Ramadhan Di Arab Saudi Tiada Hari Tanpa SAMOSA

Assalamualaikum. Ramadhan sudah dekat…! Marhaban ya Ramadhan ...!

Ramadhan Di Arab Saudi Tiada Hari Tanpa SAMOSA saat "iftar" (buka puasa, di bulan Ramadhan). Selama di Saudi di bawah supervisi chef asli orang Saudi :) saya suka membuat sendiri samosa dengan berbagai varian  bahkan mencoba membuat kreasi varian samosa yang baru, original, tiada duanya. Perlu didaftarkan  Hak Cipta-nya ..hahay.

Bulan Ramadhan dimana umat islam di seluruh dunia menunaikan ibadah wajib Puasa, serentak. Seluruh muslim menjalankannya dengan sukacita, ridlo karena Allah. Saat iftar tiba, tiap keluarga berkumpul menikmati hidangan iftar bersama. Nikmat bersama keluarga (live) sungguh sangat mahal nilainya di jaman gadget modern ini.

samosa arab
Samosa Goreng
Apa yg menjadi hidangan favorit di keluarga Anda?

Mau tahu hidangan Favorit di keluarga ane? Tanpa nasi. Ini dia : samosa … 

SAMOSA
Samosa, samousa, sambousa, sambusak, samboosek begitu disebutnya berbeda karena perbedaan pengucapan, aksen lidah. Samosa adalah cemilan ringan, berbentuk khas "segi tiga", terbuat dari kulit pastry yang crispy, di dalamnya berisi daging kambing atau sapi, chicken, keju, telor, maupun sayuran seperti kentang, wortel, buncis. 

Rasanya gurih, asin. Paling pas disantap dengan "Shorbah Adas" sup kacang lentil yang juga gurih, atau "Sup Wortel yang Creamy"Saya gak mau repot ah bikin kulit pastry sendiri, tinggal beli di supermarket, 1 pak biasanya berisi 50 lembar kulit pastry. Untuk isiannya saya sering menggunakan "minced lamb" (daging kambing, cincang), daging ayam, keju, telor.

Jika menggunakan isian daging kambing selalu saya tambahkan daun coriander (daun ketumbar), banyakin aja, biar hhhmmm harum wangi coriandernya terasa banget … ini yang menjadi cirri khas "samosa arab", plus rempah lainnya yang tak kalah aromanya yaitu …'hel' (kapulaga).

samosa
Samosa siap goreng atau oven
Ramadhan Di Arab Saudi Tiada Hari Tanpa SAMOSA.

Ingin mencoba membuat samosa sendiri…? Cekidot dapurku :

Bahan Kulit :
1.       Kulit Pastry, beli jadi, available @ Supermarket.
2.       3 sdm terigu, larutkan dg sedikit air, untuk ngelem bagian pinggiran (akhir) kulit pastry supaya rapat.
isi samosa
Kiri : Kulit Pastry,  Kanan : isian daging kambing, chicken, keju, telor, jagung manis
Bahan n Bumbu Isian :
1.       2 genggam Minced Lamb (daging kambing cincang)
2.       2 sdm olive oil (minyak zaitun) untuk menumis daging.
3.       2 gelas minyak atau secukupnya, untuk menggoreng samosa.
4.       1 ikat daun coriander (daun ketumbar), cincang
5.       1 bawang Bombay, iris
6.       3 siung bawang putih, iris
7.       5 butir kapulaga, tumbuk halus
8.       1/2 sdt ketumbar halus
9.       Garam, merica, gula sejumput, secukupnya
10.   Paprika bubuk untuk rasa pedas sedikit. Yang tidak suka pedas, tidak perlu.
Cara melipat kulit samosa .. bentuk 'segi tiga'.

Cara Membuat :
1.       Tumis daging cincang hingga setengah matang, masukkan semua bumbu dan bahan, lanjut tumis hingga matang, angkat, sisihkan.
2.       Ambil 1 lembar Kulit Pastri, gulung/tekuk bagian ujung membentuk segitiga. Beri isian, lanjutkan gulung sisa kulit pastry membentuk 'segitiga' hingga bagian akhir kulit, beri/olesi dg terigu untuk mengelem. Masukkan ujung bagian kulit pastry ke dalam, sehingga bentuknya "segitiga". Lihat pada gambar.
3.       Goreng hingga keemasan, matang. Tiriskan gorengan pada tissue untuk menyerap minyak.
4.       Hidangkan, bisa dengan saus tomat, sambal botolan, yoghurt, dll.
samosa
Kulit pastry dilipat btk segitiga di bag ujung, siap diisi ...

Goreng atau Oven

Selain digoreng, bisa juga di oven. Caranya olesi samosa (yang sudah diisi) dengan olive oil, tempatkan pada Loyang yang sudah dialasi kertas roti, lalu masukkan ke dalam oven. Panggang kira2 20 menit hingga bau harum, warna kecoklatan, matang, keluarkan dari oven.

Simpan di freezer

Supaya tidak repot setiap hari bikin samosa, saya membuatnya dalam jumlah banyak, sekaligus, 1 pak kulit pastry saya habiskan, berisi 50 lembar = 50 buah samosa. Isinya bervariasi, ada yang daging kambing, daging ayam, keju, telor. Simpan di wadah tertutup rapat, kedap udara, simpan dalam freezer, awet lama.

Szzzttt .. ada juga kreasi baru, original, yaitu "samosa manis" yang di dalamnya saya isi dengan jagung manis ditumis dengan butter, gula, garam, kayu manis. Rasanya manis, wangi kayumanisnya haruuuum bingidz. Asli yang ini belum pernah saya jumpai di seluruh duniaaaa . Ini kreasi nekad ! Haha. Sayangnya kurang laku di lidah orang arab …. Jadinya teronggok lamaa di kulkas.

samosa
Samosa Oven

Ramadhan Di Arab Saudi Tiada Hari Tanpa SAMOSA 
so crispy, so delicious, so … bergizi.


 video : persiapan bikin SAMOSA, updated 6 April 2020

Selamat, jika Anda sudah mencoba membuat Samosa ... alhamdulilah berhasil.
Buka puasa dengan Samosa serasa di Arab. RAMADHAN MUBARAK ... !

Ma'assalamah

🌻Mysweet Ladyluck - ام صالح
Riyadh - KSA



ARTIKEL TERKAIT



86 komentar

Nggak jauh beda sama risoles iya mba isinya dan yang sudah jadinya tapi yang membedakan hanya dari segi bentuknya saja :) hihihi

hmm yumy banget keliatanya , mantap ya kalo di sajikan dengan sambal atau saos cabe :)

betul mb wida (y) lbh mengarah ke pastel. akan terasa beda jika lgsung nyicipi samosa arab, rasa daging kambing, daun coriander n rempahnya :) yg tdk/jarang dijumpai pd rasa indonesia.

sama, saya juga klo blm ktemu sambal rasanya kurang jozzzzh :) gitu mb vina

Samosa kalau diganti kulit martabak atau kulit lumpa bisa ya?..

Nikmat banget kayaknya mba apalagi isinya daging kambing cocok buat buka puasa

mas nandar emang kreatip :) bisa mas, saya pernah coba pakai kulit pangsit.

mari sinih cicipin, nikmat n jeknong.. mas dwi :)

Wah ini niru makanan orang indonesia yang namanya Sosis cuma bentuknya saja yang berbeda. Kalau disini kan isisnya irisan daging plus toge atau wortel. Boleh tu jika dipakatein, asal gratis :)

bukan nikmat lagi tapi lezaaat. mak nyusss

kalau disini kan emang kulit lumpia.

nimat lagi jika gratisan :)

ya ya..risol atau sosis. daging onta gimana ?

wah bs dicoba nih, varian terbaru, samosa isi toge .. n oncom.
siap lah buat kang Djangkaru mah :) paket dialamatkeun ke rmh yg mana? jgn rmh sakit yak.

good idea :) daging onta, available

pernah dibuatkan seperti itu mbak sama kawan, tapi katanya resep ala kadarnya, tapi mirip makanan arab. pada waktu itu gak tau namanya apa? rupanya samosa ya mbak. ok makasih ilmu. salam sahabat blogger.

szzzt gmn rasanya?.. mbah dinan ampe abis 7 bh :v eeit msh jg dibekelin bungkusan .
..alhamdulilah... klo suka ntar saya buatin di marih :)

jadi samosa sama dengan kolak ya ni?
kayanya kalau coba dibikin samosa ini kolaborasi dengan ubi cilembu...pasti makjleb deh ih

Jadi pengen nyobain.
"Tanpa nasi" berarti samosa ini bikin kenyang ya?

Kelihatannya keranci banget ya samosa :)
pengen nyoba

Enaaak temen enggane, apamaning gari mplok .. =D

Kuwe mau aku sing koment (Yati Chaniago) hehehe... (aku nganti kelalen duwe blog Cinta Karena Allah) ..

adooooh cucuuu Cilembu, nini ngalor si cucu ngidul, slisiban, beuh.. samosa bukan kolak.!(pake pentung).
yes good idea (tumben) lah samosa isi ubi cilembu (yg manis), apa daya saat itu tak ada ubi cilembu jd weee diisi jagung manis ... jadinya Sweet Samosa, by my Sweet Ladyluck :) makjleb n makjozz deh ih.

selama numpang bln puasa di saudi, iftarnya "tanpa nasi".
sizenya mini 1-2 suap. ya, makan samosa 20 biji kenyang :) mari mas Antaresa nambah lagi

kemriyik renyah kulitnya :) dlmnya daging kambing..yuk dicicipi mas/mb Andita

heeeyy Yati Chaniago :) saya sdh mampir di blog (sekalian naruh bungkusan) ... Cinta ...

mageh gari jel :) :-bd

wah ahli masak nih mbak,.kapan2 saya mau donk di buatkan menu untuk berbuka puasa,

saya sudah follow balik mbak blognya, salam kenal,salam persahabatan ya

wah jd grogi niy, menunya p Purnama kan kls resto besar @@,
tp siyaaap lah buat p Pur mah jd pahala, insyaa Allah :) okay tengkyu 4 following me

Sedapnya...saya ingin coba resep samosa yang manis..pasti enak ya..dengan adanya campuran kayu manis itu..
Terima kasih resepnya..dan juga kunjungan ke blog saya. Salam Kenal :)

Sedapnya...saya ingin coba resep samosa yang manis..pasti enak ya..dengan adanya campuran kayu manis itu..
Terima kasih resepnya..dan juga kunjungan ke blog saya. Salam Kenal :)

ur welcome kakak Fidah :0 kalau sudah coba resep, boleh share ya...
hasilnya pasti lebih sedap :-bd

Gak bisa buatnya hiks,
Kapan ya bisa icip-icip hasil kreasinya hehe...

saya jadi penasaran gimana rasanya samosa lewat lidah saya sendiri nih mbak.
bukan cuman dari ceritanya :D

tinggal bikin kang, noh dah ada resep2nya :p #istrimanaistri :v

agak mirip dengan risoles ya Mbak, ah jadi ngiller deh lihatnya, pasti kalau dimakan krenyes2 :D. makin nikmat aja jika disajikan menu berbuka puasa :D.
Oya mbak, blognya sudah saya follow balik, sebelumnya salam kenal :), salam blogger hehe

kayaknya enak banget nih mbak samosanya, kapan2 saya diajari donk cara bikinnya

sudah tak follow back ya mbak

jadi ngiler aku mba, hihihi untung hari ini belum puasa, salam kenal yaa

kang yanto : sok atuh kirim lidahnya marih, saya olesin semua rasa :D
kang hary : tah kitu coba bikin, dah pinter "melipat" nih ..lipat bukan "nilep" ^_^

ya mas mirip risol (dikit), risol kulitnya empuk krn dbalut lg dg tepung roti,
klo samosa kulitnya crunchy... lbh byk mirip pastel :)
sip atuh salam blogger kembali n thx 4 follow me back :-d

hayuk mb ina, saling ajar :) ok thx

ngiler? gpp mb ni ada lap :D salam balik plg manis darikuh @@,

Samosa banyak banget variannya. bisa pakai ayam, daging ataupun jagung manis ya...saya malah belum pernah merasakan Samosa rasanya seperti apa, T

Kalau saya sukanya samosa dengan isi daging kambing, Lebih gurih... :D

biasanya mama saya suka membuat samosa pada bulan ramadhan tapi sekarang jarang buat mba soalnya bosen hehe dan bentuknya persegi panjang :) engga bulet engga segitiga :D

haduh, ini baru jam segini nyasar ke postingan ini...huwaaaa...mana tahaaannn hahhaa...

ini yg :-bd buat mas mah yg isi daging kambing ..
maemnya sambil ngeliyatin sayah .... yg manis :D

yg persegi panjang mantabz tuh digigitnya .. puanjaaang :D lama habisnya

b cool ... tahan sedikit say =D .. ini sdh dibungkusin

sepakat banget tuh ni...nini bisa transferin daging onta ke cilembu ngga ni?...anak bungsu saya terobsesi banget sama daging onta...pliss kirimin ya ni...barter sama UBI CILEMBU deh...gimana?

Mirip martabak kubang atau martabak mesir. Daging kambingnya itu bikin mantap....

kalo ukurannya besar pasti lama habisnya mba :D pas ukurannya kecil pastilah cepet habisnya iya kan mba hihihi

mau bikin ah buat buka puasa, hihi

bisaaa cu.. transferin via Western Union :p
Apalagi dpt BARTERAN Ubi Cilembu ... jd semangat nih.
Slm yah buat si Bungsu ... biar cpt gedhe minum Susu Onta :-d

hayuk mas kips .. icip2nya sekarang bareng sm mas hary :)

ya mas ridha, martabak mesir saya suka .. daging kambing mantap.. jeknong :-d

hayuk mas rija, daging kambing lbh rendah kolestrol :-bd sehat buat jantung.

hahaha pinter nih neng ipah ... kcl bsr sama nikmatnya .. oh samosa :p

bukan cm mak nyuss .. pak nyuss juga ikutan joss =D

Kaya apa ya rasa samosa, aku belum pernah makan!

Iya gan, buat koleksi di meja makan anda

Saya belum pernah makan martabak mesir.

Emang mba Ipah pernah makan!

hayuk mas Dzaky ini sdh saya buatin. Iiih (pp) kelincinya imyuuutt, mmmm so lezato nih daging kelinci buat isian samosa ... next perlu dicoba SAMOSA Kelinci :-d

Apa Bisa juga samosa isi daging kelinci?

siapa takut? daging kelinci enaaaak :-d
wong pakai daging onta :p juga bisa ... coba geura atuh sok mangga

Saya suka Samosa, tetapi belum pernah buat sendiri. jadi pengen belajar untuk membuatnya.. Terimakasih sharingnya bu :)

sama2 mb Ani, dg membuatnya sendiri lbh bebas berkreasi.
slmt mencoba :) hslnya boleh share yaaa

Waaah pas banget mau bikin samosa. Tp samosaku sederhana mbak, cuma sayuran aku taburi bumbu kari biar ke-Arab2an heheee. Selama puasa ini memang mewajibkan diri buka puasa bareng anak2 meski kadang tidak buka puasa dirumah, yang penting nggak sendiri2.

hayuk mb Lusi dishare Samosa Vegie-nya :-bd spy aku bs niru ... isi sayuran, saya jg suka.
yoi bener banget, buka puasa brsm keluarga suasana lbh hangat ...barakallah :)
salam utk anak2 yaaa... aaah samosa bikinan mama Lusi uenaake mak jozz ludess dah.

SAYA JUAL SAMOSA ISI DAGING KELINCI DAN ANEKA OLAHAN KELINCI LAIN NYA, SEPERTI SOSIS, PATTY BURGER,NUGGET,BAKSO,PIZZA, SATE KELINCI MATANG AMUPUN FROZEN

CEK INSTAGRAM SAYA @rrtb_culinary
FB fans pages @rrtb_culinary
WA 08816008585

Thank you for supporting & Positive's Comments l Barakallahu fiikum.

Copyright © 🌻Woro Nur. All rights reserved.