MARAK LAHMA Sop Kambing Arab Tanpa Santan Laziz Wal Afiah

Jangan takut makan daging kambing. 

Yang perlu diperhatikan adalah mengenal kesehatan diri. Pola makan yang baik. So siap bersantap hidangan laziz penuh Barakah wal Afiah. 

Resep ini saya dapatkan dari Mama Noura wanita asli Saudi saat saya berkesempatan diundang makan bersama keluarga beliau. Resep ini sudah berkali-kali teruji di dapur sendiri.

sop kambing arab

Di Saudi Arabia, daging kambing menjadi primadona olahan berbagai masakan.
Gak yakin deh sahabat udah pernah ngerasain yang ini :

# Pizza Daging Kambing
* Burger Daging Kambing
# Shawarma, Sandwich, Kebab, ... alla about kambing.

Aseliii saya juga pas pertama kali makan Pizza Kambing, sama sekali gak ngeh, kagak ada bau kambingnya sama sekali.

Di hari ini saya masakin menu istimewa buat sahabat semua ... #embeeee ...

MARAK LAHMA Sop Kambing Arab 
Tanpa Santan Laziz Wal Afiah

Bahan
1/2 kg daging kambing, rebus hingga empuk. Air rebusan saring, sisihkan.
1 buah jeruk Lemon. Iris, sisihkan untuk disajikan terpisah.
1 buah wortel, iris
1 buah kentang, iris
2 iris nanas (kaleng atau segar),

Bumbu
1 buah tomat, iris
1 sdm pasta tomat
1 buah paprika, iris 
1 ruas jempol jahe, geprek
1 bawang Bombay, iris
3 siung bawang putih, iris


3 cm kayu manis
7 butir cardamom (kapulaga)
7 butir cengkih
1 ikat seledri, pisahkan daun dengan batangnya. Daunnya untuk taburan sop.
1/2 sdt sdt kunyit bubuk
1/2 sdt cumin (jintan)
1/2 sdt curry/kari  bubuk
1 sdt bumbu jadi mix spicy serbuk (terdiri dari ketumbar, dll, tersedia di supermarket)
2 sdm olive oil / minyak zaitun (atau minyak goreng lainnya) untuk menumis
Secukupnya : Garam, gula, merica bubuk


Cara Membuat

1. Siapkan daging kambing, cuci bersih.
2. Rebus daging dengan air sedikit hingga mendidih. Biarkan mendidih 10 menit. Buang airnya.
Ganti dengan air baru, lanjutkan rebus.
3. Masukkan kentang, wortel, batang seledri. Untuk kentang dan wortelnya jika sudah empuk segera
diangkat duluan lalu sisihkan. Lanjutkan rebus daging hingga empuk.
4. Jika nggak suka rempahnya tergigit, kuah bisa disaring, sisihkan. Tidak disaring juga tak apa.
5. Panaskan minyak, tumis semua bumbu hingga harum.
6. Masukkan daging, kentang, wortel.
7. Masukkan air rebusan daging, panaskan sambil Koreksi rasanya hingga pas di lidah Anda.
8. Hidangkan dengan taburan daun seledri  dan potongan nanas.

soup kambing

MARAK LAHMA Sop Kambing Arab Tanpa Santan Laziz Wal Afiah
*Marak = kuah, soup .. Lahma=daging ... nyammm lezaaat dan sehat.

Tuh kan ... ampe tandaaas gitu tak tersisa setetes kuah pun.
Lho itu yang netesss tesss ... apa an ? O please deh ... 

ARTIKEL TERKAIT



18 comments

Mbaaa jadi lapar...hiks..maaf lahir batin yaa, met IdulAdha :*

Kalau cara memasaknya sih sudah jelas,, toh tinggal liat resepnya disini,,, tapi yang sering jadi permasalahan ibu2 didapur dan sering kena komplen anggota keluarga lain itu adalah lemak yang berada di dagingnya,, terutama untuk daging sapi,, udah direbus sampai 4 kali tetep aja lemaknya masih banyak...

mba Dewi Rieka : mana piringnyaaa?
terimakasih, sama2 .. Eid Mubarak :) enjoy senang kumpul bersama keluarga.

kalo di saudi serba kambing ya, hemm.. belum pernah makan pizza daging kambing keknya enak deh.

bumbunya banyak juga ya mba. cara membuatnya gak terlalu susah.
menggoda banget jadinya.

Selamat Idul Adha

Pilih bagian yang sedikit lemaknya.
Dibuangin dulu lemak diantara serat daging sapi nya.

Itu sapi montok banget, Kalo dibikin steak or sate mantab, "juicy" mak nyuszh.
Siiip kang Ahmad Z niy pengetahuan perlemakan :D

iya mas Adi LA, banyak hidangan serba kambing : pizza, burger, shawarma, kebab, dll

sepertinya paling mudah dibuat sop, tapi paling sering kambing dibuat sate :D

Waduh, ngiler liatnya. Baru tahu ada menu seperti ini. Biasanya makan sop kambing selalu pake santan. Yang ini lebih sehat, ya. Tfs...

Lama Tidak bersua. langsung disajikan Sup daging, kemarin daging kurbannya kebanyakan di buat rendang dan serundeng. Pasti lezat kalau tanpa bau daging kambing

ini pak suami sama keluarga di rumah saya senang banget nih sama sop kambing, sayang akunya gak suka daging kambing mbak

sangat yakin dan pasti jika olahan sop kambing arab tanpa santan tentunya menjadi lebih aman dari isme kolesterol tinggi, jadi saya neggak bakalan takut dong makan sop kambing arab ini mah....kirim dong ke cilembu....ehh

buat mba Sari dua2nya is ok lah .. siaaap soup & sate :)
terimakasih udah nyicipiiiin.

hallooo teh Nia, soup kambing "Cikapundung" pake santan or susu? mak nyuszh :D
Saya kalo bikin pilih yang enggak pake santan ..
terimakasih teh sudah icip-icip di sini.

wuidih "rendang" sudah lama saya pengiiin banget coba bikin. Mantaabbz tuh.
iya mas A.Fazri, kenapa yah kambing arab enggak bau ?

bu isteri cukup melihat kerjap2 aja :D nemenin pak suami menyantap soup kambing.
srupuuttt... kuahnya tandas, abis !

terimakasih mba Evri, boleh dilihat saja ..haha.

wallah .. sueger cenghar Mang Lembu.
siyaaap kirim ke cilembu anu rumah di tonggoh tea?

Aiiihh, jadi lapar nih liat poto sop kambing ini. Sayang telat nih baca postingan ini, lebaran adha kemaren kan banyak dapat daging kambingnya. Karena nggak bisa masak kambing tak kasih orang#sedekah

hayyy mbak, ntarnya ntu daging kirim kemari .. ane masakin dah.
special buat mbak Iyah cantik :)

Komentar baik Anda menambah semarak blog ini. Barakallahu fiikum.

Copyright © * Mysweet Ladyluck. All rights reserved.