mana-manaaa

Kabar Gembira bagi anda yang ingin ke kamar 308 Inna Samudra Beach Hotel Apa anda punya problem Khusus ? Anda cuma percayai Dewi Ratu Kidul & pihak nya termasuk Kuncennya di Samudra Beach Hotel yg bisa atasi problem anda ? Apa anda hendak pergi ke Kamar 308 di SBH tapi bingung Transportasinya menuju lokasi ? Belum lagi Biaya-Biaya lain selama & untuk Ritual di lokasi yang terhitung mahal serta anda tidak berPengalaman ke sana. Bila itu semua jadi beban pikiran anda & anda butuh solusinya berarti anda butuh Konsultasi pada Kami utk kemudian pergi bersama ke Kamar 308.Kebetulan Kami telah ber Pengalaman dalam hal ini.Bagi anda yang ingin Konsultasi & berencana Serius pergi ke sana silakan hubungi Saya : hendi.pk@gmail.com Perlu anda ketahui Saya berada di Jakarta Pusat & terbiasa ke Pelabuhan Ratu.Dewi Ratu Nyai Roro Kidul sebenarnya tidak mengutamakan Pesugihan.Kamar 308 ini faktanya bukan utk Pemujaan atau Pesugihan tapi memang banyak di gunakan oleh Tamu selaku Pemohon bantuannya.

This comment has been removed by the author.

Mbak, pas masuk kamar gitu nggak merinding disko? Trus si bapak petugas mbawain menyan juga gak? Hehehe... Biasanya kan gitu di film

Merindiiiing mbak, saat moto lukisan Nyi Roro Kidul .. gagal terus, hasil blur gelap. Sementara moto beberapa obyek lainnya tidak ada problem.

Iya mbak, Di kamar udah ada dupa/kemenyan ...

Komentar baik Anda menambah semarak blog ini. Barakallahu fiikum.

Copyright © * Mysweet Ladyluck. All rights reserved.