Bali Nusa Lembongan, Rumah Bawah Tanah Terinspirasi Kisah Mahabharata

Ke Bali kemana aja? Udah ke sini ke Nusa (Pulau) Lembongan?

1. Yang sangat menarik di sini terdapat Rumah Bawah Tanah (underground house) Terinspirasi Kisah Mahabharata. Rumah Bawah Tanah ini disebut juga Goa Gala-Gala.
Bismillah ... memasuki Rumah Bawah Tanah
Untuk mencapai Nusa Lembongan menggunakan kapal Bounty Cruises berkapasitas 600 penumpang, terdiri dari 3 lantai (geladak). Bounty Cruise berlayar jam 09.00 pagi menuju pulau Nusa Lembongan, sebuah pulau kecil sekitar 11 km sebelah tenggara Pulau Bali. Perjalanan dari Pulau Bali ke Nusa (Pulau) Lembongan sekitar 60 menit.

Rumah Bawah Tanah (Goa Gala-Gala) ini sengaja dibangun (digali) oleh pemiliknya, terinspirasi dari kisah Mahabharata. Dalam kisah Mahabharata disebutkan tentang rencana jahat Kurawa untuk menghabisi Pandawa dengan membakar tempat tinggalnya. Namun rencana jahat ini tercium dan diketahui Pandawa. Maka dibuatlah Rumah Bawah Tanah untuk berlindung dari ancaman Kurawa.

Goa berdinding batu kapur ini layaknya sebuah rumah hunian manusia, memiliki beberapa ruang, ada ruang dapur, ruang tamu, ruang tidur, ruang semedi. Dibangun selama 11 tahun selesai tahun 1971-an.

Rumah Bawah Tanah
arsitektur Rumah Bawah Tanah

Yuk masuk lebih dalam lagi ...,

Banyak tiang dan lobang pintu yang cukup sempit pas hanya dilalui 1 orang. Liku-liku lubang (pintu) ruangan serasa sedang mengikuti 'puzzle game', pas diikuti ternyata buntu, ya balik lagi cari lobang lainnya ... hahahah asyeeek sungguh.

Hati2 dengan kepala anda, tinggi ruangan dalam tanah kurang dari 2 meter an, sehingga di beberapa ruang kita harus berjalan menunduk, meski ada juga ruang yang cukup lega untuk dapat berdiri tegak.

Menurut cerita pembuatannya juga menggunakan kotoran sapi yang ditamplokin ke batu kapur lalu dibakar untuk memanaskan batu kapur, sehingga mudah dipahat dan dibentuk.

2. Budidaya Rumput Laut

Sebagian besar masyarakat Nusa Lembongan menjalankan usaha budidaya rumput laut. Kita bisa langsung melihat proses pengambilan rumput laut. Penasaran aku gigit-gigit rumput laut yang masih segar baru aja ngambil dari laut ... kres2 kenyal gitu, sambil ngebayangin makan agar-agar rumput laut.
Rumput Laut segar baru panen

3. Desa Wisata

Masih di Nusa Lembongan, yuk keliling menikmati suasana. Rumah-rumah penduduk yang tetap bergaya tradisional, dipercantik dengan rangkaian bunga sesaji yang banyak kita jumpai. Tembok keliling dengan bata merah, disain unik khas Bali menambah keasrian,

ngompreng mariiii ... keliling di Desa Wisata
Yang suka basah-basahan: diving, snorkeling, seluncuran, jetsky, naik perahu ...

 Banana Boat
Puas berkeliling dan basah2an, saatnya nge-charge perut ... makan siang di kapal Bounty Cruise. Sambil menikmati udara laut ditemani alunan live music grup band yang atraktif menambah suasana santai. Hidangan coffee break, lunch, sangat menggoda selera dengan aneka menu... tentunya sea-food jadi santapan utama.

Saatnya kembali ke Bali.


ARTIKEL TERKAIT



72 comments

indah sekali bali, saya hanya dengar saja dan bahkan di televisi pun sy liat waw, ntah kapan saya bisa kesana :) kalo bisa bareng mbak :)

Wah itu rumah bawah tanahnya keren banget mbak :-)
btw, kalau hujan banjir enggak ya...
Hehehehe

menarik rumah bawah tanah tuuu., ;p

payungan atuh :p hihi. Di-disain sedemikian rupa spy tdk kebanjiran :)

Tentu ... menarik buat "tiga lalat" datang kemari :D

wahhhh salut, berani masuk ke bawah hihiii, kayaknya aku ga berani deh

Keren mbak goanya. Terus juga rumput lautnya kayaknya enak banget. Apa bisa ya kalao dimakan langsung? hehe

Mungkin bisa ditemani pemandu wisatanya mbak

Keren banget rumah bawah tanahnya Mbak, sepertinya nyaman juga kalau sudah didalam ya

Photo pertama ,,,saya kira mbaknya lagi pegang tonsis,,,ngak taunya kayu buat pegangan,,,xixiixixi

Jadi ingat waktu tahun 2013 ikutan Cruiser, terus ke sini. Rute pun sama, liat rumput laut ke Goa Gala-gala sama merasakan naik mobil bak terbuka di jalan yang sempit :-D

Lumayan jauh juga dari bali ya mba 11 km lumayan juga bisa menikmati perjalanan laut tapi kalau tempatnya indah kayak gitu sih terbayar deh capenya

Itu rumah bawah tananhnya dalemnya berpa meter sih,, apa gak susah nafas kalau masuk ke dalam rumah bawah tanah tersebut ???

Rumput Laut dimakan angsung? itu namanya nggragas :D spt sayah yah ... wkwkkwk

Proses dulu: cuci bersih, rendam, keringkan, dimasak hingga mendidih lumer, saring, pres.
Jadilah AGAR2, ada yg btk lembaran, serbuk ... spt yg mas beli di supermarket :)

Nyaman ditemani sayah :p sambil ngopi plus gorengan ...hihi
Tentu saja tidak semerdekaaaa spt di ruang terbuka :)

Wah, pasti serem kala malam dalam rumah bawah tanah tu... Menarik lokasi di pulau ini ya...

jiaaahh boro2 narsis jeung tongsis ...
pengin pipis iyah :p gemeteran turunnya mayan dalem mas.

Berkesan mas Sitam. Masih banyak obyek menarik lainnya, Indonesia sgt kaya.
Sewa motor lbh merdekaaaa blusukannya :D Yuk kpn lagi nge cruiser ?

Jika hati riang gembira rasa cape pun lenyap.
Layaknya dpt lonjakan traffic blog 1K .... :D

mayan dalem kang Ujang, sktr 7 m. Ada lubang ventilasinya.
Kapasitas org yg masuk diatur, spy tetap bisa bernafas lega :)

Biarpun ditemani kakak Zumal ^_^ kala malam ..scary sangat

iya berbagi senang sama 'dek Liya yg pinky manis :)

Keren dan kelihatan seru sekali mbak..
Jadi pingin kesana, hehehe..

Yo'i .. apalagi ngegowes di sana, menelusuri perkampungan bergaya arsitektur unik artistik.
Bawa sepedanya mas Boku :-d

met malem...
sangat menarik masuk ke rmh bawah tanah...serasa zaman mr flinstone..kalo terawat pasti aman tapi banyak ditempat lain rmh bawah tanah ini tempat bersemayam nya Ularrrrr...
salam

menarik banget tempatnya, goanya nampak serem, bikin penasaran

Goa berlabirin... sepertinya serem mba, ternyata kotoran sapi bisa sebagai bahan bakar ya untuk melubangi goa... rumput laut kaya lumut, tapi enaknya kalau di olah jadi es rumput laut,...saya juga sudah pernah main banana boat... emang sengaja menjatuhkan penumpangnya ke air, untungnya ada pelampung, soalnya ngga bisa berenang... saya belum pernah pergi ke luar pulau jawa |o|

Komplit juga yah,,, Ada wisata Goa, budidaya rumput laut dan Desa Wisata, kapan yah bisa kesana,,, kalau dari bandung pengen kepulau lembongan ongkosnya kira - kira berapa yah ..?

ngeliat admin turun ke rumah bawah tanah, jadi inget sama istri saya Drupadi saat dia ngambek gegara di duakan cintanya oleh saya.

yaaa dirawat lah mas.. Di rumah saya ada "ular tangga" :D bikin asyik lagi.

kalo udah turun masuk ke dalam ... serem2 gimanaa gituh :p

Whoaaaa pasti pada tereaaakk saat banana boat nikung nekuk abis dan terguling ...
Yg berenangnya gaya bebas tangan menggapai serabutan ... itu mas Fazri yah |o|

Es rumput laut yg d dpn Grand Mall enak juga.
Klo ttg kotoran sapi ... coba aja langsung test sendiri dah :D

perkiraan: tiket pswt bdg-denpasar bali 500 k. tiket paket kapal Bounty Cruise 600 k.
Or pilih speed boat 100 k. siapin ongkos nginep, angkot, ojek, warung :D enjoy bro !

klo istri udah masuk turun gitu ... tandanya pengin disusul tuh kang |o|

Apapun deh, tapi nggak masuk2 gua gitu ya. Phobia tempat2 spt itu. Banana boatnya seru pasti ini ya.

haha, jangan kelamaan mbak, mesti terjun juga kesana, ngeliatin gambar gambarnya, pengen juga

iya, udah pegangan yang kencang, tetap aja jatuh ke air... ada keseruan tersendiri, meskipun ngga bisa berenang... pengennya sih mau berenang pakai gaya kupu kupu, tapi apalah daya cuma bisa gaya serabutan :-d saya herannya kenapa snack rumput laut itu mahal, padahal kalau beli es rumput laut itu murah tapi banyak rumput lautnya....

Indah sekali tuh tempatnya , jadi pengen kesana he

ikut senang, karena disini senag disana senang dan dimana mana hatiku senag :)

haha, mas wong penasaran banget nampak nya mbak :)

banana boat asyik mb Lusi, sementara yg lain justru ada yg phobia keceburan di laut :p

kalem mb Gusty, mas Defi siap memandu :D

da dia mah gituh orangnya :D

weleh2 kapan bisa ke Nusa Dua ya bunda heee
tongsisnya boleh juga itu, bunda
heee
yang pas poto paling atas itu.. hee

kereen jalan jalan terus kalo saya baru sekali ke Bali mba

Itu goanya berapa meter dalamnya mbak? Saya lihat aja udah ayang-ayangen (ngeri..)
Apalagi naik boat ngga deh krn ga bisa renang...
**ahh..dirumah aja deh saya, apa-apa takut sihh.. :)

Wah, hebat mbak bisa msk rumah bawah tanah. Saya malah belum pernah ke Bali mb... Hihihi...
Dan blog ini keren sekali. Insya Allah akan sering berkunjung. :)

wah pakai kotoran sapi ya, apa gk bau gitu didalamnya ? sekarang sih gk bau tapi saat baru barunya pasti gk ada orang didalamnya

Rumah guanya itulo, itu benar-benar buatan manusia dengan bantuan kotoran hewan atau terbentuk secara alami. Masih garuk-garuk kepala. Terasa kurang yakin.

Goa bawah tanahnya keren abis Mbak, apalagi yang ada di fotonya tuh...

penasaran jadi pengen ke nusa lembongan terutama pengen liat asli nya rumah di bawah tanah,
kaya labirin ya kalo di liat2, jadi banyak ruangan nya

Bali memang top...tujuan wiisata no wahid.. wisatany sangat veriatif...termasuk rumah bawah tanah lembaonga

mengenal bumi Nusantara :) pengin jalan2 ke tempat neng ani tp gak tahu rutenya :p

mayan dalem mba, 7m-an kali ada yah :p
d rmh jg bisa naik boat tanpa takut tenggelam .. boat kapuk ..qiqiqi

Saya malah pengin ke tmpt mba Nadliroh ... bingung arahnya :p
Belum sekeren blog mba Nadliroh aaaahhh :) terimakasih sdh berkenan mampir.

mmm bauuuu kaleee .. :D cb mas Hajr test dg sapi yg di situ ..hahahh

Ini Rumah/Gua BUATAN, dibuat (tepatnya digali) oleh tangan manusia. Bukan terbentuk scr alami.
Yuk mas Djangkaru jelajah ke gua ini ... mau saya anter ? :p

sebuah karya luarbiasa tangan manusia dg penuh kesabaran, gigih, ulet..
ber-tahun2 proses penggaliannya :) Terimakasih, senang mas Rendy sdh berkunjung.

iya mba Defa, buat maen petak umpet :D yuk,
klo dah sampai ke sana, bagi ceritanya yaaa, seru asli.

NTT juga keren .. bikin penasaran aja, dg pisang MulBek :D

halo 'dek Rohma, itu BUKAN tongsis (miriiip sih) :D itu kayu panjang di mulut gua sbg pegangan.
Hati2 masuknya kudu pegangan, lumayan dalem / curam.
asyiiik tuuuh mas MM juga mau diajakin :)


saya suka sama yg rumah bawa tanah,uh kapan ya bisa main kesana :D
nnti kalau jln2 ke tempat yg unik dan asik,video ya mba :)

siaaap ...,insyaAllah, mas oh andrian :-bd

halllo mbak, berkunjung balik nih, duhhh aku takut dah kalo soal bawah tanah, kebayangnya takut runtuh dan sebagainya, apalagi itu lembab banget

Live underground it sounds strange. Even if imaginable, would normally be thought of locations that resemble caves, narrow spaces
bandar togel indonesia

challenge ! aku temenin yuk ..
hihi .. kalo takut cukuplah memandang dari mulut gua saja :D
terimakasih berkenan berkunjung.

Komentar baik Anda menambah semarak blog ini. Barakallahu fiikum.

Copyright © * Mysweet Ladyluck. All rights reserved.