Taxi Driver ini Mencuri Hatiku

Benar saja, sepanjang perjalanan di kampung halamanku tercinta, si Bapak taxi-driver  ramah bercerita, bahwa beliau pernah 4 tahun bekerja di Saudi Arabia. Alhamdulilah sempat  (diajak majikan ?)  Umrah pula.

Di  Saudi saat adzan berkumandang semua bergegas siap-siap sholat. Pemandangan kendaraan berhenti di jalan sangat lumrah, sementara pengendaranya melakukan sholat,  di mesjid maupun di trotoar, tepi jalan.

Dari dalam taxi ane sangat menikmati perjalanan. Ketemu angkot "merah orange" membawa memoryku ke puluhan tahun silam saat sekolah rasa gaya naik angkot ini. Wow drivernya selalu update berita, bawaannya koran !

Pak boleh minta nomor telponnya, saya bisa minta tolong lagi untuk dianter lain waktu? Pintaku.

Good Idea 
"Ini Bu, difoto saja … !" kata Pak taxi-driver sambil mengangkat tangan kirinya ((tanpa menoleh) memegang kertas berlaminating seukuran HVS , tertera Namanya dan Nomor Telp, print out cukup jelas. Ane dari jok belakang tinggal jeprettt moto.

Nambah plus lagi driver ini … sambil mengenalkan  beberapa tempat penting seperti Toko Oleh2, Tak luput juga  Toko Oleh2 Haji.

Ceritanya tadi, saat taxi yang kupesan tsb datang, akupun bergegas hendak menaikinya menghindar air hujan yang mulai jatuh. Driver keluar  saya kira mau mempersilakan kami menaikinya, ternyata dugaanku keliru.

Justeru Driver mencegahnya... lagh !

Driver : " Maaf Bu, sudah sholat Maghrib belum? Saya mohon ijin mau sholat Maghrib dulu di mesjid dekat situ. Ibu tunggu dulu yah.."

"Saya sudah Pak. Silakan Bapak sholat Maghrib dulu. Saya menunggu". jawabku.

MasyaAllah, ... mak nyesszh hati ini, baru kali ini naik taxi drivernya minta ijin supaya penumpang menunggunya. Sebuah pelajaran akhlak mulia … tunduk kepada panggilan Allah untuk melaksanakan ibadah sholat.

Tak ada rasa gusar, ane setia menunggu berteman rintik hujan yang mulai deras ... dingin !
Sungguh .. taxi driver ini mencuri hatiku … !

Angkot "orange" keren di kota kecilku :) 
Baca juga pengalamanku saat naik Taxi di Saudi Arabia.

"Terimakasih ya Pak, semoga pekerjaan Bapak membawa keberkahan untuk Bapak dan keluarga".  Sampai tujuan, sengaja ane lebihkan ongkos taxinya.

Ucapan terimakasih bernada syukur dari Pak Taxi Driver sudah cukuplah bagiku sebagai tanda kami saling menghormati. Barakallahu fiik.

Alhamdulilah dapet pelajaran berharga bahwa kita diperintahkan Allah untuk beribadah
          Rizki sudah dalam ketetapanNYA.

by Mysweet Ladyluck @Riyadh city
ibukota negara KSA Kingdom Saudi Arabia.


ARTIKEL TERKAIT



34 comments

Keren bangeeet ya pak driver, totalitas dalam bekerja dan beribadah pada Allah..

Semoga dapat menjadi contoh setidaknya bagi kawan2 sesama driver beliau.
Terimakasih sudah berkunjung, mba Dewi sedang ngerjain proyek apa niy :)

Sejuk banget ya kalo setiap azan orang pergi solat

kalo di arab saudi pas denger adzan semua mobile berhenti, toko tutup untuk melaksakan shalat berjamaah di masjid. beda lagi di indonesia. banyak masjid mewah masuk waktu shalat gak ada jamaahnya, palingan hanya beberapa ekor saja.

bedanya arab saudi dengan indonesia; di arab saudi gemar shalat berjamaah, sedangkan di indonesia gemar membangun masjid doank.

Ini namanya baru profesional. Salut

Coba kalau semua driver baik taksi ataupun angkot seperti pak yusuf yang rajin sholat penumpang jadi tenang

Ahiw ahiw si teteh lagi senang nih hatinya bertemu dengan orang yang memiliki ahlaq yang mulia, kalau ditempat saya mah jarang teh menemukan sopir taxi atau angkot yang seperti itu malahan pada saat sholat jum'at masih ada saja angkot yang narik waduh sebenarnya saya pengen deh perboden jalan pada saat jum'atan agar supir angkot pada sholat terutama pada sholat jum'at.

imbas pernah umroh dan pernah tinggal di ARAB Saudi seperti bu admin yang lagi ngabisin realnya dikampung, jadi pas dipanggil sholat segera pak taxi itu memenuhi panggilannya....maknyes plus makjleb tuh nyi.....aya di kampung mah mampir ateh ka Cilembu...hoyong ngasaan rasana real, sami teu sareng nu aya didieu...geura....ehh...modusin ya?

Mungkin bisa jadi pelajaran buat sopir taxi lainnya terutama yang muslim,,, dimana ibadah harus tetap jadi prioritas utama... :D

Nggih mbak Kanianingsih :) hati jadi tenang, enggak gemrungsung.

Komen yang "nendang" :-d Barakallahu fiik mas Ifrod. Kita dapat ambil faedahnya.

Bagus mas, dilihat dari semangat bangun mesjidnya. Semoga Allah mudahkan langkah kaum muslimin memenuhi mesjid, sholat berjamaah.

Setuju ane, disebut "profesioanal" hanya bagi mereka yang menjalankan profesi sesuai +petunjuk" demi keberhasilan Dunya dan Akhirat"..betul ?

Salam kenal mas Imron. Terimakasih sudah mampir.

Betul mas Dwi. Kesan melekat. Pelanggan terpikat. MasyaAllah .. berkah.

Mantab Kang Nurul menjabat Polisi Syariah :-bd
Inspeksi keliling dengan kendaraan dilengkapi "toa" mengingatkan warga sholat berjamaah. ayo..sholat..sholat..

Bentar Pak, nanggung ni lagi kejar setoran dulu :p

Kejar setoran mulu, lha yang kasih rizki ntu sapa?

Begitulah Allah limpahkan hidayah dan taufik pada hambaNYA.

MasyaAllah Kang kita sama yaaa ngerasain mak Nyes n mak Jleb ;)
Boleh boleh ntar ane mampir bawain Reyal yang rada beratan dikit ..
mantab buat kerokan ..wkwkwk.

exactly right bro Ahmad :-d ibadah adalah prioritas utama. Barakallahu fiik.

Keren ya mba kalau taxi di indonesia juga bisa seperti itu.. lebih mengutamakan Allah daripada hal lain, mashaa Allah.. inspiratif juga hehe

masya allah ya mba, saya jadi malu-malu kucing baca tulisan ini karena kalo denger suara adzan masih kebiasaan nerusin pekerjaan dulu. hehehe

semoga tulisan ini menginspirasi banyak umat muslim indonesia ya :)

Wadah..taxi driver yang benar-benar mencuri hati ya Mbak. Jarang-jarang tuh ada yang minta izin buat sholat. Tapi kalau magrib emang mepet sih yak.
Ini sekarang lagi di Indonesia Mbak? Ngga di Arab Saudi?

terimakasih mbak Zalfaa, barakallahu fiik. patut dicontoh.
lhaaa kita? eh saya dhing :p

halloooo mas Hendri, iiih ganteng2 malu2 kucing hihi :)
berikutnya terinspirasi ...

insyaAllah, kita dapat mengambil faidahnya.

Mungkin ada juga yang memilih taxi lain daripada menunggu.

Ane udah di ngArab lagi mbak Levina. Kapan ketemu yuk :)

Keanapa tidak mencuri hatiku saja ? Sudah aku ikhlaskan aku relakan buat mu :D
Kalau dijalan, sering sholatku yang ikut kelewatan,..nanti, nanti akhirnya hilang dan tertunda.
Semoga saja aku bisa tatep khusuk dan istiqomah, jangan sampai bolong-bolong lagi.

Kalau baca koran, sepertinya sama dengan kebiasaanku.
Cuma bedanya, sholatnya.
Aku sering lewat jika sedang diperjalanan. Tanggung.

Hiyaaa..kemarin baru saja mengikuti kajian ahad pagi kebetulan ceritanya mirip mbak Lady, hanya ini tentang tukang becak

Pas ngantar penumpang dan mendengar adzan pak tukang becak meminggirkan becaknya di masjid ijin mau sholat dulu, tapi penumpang seorang ibu kaya ini marah dan tidak bersedia membayar. Tukang becak bersikukuh akan sholat dulu dan mengikhlaskan tidak dibayar.

Ketika ibu ini cerita ke suaminya dengan masih marah, suaminya justru terkesan dan memberangkatkan bapak tukang becak ke tanah suci serta memberi modal usaha :)

Intinya spt itu tapi cerita sebenarnya panjang mbak, pak tukang becak sempat menolak segala

Subhanallah ya, orang-orang yang imannya tinggi pasti akan dimudahkan oleh Allah. Semoga sopir taksi yang mbak Lady temui juga akan dimuliakan Allah karena ketetapan imannya, aamiin :)

Ya Allah... InsyaAllah pekerjaannya membawa berkah, jika selalu menaati perintah Allah

Masya Alloh, serasa ditabok nih. Pak taxi driver aja bisa berusaha memenuhi panggilan Alloh untuk sholat tepat waktu dan aku merasa jadi super kecil dibanding si bapak. Semoga bisa lebih baik lagi kedepannya, aamiin...

whoaaa .. dasaaarrrr pencuriiii kau Baaaang Djangkaru ...!
pencuri hati ..qiqiqi

Nah gitu atuh, kalau di jalan denger adzan usahakan minggir.
InsyaAllah pekerjaan makin barakah... dhuh anak soleh :-bd istiqamah.

Sepertinya mustahil Tukang Becak ke Tanah Suci ... ?
Demikian hamba2 yang menjalankan perintah Allah niscaya Allah beri ganjaran yang lebih besar yang tak disangka-sangka arahnya. MasyaAllah.

Kita diperintahkan oleh Allah untuk "beribadah".
Adapun (besarnya) rizki Allah lah yang menentukan.

Terimakasih sharingnya mbak Anjar :-d Barakallahu fiik.

Semoga Allah mudahkan langkah kita dalam beribadah.

Aamiin. terimakasih mba Santi.

Serasa ditabok ... nah !
Hasutan nafsu syetan seringkali mengalahkan niat baik.
Semoga Allah ringankan kita menjalankan syariatNYA.

Terimakasih mbak Iyah :)

This comment has been removed by the author.

masyaAllah emoga saja semua umat muslim begitu, setiap mendengar adzan selalu berangkat ke mesjid :)

follow dulu ah ...

Aamiin. dimulai tekad dari diri sendiri .. yuk ! :)
terimakasih mas Ikhsan ..

Komentar baik Anda menambah semarak blog ini. Barakallahu fiikum.

Copyright © * Mysweet Ladyluck. All rights reserved.