PIZZA - ADONAN DASAR

assalamualaikum, semoga allah memberikan hidayah kepada kita semua. amin.
Ingin rasanya bisa membuat pizza sendiri...kenapa tidak? Tapi gak punya alat takar (timbangan)? Semua resep yang kujumpa menggunakan alat takar (timbangan).

Saya inget ibuku pernah mengajariku *ilmu kira-kira...1 gelas peres terigu setara dengan 130 gram, dst...masih tersimpan di buku resep ibuku. Buku resep ini sudah berusia 20 tahun-an, dengan tulisan jadul ibuku...miring-miring gituuu tapi rapiiii banget. Jadilah aku menggunakan ilmu kira-kira. Wadah youghurt aku re-use jadi alat takar (cup).

Ini hasil ngoprek membuat pizza dengan aneka variasi topping :  pepperoni, chicken, tuna, vegie, egg, beef, bean, cheese, labnah, bahkan habatussauda, next akan saya posting. Hal yang juga penting adalah membuat *adonan dasarnya / curst. Untuk toping-nya...suka sukaaaa sajalaaah sesuai seleraaaa.




Langkah2 membuat adonan dasar pizza
Ini resepnya, untuk pizza 1 bh berdiameter 30 cm --------- baca selengkapnya
ALAT : loyang, cup untuk menakar (saya menggunakan cup plastik wadah youghurt plain 180 ml), sendok teh, wadah untuk menguleni adonan.
ADONAN : A. Crust / roti pizza
                      B. Saus untuk olesan
                      C. Topping (lapisan atas)

BAHAN A : untuk CRUST / roti dasar pizza :
Tepung terigu 1  1/2 cup.
Air hangat 1/2 cup.
Ragi instan/yeast 1 sdt.
Baking powder 1/4 sdt.
Garam 1/2 sdt.
Gula pasir 1 sdt.
olive oil 1 sdt.

BAHAN B : SAUS olesan
1. Saus tomat, pasta tomat, garam, gula, merica. Aduk semua cicipi hingga rasa pas sesuai selera.

BAHAN C : TOPPING (taburan, lapisan atas)
1. Keju mozarella. Keju ini bertekstur lembut, meleleh saat dipanggang, mulur (elastis), dalam mulut rasa ada yang narik-narik, kenyal gituuu. Jika terpaksa banget yaahhh pakai keju chedar juga ok. pilih yang *melt...meski sensasinya tidak sehebat mozarella.
2. Tomat segar, iris bundar atau sesukanya.
3. Paprika, onion, garam, gula, merica, (chicken,beef,pepperoni,tuna ... terserah selera), tumis dengan olive oil, sebentar saja hingga harum. Cicipi hingga rasanya pas di lidah.
4. daun *basil, penambah harum aroma sungguh pizza banget. Tidak pakai daun basil juga tidak apa.
CARA MEMBUAT ADONAN CRUST / roti dasar pizza
1. Campur ragi dengan air hangat, aduk, diamkan sebentar.
2. Campur tepung dengan garam, gula, baking powder, aduk rata dengan sendok.
3. Masukkan air hangat yang bercampur ragi ke dalam adonan tepung, aduk dengan sendok.
4.Tambahkan olive oil, aduk dengan sendok.


proses fermentasi : diamkan adonan yang telah ditutup rapat, selama 1 jam.

5. Mulailah menguleni adonan dengan tangan, ringaaan tidak perlu tenaga super kuat, karena adonan lembut. Cara menguleni dengan gerakan tangan seperti sedang mencuci baju gitu. Dari bagian luar adonan, arahkan adonan ke dalam lalu gilas ke arah luar. Adonan dalam keadaan tetap menyatu, tidak terpotong/ sobek.
6. Uleni hingga kalis. Jika kurang air tambahkan air (sedikit demi sedikit), jika kurang tepung tambahkan tepung (sedikit demi sedikit). Bulatkan adonan.
7. Tutup adonan dengan plastik, diamkan selama 1 jam. Saatnya ragi/yeast menjalankan tugasnya.  Sementara itu siapkan SAUS olesan dan TOPPING
8. Setelah didiamkan 1 jam maka hasil adonan pizza akan mengembang 2x lipat.


adonan siap diberi toping
9. Pipihkan adonan di loyang. Mau bentuk bundar, persegi panjang, bujur sangkar, segitiga, love, suka sukaaaa deh. Sementara itu sambil memanaskan oven.
10. Olesi dengan saus.
11. Beri topping.
12. Masukkan ke dalam oven hingga tercium harum, segera matikan oven. Matang deh...siapsantaaaap.Saat memanggang di oven menjadi tahapan yang memerlukan kejelian karena masing-masing oven memilik karakteristik sendiri.
wadah yang saya fungsikan sebagai takaran.
wadah fresh yoghurt 170 gr. Kadang saya menggunakan gelas plastik. 

Meski pernah gagal, melalui tahap gosong bagian bawah crust, juga ngalamin gosong kejunya (topping), tapi yaaaa tancaaapp terus mencoba lagi ... hingga sekarang merasa *gak malu dan gak malu-maluin lagi untuk menyuguhkan pizza buat majikan dan keluarga, juga kepada tamu yang datang, ataupun sebagai hantaran saat berkunjung ke sahabat, kerabat, saudara.

daun *basil bentuk serbuk kasar, mudah didapat di supermarket.
Selamat mencoba, saya tunggu sharing-nya. Mau copy-paste silakaaan, dengan mencantumkan link hidup/aktif. Ketemu lagi yaaa di episode pizza lainnya ....
Terimakasih sudah berkunjung...silakan menu lainnya yang tak kalah menarik, lihat daftar isi di bawah ini, tinggal pilih..... salam hangat :)

ARTIKEL TERKAIT



Komentar baik Anda menambah semarak blog ini. Barakallahu fiikum.

Copyright © * Mysweet Ladyluck. All rights reserved.