Telur Gabus Keju Renyah


Kullu aamin wa antum bikhoir. Semoga keberkahan ada pada anda di sepanjang tahun 2015 ini.

Masih liburan ? ngemil yuuk.. saya bikin cemilan Telur Gabus menggunakan tepung kanji / tapioca, hasil lebih renyah. Yang lalu saya membuatnya menggunakan tepung terigu. Hasilnya garing agak keras dan "kemlethuk" mantab pas digigit… tetep aja ludes dicemilin terus.

telur gabur keju renyah


Pengalaman mengasyikkan selalu aja ada. --- baca selengkapnya

Setelah adonan diuleni hingga kalis, saatnya memilin adonan dengan cara menggosoknya dengan kedua belah telapak tangan .. ayo pilin terus ampe habiiss. Hati2 bisa jadi pandai "memelintir'..lol.

Setelah dipelintir adonan  dimasukkan ke wajan dengan minyak dingin agar hasil gorengan mulus tidak berbintil, hingga adonan cukup banyak, lalu nyalakan kompor, goreng dengan api sedang.  
Saat penggorengan berikutnya saya gak sabar nunggu minyak dingin, jadi adonan sisa saya masukkan saat minyak masih panas … iya bener deh, hasil gorengan berbintiiill dikiit.

telur gabur keju renyah


Emang sih enaknya pakai 2 buah wajan, jadi saat selesai menggoreng di wajan ke-1, matikan api, biarkan hingga minyaknya dingin. Sementara adonan berikutnya langsung masukkin ke wajan ke 2 yang berisi minyak dingin.

Hasilnyaaaa … renyah, kemremes. Kejunyaaaaa … terasaaa banget.

telur gabur keju renyah


Apakah sudah seperti yang dijual di toko-toko,…cantik putih mulus … wew gitu.

Ingin buat sendiri? Berikut seperti yang saya lakukan :

Bahan :
1 gelas  tepung kanji / tapioka
1/2 gelas keju  cedar parut
1 butir telur
1 sdm margarine
garam secukupnya.
Minyak untuk menggoreng.

telur gabur keju renyah

Cara Membuat :
1.       Campur semua bahan dalam wadah, aduk dan uleni hingga kalis. Ambil sejumput adonan lalu giling / pilin dengan cara menggosoknya dengan kedua telapak tangan.
2.      Tiap kali selesai memilin adonan langsung dimasukkan ke wajan yang telah berisi minyak dingin hingga adonan terendam. Lalu nyalakan api dan menggorengnya dengan api kecil/sedang, hingga kecoklatan, matang, angkat.  Matikan api hingga minyak di wajan dingin, lalu barulah masukkan adonan berikutnya.
4.      Tempatkan pada tissue untuk menyerap kelebihan minyak. Simpan di wadah bertutup agar tetap renyah.
telur gabur keju renyah


Apakah cemilan ini bentuknya menyerupai telur ikan gabus ? 
Ngemil teruuuuusss mariii…

ARTIKEL TERKAIT



Komentar baik Anda menambah semarak blog ini. Barakallahu fiikum.

Copyright © * Mysweet Ladyluck. All rights reserved.