Kabsah Lahma Nasi Kambing Arabi Laziz

Resep andalan dapur sendiri ini jadi menu favorit. Rasanya sudah disesuaikan dengan selera nusantara namun keasliannya yang ngarab banget tetap berasa Kabsah Lahma Nasi Kambing Arabi Laziz.

kabsa nasi kambing arab
  
Seporsi Kabsah Lahma sekitar 60 reyal atau sekitar 200 ribu rupiah. Kalau bikin sendiri ya jelas lebih puaaass. Bagi yang kurang menyukai daging kambing saya sudah siapkan Nasi Arab Kabsah Dajjaj yang menggunakan dajjaj = daging ayam.

Di dapur selalu siap "mix spicy" yaitu campuran bumbu rempah yang terdiri dari ketumbar, merica, cumin, dll, dapat beli di supermarket, berbentuk butiran. Lalu saya blender kering dan simpan di toples untuk pirnti masak … praktis.

Beras yang biasa digunakan untuk Nasi Arab Kabsah adalah "ruz basmati" , Bulir berasnya ramping, panjang. Jika sudah matang, butiran nasi akan berpisah, tidak menggumpal. Harganya nangkring di tangga harga paling top.

bumbu nasi kabsa
No beras basmati .. No problemo.
Tuh saya pakai beras biasa ... tetap nikmeeet.

Ini dia ... (sszzttt rahasia dapurku) resep membuat Kabsah Lahma Nasi Kambing Arabi Laziz.
Untuk 2 orang.

BAHAN 
1 gelas beras, cuci bersih.
4 potong daging kambing, cuci bersih
1 genggam parsley/seledri beserta batangnya, untuk rebus daging
3 sdm olive oil untuk menumis

BUMBU 
1 bawang merah besar (atau bawang Bombay), iris
3 siung bawang putih, iris
5 butir cardamon (kapulaga), geprek
5 butir cengkih
1 batang kayu manis
1 potong jahe, geprek
2 lembar daun salam
1 buah lemon hitam kering
1 buah lemon segar
1 buah tomat, iris dadu
Garam, merica, secukupnya
1 sdt mix spicy
1 sdm pasta tomat

nasi arab kabsa kambing

CARA MEMBUAT
1.   Rebus daging kambing (bersama seledri) hingga daging empuk, sekitar 1,5 jam, sisihkan. Biarkan air rebusan daging jangan dibuang, nantinya untuk masak nasi. Batang seledrinya bisa dibuang.
2.   Ambil panci, masukkan olive oil, masukkan daging kambing dan bawang merah, aduk2 sebentar, masukkan semua bumbu, tumis hingga harum.
resep nasi kabsah arab

3.   Masukkan beras, aduk2 tumis sebentar, lalu masukkan air rebusan daging.
4.   Masukkan pasta tomato, aduk rata, cicipi rasanya.
5.   Masak nasi hingga air hamper surut, aduk2 merata, lalu kecilkan api, lanjutkan hingga air surut. Cek nasi, cicipi nasi apakah sudah empuk dan tidak lagi keras rasa biji beras. Jika kurang air, tambahkan. Lanjutkan hingga nasi matang, matikan api.

Kabsah Lahma Nasi Kambing Arabi Laziz biasa disajikan dengan pelengkap yaitu
1.   Jeruk Lemon, dikucurkan pada hidangan sesaat hendak disantap.
2.   Fresh salad terdiri dari mentimun, lemon, yoghurt
3.   Taburan bawang goreng atau kacang2an.
4.   Minumnya "laban" yaitu susu yoghurt.

nasi arab kabsa lahma

Olive oil, lemon, seledri/parsley, timun, yoghurt, laban … inilah sebagai pelengkap sekaligus penetralisir. Menyantap daging kambing Kabsah Lahma Nasi Kambing Arabi Laziz pun benar betul nikmaaat. Mariii siniiih ... "kulliii ... kulliii " (arabic = makaaan).

ARTIKEL TERKAIT



32 comments

enak banget kayaknya mba jadi pengin coba kebetulan ada daging kurban difreezer belum diapa apain cuma kali berasnya diganti biasa nggak apa apa ya mba?

Wah mantap banget mbak masakannya...
coba boleh bawa sini :D Haha

rumahnya belah mana mas? yg ada pohon beringannya :p ? bukannya itu alun2?

hahah bisa barengan gini lapernyaaa =D

Beras biasa bisa mas, saya yg itu juga pakai beras biasa.
Ini dia lelaki pilihan, siap eksekusi di dapur :-bd coba cicipin hasilnya mas....oh,lezato.

Hmm nyummy...!!
Pengen nyoba bikin sendiri euy lebih puaaas.. hehehe

gambarnya aja udah ladziit jiddan, pengen-pengen.

hmm kayanya enak banget, porsi nya juga kayanya mengenyangkan

Selamat mencoba mba, siap2 terpuaskan :)

na'am..., hayuk neng nambah nasinya...

terimakasih mba sdh menghabiskan sepiring kabsah lahma, alhamduliah :)

Wuih melihat dari warna bumbunya kayaknya racikan dan rasanya mantep banget nih ^^
penasaran sama beras basmati itu, hehe

Saya suka banget kuliner berbau arab... entah rasanya cocok di lidah... pengen nyoba resep ini tapi knp ya kok males bgt ngubek2 dapur...pengennya langsung makan....hihihi dasar ya pemalas... :)

Saya suka banget kuliner berbau arab... entah rasanya cocok di lidah... pengen nyoba resep ini tapi knp ya kok males bgt ngubek2 dapur...pengennya langsung makan....hihihi dasar ya pemalas... :)

Waaaa ini dia resep buat daging kurban yang enggak mainstream. hihihihihi

Tampilannya seperti nasi goreng ya mba, yang menyebabkan mahalnya Kabsah Lahma mungkin karena ada daging kambingnya yang menjadi bahan utama... Sisa daging Qurban tinggal 1 plastik lagi... pengen juga ngerasain Kabsah Lahma... :D

ngiler aku maaakkkk...delicious looks...nyamm..jago ih masak masakan timteng...keren...

menggiurkan sekali penampakannya mba heheh

Selamat berburu beras basmati, biar gak penasaran :) terimakasih ya sdh icip2 ...

ya saya tahu :p silakan ini special buat mbak, selamat santap Kabsa Lahma ...

langsung santaaap aja :) nambah gratis.

stop ngiler :) ambil piringnya, nikmati nasi kambingnya ... enjoy.

ho-oh mas, tampilan nasi goreng warna nasinya krn kecap. Klo nasi kabsah krn tomat (-nasi tomat).
Tadi daging kambing sisa terakhir saya panggang oven ... waaa apinya trll besar jd gosoong :( meski msh bisa dikais2 dagingnya yg tdk gosong bs dimakan ... hahahah

slmt mencoba mas :-d embeeee

... gimana rasanya, ayo nambah mba :)

maaakkk... mana laaaap? ada yg ngiler =D jago nekad iyah, ..hahah.
udah sekeren mba Dewi 'lum?... oleh2 Semarang nya dong..

Semoga Allah memberikan kemampuan dan kesempatan untuk menikmati hidangan ini langsung dari koki terbaik di salah satu bagian bumi terbaik ini. Amiin..

insya Allah, mas nurudin beserta keluarga diundang mjd tamu Allah.

Waah.. kebetulan ada stok daging kambing nih.
Gaya biar dikira bisa masak
Hihihii

ayo jgn ragu di-ulek2in ke bumbu daging kambingnya :p Bismillah, jadi hidangan lezaat.
yeaaahhh mb Ahliah ternyata jago masak euy ...

Komentar baik Anda menambah semarak blog ini. Barakallahu fiikum.

Copyright © * Mysweet Ladyluck. All rights reserved.