LABNAH creamy yummy

Di Arab produk susu sangatlah terkenal dan mudah didapatkan baik di restoran maupun supermarket. Selain susu sapi, sudah pernah coba susu kambing? susu onta? Yoghurt merupakan salah satu hasil olahan susu. Jenis yoghurt ada yang cair bisa langsung glek minum (namanya laban), maupun yang lebih padat, yang disebut "labnah, labneh, labaneh". Produk yoghurt yang lebih padat ini (tekstur seperti bubur sum-sum/bubur lemu) biasa disajikan dengan "khubz", flat bread, roti arab yang berbentuk bundar, tipis. Labnah juga dapat dioleskan di permukaan roti. Atau dapat juga sebagai olesan sandwich. Di bulan Ramadhan majikan sering membawa pulang labnah yang dibeli di restoran, sebagai hidangan berbuka puasa. 

labnah labaneh labneh
LABNAH yang dibeli oleh majikan dari restoran,
aselinya gak pakai pisang ... sengaja aku tambahin .. hihihi sbg garnis.
Sebenarnya yang disebut *labnah itu ya sejenis cream hasil olahan keju ... banyak restoran di Saudi Arabia yang menjual hidangan khas arab, bentuknya bundar lebar seperti pizza ... yaaa disebutnya *labnah.. juga, gituuuu. 

Susu dan hasil olahannya sangat baik untuk kesehatan karena antara lain sebagai sumber -----

protein, mineral, vitamin dan kalsium. Kalsium bermanfaat bagi massa tulang dan berperan dalam mengatasi osteoporosis. Produk susu juga dimanfaatkan sebagai bahan kosmetik kecantikan tubuh dan wajah.
Beberapa produk susu antara lain berupa fresh milk, susu dalam kemasan baik berupa powder maupun cair, keju (cheddar, mozarella) dan yoghurt. Labnah merupakan produk berbahan dasar yoghurt. Kata yoghurt berasal dari bahasa Turkey diambil dari kata sifat yogun yang berarti padat, tebal. atau dari kata kerja "yogurmak" yang berarti "memijat" dan kemungkinan berarti membuat padat - bagaimana yoghurt dibuat.

Kembali ke LABNAH, teksturnya yang creamy dengan rasa yang gurih sangat digemari baik orang tua, muda maupun anak kecil. Di supermarket : Panda, Tamimi (@Riyadh), labnah tersedia dalam berbagai merk dan ukuran, seperti di bawah ini.
 
 
labnah labaneh labneh
Ada yang menyebut : LABNAH..LABNEH..LABANEH, tersedia di supermarket
dengan berbagai merek (dok. pribadi)

 LABNAH buatanku... saking doyannya saya coba oprak oprek di dapur sendiri... saya pikir ... mmm mennggunakan adonan pizza.... sip!

labnah labaneh labneh
Labnah buatanku 



LABNAH dengan tekstur yang creamy.. yummy...


LABNAH hasil dapurku :
Bahan : Labnah, Adonan Pizza (terigu,yeast/khamir/ragi instan,freshmilk,garam,gula). Adonan pizza nya sudah saya posting bisa lihat klik di sini.
Cara membuatnya gampang. Labnah dioleskan pada adonan pizza, lalu dipanggang di oven.
Sajikan dengan siraman madu .. tambah laziiiiss deh. 



labnah labaneh labneh
Adonan pizza yang sudah diolesi dengan Labnah

Terimakasih sudah berkunjung.... salam manis :)


 
 
 

ARTIKEL TERKAIT



Komentar baik Anda menambah semarak blog ini. Barakallahu fiikum.

Copyright © * Mysweet Ladyluck. All rights reserved.