Salju Arab Saudi Bikin Heboh.,Percaya ? Ini Pengalaman Saya

Bismillah. Kembali dunia maya dihujani berita heboh salju yang turun di Arab Saudi. Seperti tahun yang lalu juga tahun-tahun sebelumnya, selalu saja bertebaran subur berita bombastis terkait salju di Arab.

Salju Arab Saudi Bikin Heboh.,Percaya ?

Ini Pengalaman Saya

salju di arab saudi
Berwisata ke daerah Salju.
pic from Saudi Gazette, 28 Januari 2016.
Snow on the sahara

Saudi Arabia adalah negara Arab yang terletak di Jazirah Arab. Wilayahnya sebagian besar terdiri dari "gurun", padang pasir. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) kata "gurun" berarti padang luas yang tandus, padang pasir. Bangsa Arab menyebut padang pasir dengan "sahara" الصحراء

Saudi Arabia saat ini sedang winter, dinginnya terasa menusuk tulang. Suhu ngedrop turun drastic hingga 2 derajat Celcius. Bahkan keesokan harinya turun lagi mencapai 1 derajat C.

Rabu malam ada pemberitahuan dari Pemerintah Saudi di TV Al Ekhbaria bahwa sekolah (di daerah sekitar Tabuk) diliburkan dikarenakan cuaca ekstrim, gelombang badai salju sedang melanda.

Demi keamanan pemerintah meliburkan sekolah di wilayah tersebut pada hari Kamis 29 Januari 2016. Penduduk diingatkan agar berhati-hati dalam berkendara , mengatur kecepatan, tidak ngebut, agar terhindar dari kendaraan yang slip karena kondisi jalan yang menjadi licin.

winter riyadh arab saudi
 2 derajat Celcius, 30 Januari 2016. Riyadh, ibukota Saudi Arabia
Keesokan harinya turun hingga 1 derajat C.
Dokumen pribadi.

Juru Bicara Badan Meteorologi dan Lingkungan mengatakan ada kemungkinan hujan salju di dataran tinggi di Haql disertai dengan gelombang badai salju dingin. Suhu akan turun ke tingkat sub-nol dengan gelombang dingin diperkirakan akan terus berlanjut sampai 3 hari ke depan.. [Al Arabiya, 28 Januari 2016].

Haql merupakan wilayah Saudi Arabia di sebelah utara Tabuk, dekat perbatasan Negara Yordania. Wilayah ini merupakan pegunungan, saat musim dingin suhu dapat mencapai minus di bawah nol, belum lagi hembusan badai salju dari Iraq, Syria, Libanon, Jordan, Israel, Palestina menjadikan wilayah Tabuk turun salju, setiap tahun.

Saya dapat fotonya dari kerabat, Saudian :

salju di arab saudi
salju di HAQL,, akhir Januari 2016

Di daerah ini menjadi tempat wisata bagi orang Saudi. Jauh2 sebelumnya saya pun ditawari/diajak oleh keluarga Saudian untuk touring wisata salju di sini. Seperti tahun kemarin keluarga ini pun sengaja berwisata jauh2 membelah padang pasir dari Ujung ke Ujung, yaitu dari Jizan (lihat Peta ada di ujung bawah, kiri, dekat perbatasan Negara Yemen) ke Tabuk (lihat Peta, ada di ujung atas, kiri, dekat perbatasan Negara Yordania).

Peta ada di bagian bawah tulisan ini.

Nyetir sendiri kendaraan pribadi menembus jarak sekitar 2.000 km an …. 

Orang Arab teaaa … bawa Camry dengan speed 80-120 km/jam, kondisi jalan yang datar lebar lurus … wusszzz…wuszzhhh… gak terasa. 

Ada yang sengaja nginep di tenda demi menikmati suasana salju gurun. Begitulah orang Arab menikmati salju di saat musim dingin mensyukuri nikmat Allah. Jangan khawatir hotel Bintang 5 pun ada.

Saya menolaknya … lhaaa dalem rumah aja udah ngethetherrr kedinginan, maunya deket-deket heater. 

Cukup lah saya menikmati foto2nya saja.

Heboh ?

Wong saben tahun berita seperti itu muncul, jadi enggak heboh bin enggak aneh lagi..., kan?
Mungkin yang nulis belum ngalamin sendiri atau bahkan belum pernah ke Arab Saudi ... ?
Efek baca berita yang bertebaran dengan bumbu kalimat yang bombastis yah?

Simak saja Judul Artikel yg lebay berikut ini bertebaran di internet :



Saya mah asyik ajah menikmati salju yang disiarkan di tipi, sambil ngeringkuk dalam selimut tebal.

Nampak hamparan salju dengan latar belakang "teko" tempat air minum khas Arab (Saudi).

snowfall
Hamparan salju, akhir Januari 2016. [Al Ekhbaria TV]

Di Saudi mengenal Winter (Musim Dingin) dan Summer (Musim Panas). Saat ini sedang musim dingin sejak Desember hingga Maret, insya Allah.

Sesudahnya akan berganti Musim Panas dimana suhu dapat mencapai 50 derajat Celcius. Padang gurun sahara akan kembali kering.

"Benarkah di Arab Saudi (sekitar Madinah) turun salju..?"

Seorang teman di Indonesia mengirimiku video yang dirilis 13 Januari 2016 (silakan cari di You tube sudah beredar), menggambarkan salju turun di sekitar Madinah, disebutkan nama daerahnya Al Fareh, di sepanjang jalan antara tersebut diselimuti butiran salju terhampar luas. Teman saya bertanya denga heran setengah tidak percaya.

Jawabku : mungkin terjadi.

Mari kita telaah sedikit. Madinah terletak di dataran tinggi, deretan pegunungan Heejaz, dapat dilihat di peta berada di bawah Tabuk. Saat ini sedang winter (musim dingin), jika kondisi kelembaban udara memenuhi, ya dapat terjadi turunnya salju, meski tidak turun tiap tahun, sesekali saja, ketebalan salju-nya tipis, (berupa butiran halus), tidak setebal dengan salju di Tabuk.





  
Mungkin bagi orang Indonesia yang belum pernah ke Saudi mengira Saudi Arabia adalah padang pasir gersang kering kerontang panasnya jahanam …melulu… yang jika membayangkannya saja udah serem ngeriiii dah.

Ataupun bagi yang pernah ke Saudi untuk menunaikan ibadah Haji maupun Umrah, mengunjungi Makkah, Madinah, Jeddah yang belum sempat merasakan dinginnya "sahara" saat musim dingin seperti sekarang ini. 
                                                                                             
snow arab saudi
Foto kiriman dari Saudian

Kondisi alam yang berbeda di wilayah Saudi lainnya missal di Abha yang terletak di Propinsi Asir, kalau di Peta letaknya di bawah, kiri. Abha merupakan daerah Puncak, udaranya dingin, kadang bersalju (tipis). 

Abha merupakan tempat wisata yang ramai dikunjungi dengan fasilitas pendukung wisata lainnya.

Tahun yang lalu saya berwisata ke tempat ini, ngalamin dinginnya Abha dengan butiran salju yang turun.

Sangat mungkin salju juga turun di Al Jouf, Hail, Al Qassim [Al Arabiya, 28 Januari 2016]
Semoga tulisan ini dapat mencerahkan …

Betul ada salju (di daerah tertentu) juga hamparan rumput hijau di saat Musin Dingin 
setiap tahun terjadi, sejak baheula (dulu).

Bagi yang tinggal maupun yang pernah mengalami di Saudi Arabia, hal ini tidak aneh. 

Bersyukur berdzikir : Masya Allah..tabarakallah, Alhamdulillah
Sungguh atas limpahan karunia Allah subhanahu wa ta'aala, wilayah padang pasir mengalami Musim Panas. Musim Dingin, hujan dan salju.  

Lalu jika musim dingin berakhir, datang Musim Panas dimana padang pasir kembali menjadi  kering kerontang, rumputpun mati tak tumbuh. Tetap bersyukur.

Mari siniiii .... menikmati "sejuk/dinginnya gurun pasir ". Datanglah di saat winter (musim dingin), bersiaplah dengan kostum yang pas (jacket, syal leher, tutup kepala, kaos kaki, dll)…

"Ahlan wa Sahlan ...",  Enjoy Winter On the Sahara

Ditulis di Riyadh, ibukota KSA Kingdom Saudi Arabia.
Winter, DInginnya menusuk tulang.
Mysweet Ladyluck.

Silakan yang mau explor berita, di sini :
1.   SPA Saudi Press Agency
2. Al Riyadh
3. Arabnews
4. Al Arabiya Classes suspended as cold wave grips Saudi northern borders akhir Januari 2016
5.Newsofbahrain : Schools shut down as Saudi shivers in snow akhir Januari 2016
6. Saudi Gazette
Link Video :
1. Snow fall in Tabuk akhir Januari 2016
2. Heavy Snow-fall in Saudi Arabia, akhir Januari 2016


ARTIKEL TERKAIT



46 comments

ada salju di arab saudi itu tanda-tanda mba
tanda-tanda lagi musim winter
.
saljunya dingin engga mba? sekali-kali kalo ke indonesia, saya pengen dibawain salju mba boleh?

Jadi lagunya anggun itu benar ya Mbak. Snow on the Sahara.

Mbak aku mau tanya klo cewe mengemudi sendiri di arab di kena undang2 ya mbak? gimana sih peraturan lalu lintas di sono?
makasih foto2nya.

Wah selama ini saya kira di arab gak pernah turun salju mbak :-O
baru tau kali ini..

Berita tentang Salju di Arab Saudi padahal banyak yg share. Baru tahu kalau ternyata itu hal yg biasa. Informasi berharga dr yg mengalami langsung disana. :)

Aku sendiri baru tahu jika saudi ada musim salju. Yang aku baca mah yang ada musim panas dan musim dingin. Yang lebih terkenal mah badai pasir.

Sy jg sama...
Gx kbayang klo sangking dinginnya bisa trun salju...

PR banget tuh bawa salju ke Indonesia

Sepertinya ini fenomena langkah Mas...

Hanya bisa berkata,,,
Subhanallah...Maha Besar Allah S.W.T...dengan segala karunia-NYA

hihihi .. kk Niki bisa aja ngebeloknya =D tanda2 winter

saljunya dingin ih ... tak sehangat hatimu |o|

beres mas Wahab, ntar pas Lebaran di Indonesia salju-nya diwadahin di toples.

.... salju (kue) :D

mbak Arinta :-d lagunya Anggun C Sasmi.

Terimakasih, pertanyaan yg bagus sekali.
Di Saudi, Wanita tidak diperbolehkan nyetir kendaraan.

Pelanggaran akan berurusan dg polisi (agama), dibawa ke kantor, wawancara, diberi nasehat, lalu dipanggilkan anggota keluarganya. Jika wanita single akan dipanggilkan bapaknya, jika sudah menikah maka suaminya dipanggil ke kantor polisi. Diberi pengarahan. Menandatangani Surat Perjanjian, mungkin juga ada denda. Sesudahnya boleh pulang.

Saya belum melihat wanita nyetir sendiri di jalan umum, belum ngalamin.
UU-nya gak tahu, maaf.
Ada yang sudah berpengalaman..? silakan share …

Salju di Arab Saudi? ADA dong … nah sekarang mas Eksapedia udah tahu :)

Saya juga mas Safruz, ngethetheerrr dingin bingid, pas cek suhu 1 drjt C. brrrr

Betul mbak Ummi, byk berita bombastis spt sdh saya sebutkan pd artikel.

Salju turun tiap tahun saat winter di northern Saudi (sekitar Tabuk), dan wilayah lainnya (berkala). Terimakasih komentarnya :-d

Musim Dingin ada salju di bbrp wilayah.
Musim Panas ada "sandstorm" badai pasir/debu. Alhamdulilah saya ngalamin semua.

Terimakasih Bang Bumi mah sll update berita :-d

Masya Allah, begitu besar limpahan karunia Allah dg segala KeadilanNya.

Bukan langka, tidak aneh, mas Wahab .. coba mukim di sini :-bd

Siklus alam tiap tahun saat Musim Dingin, turun salju di Tabuk dan sekitarnya...
Sejak baheula. Juga di tempat lainnya (berkala).

Saya ngertinya klo di sana itu juga panas mbak...tanpa salju. Ternyata? Oh..perempuan nggak boleh stir? Klo bawa motor..eh, ada motor nggak sih di sana? Soalnya klo liat di film..kyknya mobil ma bis2 aja.

ihh dingin banget ya kebayang deh :)

Subhanallah..selama ini gambaran tentang gurun2 di saudi adalah panas.
Sekarang, tinggal nikmati saja musim saljunya ya Mbak

Pernah dengar juga berita selain ada hujan salju di arab ada video gurun menjadi lautan mba :)

Sebenarnya ini ada bagusya juga loh mbak,, jadi warga saudi ga usah lagi beli2 kulkas kalau mau ngawetin ikan,,, tinggal taroh aja di salju,,,, xixixi :D

wah ternyata disana ada salju juga ya mbak?

Iya mbak Lady, selama ini tahunya Arab Saudi itu panas gersang dan full fatamorgana. Ternyata salju turunpun sudah biasa ya?

Setuju mbak. Kalau sudah tahu betapa dinginnya mending selimutan aja didalam kamar sambil minum kopi susu coklat panas ya, hhmmmm :)

Terimakasih mba Sulis :) Motor bukan mjd kendaraan utama, jaraaang banget adanya.

Rata2 memiliki mobil pribadi. Belum pernah lihat wanita pake/mbonceng motor.

siniii mas aselinya lbh dingiinn menusuk :) iklim gurun yg ekstrim.

Masya Allah berkah limpahan karuniaNYA, ada msm Panas ada msm Dingin.
Alhamdulillah ni mba Fidah ... dingin enak makan soup hangat :)

hallo mba Wida :) Gurun jd lautan? kesannya "lautan" tuh luaaas banget yah :)

Iya klo hujan, aliran dari gunung akan mengalir mencari tmpt yg lbh rendah, jadilah (sebagian tmpt) terendam air, membentuk spt sungai. Itu hanya Sesaat, Secepat itu pula air akan terserap ke bumi. Lalu kembali kering. Normal n biasa.

Ahaa kang Zai, good idea xixixi :D

bisa buat ngawetin ikan .. kalo Onta ? |o|

Kalo di Indonesia ...paling pegunungan Jayawijaya yg sering bersalju abadi...heeeee

ini dia publisher adsense yg sukses mendulang dollar, kang Jumanto :) p pkbr?

Salju ada mas, turun tiap tahun di wilayah tertentu dan berkala di tmpt lainnya.

bagi atuh mbak, coklat Silver Queen-nya .. enjoy your time :D

kadang banyak juga yang menafsirkan suatu yang aneh dengan tanda akhir zaman, seperti halnya turun salju. mungkin benar-mungkin juga salah. kalau saya berpendapat ini karena perubahan cuaca dan kalau ingin mengetahui akan hari akhir, lebih baik baca alquran dan hadist, serta bertanya pada ahlinya, seperti alim ulama atau ahli lainnya.

kalau udah salju turun tuh, gimana unta di sana ya. mungkin kayaknya di kasih baju dingin. tapi ya pasti unik dan juga lucu kali kalau ada baju dingin spesial untuk unta. heheheheee

kan gurun di arab sana mungkin aja kurang lebih dengan gurun gobi yang ada di daratan china, nah ini juga kalau musim dingin ada saljunya. nanti malah ada yang nulis fenomena salju di gurun gobi pertanda akhir zaman. kalau ada ketereangan terkait dengan alquran dan hadist itu mah gak masalah, tapi asal berita aja dengan kebutaan referensi kan juga membahayakan buat lainnya ya mbak?

Hmm, pengalaman yang seru ya mba bisa menikmati langsung salju yang turun..tapi emang rada aneh sih kalo salju turun di daerah yg terkenal panas dan gersang itu tapi ya..entahlah, Wallahu a'la ta'ala bishawab

haha aneh tapi nyata ini mah di tempat gersang ada saljunya , indonesia kapan ya kedatangan salju pengen juga kaya orang bule main lempar lemparan

Saya koreksi ya, Saudi itu bukan di Sahara mbak. Sahara itu di North Africa. Mesir, Libya, Tunisia, Algeria, Marocco semuanya di North Africa, sangat jauh dari Saudi karena beda benua. Western Sahara bersalju karena ada pegunungan Atlas.

Terimakasih mas Mbah, komentarnya :-d kereennn.

Sbg muslim saya meyakini tanda kiamat yg tsb dlm hadits (sahih), pasti terjadi. Bhw wilayah arab akan kembali menjadi tanah yg subur banyak padang hijau … dst.

Namun kita tidak (tahu) bisa memastikan apakah Allah merubah padang pasir yg gersang menjadi subur melalui turunnya salju? atau yg lainnya. Hanya Allah yg tahu.

Onta dimasukkan ke kandang, pake selimut =D

Jika Mbak Zalfaa ke Tabuk-Saudi Arabia saat winter, akan ngalamin sendiri salju turun :) Tiap tahun. Insya Allah.

Kalo di Jakarta turun salju seperti di Tabuk-Saudi … baru lah aneh :p

Lempar-lemparan pasir pantai aja bro |o| Gimana kabar di sono kang Hajr lama tak sua smoga sll sejahtera.

Silakan mas Ardi Dan Bunda Susy :)

Kata "sahara" yang saya gunakan sbg keterangan negara Arab Saudi, bermakna umum, sebagaimana orang Arab Saudi menyebut الصحراءasshahra yang berarti padang pasir.

Agar tidak rancu dengan Gurun Sahara yang ada di Utara Afrika, pada artikel sudah saya ubah. Terimakasih koreksinya.

Kita kembali kepada ALLOH segala seauatu itu kemauNYA...iya kan? soal hujan salju itu fenomena alam saja...

mas Trik Pos :-bd iya betul.
fenomena dan segala yg terjadi di alam adalah kehendak Allah subhanahu wa ta'aala.

Aku baru tau mbak kalo di Arab Saudi musim dingin ada salju juga. Kirain cuma dingin suhunya yang dibawah rata rata aja. Rupanya beneran ada salju ya. Pasti seru tuh main salju di Arab Saudi.

Yoi mbak. Saat suhu menurun sekitar 20 derajat Celcius aja dinginnya udah poool. Apalagi dibawah 10. Berrrr ... dingiiinnya gurun pasir.

Saat ini suhu mulai menurun. MasyaAllah.

Siniii mbak, udah aku siapin selimut tebal :)

Komentar baik Anda menambah semarak blog ini. Barakallahu fiikum.

Copyright © * Mysweet Ladyluck. All rights reserved.