SHORBAH ADAS (soup Lentil)

Assalamualaikum, RAMADHAN KAREEM ....

 Salah satu hidangan khas iftar (buka puasa) di Saudi Arabia adalah *shorbah adas. Baru kali ini tahu yang namanya *Adas ... Bentuknya bundar gepeng, ukurannya imuut banget, dan ooohh warnanya sungguh menggoda .. orange, ngejreeeng, kemasan plastik Masih asing buatku... pada kemasan tertulis *Zero Lentil ... nah apa lagi tuh.

Shorbah Adas
Middle Eastern Lentil Soup


sup kacang lentil


menjadi makanan favorit orang Arab, terutama saat bulan Ramadhan, sebagai santapan iftar, saat buka puasa. Pasangan klop banget jika disantap bersama dengan === baca selengkapnya

 *samosa, *khubz...tentang khubz sudah saya tulis terdahulu silakan klik khubz flat read/ pita bread .
Lentil adalah jenis biji-bijian yang sangat lumrah menjadi menu hidangan di Arab, sering dimasak sebagai *soup, dimakan dengan khubz (roti pita/ flatbread). Dengan cekatan Baba Thoyib langsung prepare masak.. akunya nyimak ... hihi.

Bulan ramdhan menjadi saat yang istimewa bagi umat muslim. Iftar (buka puasa) menjadi family time yang sangat hangat dan akrab dengan berbuka puasa bersama. Jadi inget candil, kolak, bubur sumsum, kolang-kaling, .. hikzzz.

shorbat adas lentil soup

Lentil adalah biji2an yang keciiil imut...aku amati, kupegang-pegang, lalu coba kucicipi mentah, kugigit, keraas .... agak2 seperti kacang hijau atau kedele rasanya, gurih... sambil mendengarkan celoteh Baba Thoyib di dapur, katanya namanya *Adas.


kacang lentil

Baba Thoyib paling suka soup yang kental, so ditambahkanlah kentang dan wortel yang sebelumnya direbus dulu nantinya diblender bersama Adas yang juga sudah direbus. Penambahan wortel selain menambah rasa juga menjadikan warna soup ini merah orange makin cantik menggairahkan ... gggrrrhhh. Shorbah sangat populer di Saudi Arabia sebagai hidangan berbuka puasa di bulan Ramadhan.

Sambil menunggu rebusan matang, sambil bikin adonan *Khubz atau roti yang menjadi makanan pokok di Arab, atau disebut juga *Roti Pita atau *Flat Bread. Adonan simple terdiri dari tepung terigu, tambah garam sebagai rasa, tambah air sedikit, uleni dengan tangan hingga kalis, lalu bulatkan, tempatkan pada wadah tertutup, diamkan 30 menit... kemudian dipanggang di oven. Khubz ini rasanya tawar, sebagai pengganti nasi.

khubz
Khubz... 

Tambah afdol jika khubz ditemanai dengan *Hummus, yaitu pasta yang terbuat dari kacang chickpeas, diblender, bumbui dengan garam, air jeruk lemon, dan extra virgin olive oil.

shorbah adas


Wuidiiihh.... Abah Thoyib benar2 sedang in the good mood rupanya ... ngoprek di dapur membuat hidangan lengkaaap : Shorbat Adas, Khubz, Hummus.  dessertnya : *Babousah dan Puding Caramel, ini juga Abah Thoyib yang bikin ... luarrr biasaaa dalam sehari refreshing di dapur dengan olahan kesukaannya.
Yeaaahhh... saya sibuk nyuciin perabotnya :)

shorbah adas


Tertarik mencobanya? Berikut resep yang dibuat di dapurku.
Bismillah...

SHORBAH ADAS ... LENTIL SOUP

BAHAN
porsi 2 orang. saya menggunakan ukuran 1 cup = 1 gelas = 230 gram.

1 cup lentil, cuci bersih, rendam.
1 bh kentang
1 buah wortel
1 bh jeruk lemon
1 genggam parsley, chop

1 sdm extra virgin oilve oil
1 sdm ghee or butter
1 onion, chop
2 siung garlic, chop
sejumput : cumin (jintan) + kunyit
sejumput garam, gula, merica bubuk.
1 batang (2 cm) kayu manis

sup lentil


CARA MEMASAK
1. Rebus kentang, wortel hingga matang, sisihkan.

2.Cuci bersih lentil, lalu rebus hingga empuk, angkat. Blender bersama2 (kecuali kayumanis) : lentil, wortel, kentang, hingga lembut.

3. Panaskan extra virgin oil olive dalam panci, tumis onion dan garlic hingga layu, tambahkan bumbu2 cumin, kunyit, tumis hingga harum. Masukkan lentil,wortel,kentang yang sudah diblender, beri air secukupnya hingga kekentalan soup sesuai selera. Kecilkan api, tambahkan garam, gula, merica, cicipi hingga rasa pas di lidah. Tambahkan butter, aduk rata... Angkat.

Lentill Soup


4. Beri air perasan jeruk lemon, taburi parsley... siaaap santaaap yuummm.

orange lentil

Jenis biji-bijian ini umum disebut dengan Lentil, Orange Lentil, Zero Lentil ...

Selamat menikmati soup centiiilll ... 
Terimaksih sudah berkunjung ... barokallah. 







ARTIKEL TERKAIT



Komentar baik Anda menambah semarak blog ini. Barakallahu fiikum.

Copyright © * Mysweet Ladyluck. All rights reserved.