Semarak Buka Puasa di Saudi Berlomba Bersedekah Terbesar Sedunia

Tak terasa Bulan Ramadan sudah menginjak lebih dari 10 hari, rasanya waktu cepat berlalu di suasana panas Saudi yang menyengat 45-50 deg C, masyaAllah nikmatnya. Kedermawaan orang Saudi nampak lebih-lebih lagi saat Ramadan.

saudi arabia
buka bersama di rumah Mama Noura
Hampir tiap keluarga saling mengundang santap buka bersama. Disini terasa sekali keakraban dan kemurahan hati, seperti saat kami diundang buka bersama di rumah keluarga Mama Noura (orang Saudi aseli).

Mari saya perkenalkan menu buka puasa yang seruuuu ini :

1. Kurma, pada gambar ada dalam wadah putih yang masih tertutup.
2. Air putih dalam gelas
3. Khubz, roti masih dalam plastik, bawah ujung pojok kiri ... lalu searah jarum jam yaaa ...
4. Shorbah, warna coklat, soup atau bubur terbuat dari semacam gandum, rasanya gurih
5. Puding buah aprikot, warna coklat lebih tua, rasanya segeerrr asam manis.
6. Fresh yoghurt, dalam kemasan hijau
7. Fresh cream, alam kemasan biru
8. Harissa, bubur white oat, rasanya manis.
9. Halua, dalam piring kotak putih, cemilan rasa manis
10. Samosa, di tengah, bentuk segitiga, gorengan dengan kulit pastri berisi daging kambing or keju
11. Macarona, dengan taburan keju dan buah zaitun
12. Buah kaleng : Nanas dan buah aprikot
13/ Buah segar : pisang, mangga, jeruk, cherry, anggur, semangka. 
14. Minumnya 3 galon, 3 macam, yaitu air putih, juice anggur, juice jeruk.

Ada yang aneh !? ... ternyata enggak pake nasi .. oh !

Ini nih pengalaman baru menyantap kurma. Kebiasaan makan kurma dicocolkan ke keju / fresh cheese cream. hhhmm rasanya lebih seruuu, manisnya kurma beradu dengan gurihnya fresh cheese cream ... yummmyyy bangeettt.. Setelah dibuka dengan kurma dan air putih... lanjuuut hajaaarrr semuanya ...hehehe.

***

Diantara teladan Rosul shalallahu alaihi wa sallam yaitu makan kurma dengan keju.
Sebagaimana yang diriwayatkan dari kedua anak Busyr As-Sulamiyyain, mereka berdua berkata :

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam pernah mengunjungi kami, maka kami hidangkan kepada beliau, keju dan kurma kering, sedangkan beliau shallallahu alaihi wa sallam sangat menyukai keju dan tamr (kurma kering).[HR Abu Dawud no 3837 dan Ibnu Majah no 3343]..

Makanan Gratis Dimana-mana

Menjelang iftar (buka puasa) suasana makin semarak. Dimana-mana banyak digelar "buka bersama bebas untuk umum gratis".

Di jalan banyak yang memberikan paket makanan gratis. Bagi pengendara yang sedang di jalan sedekah makanan ini sangat membantu.

Di mesjid, di perumahan, di rumah2 saling mengundang orang untuk berbuka bersama. Makanan dari nasi hingga roti, minuman air mineral botol, aneka jus buah, yoghurt dan buah-buahan menjadi sajian marak gratis bagi siapa saja yang datang, baik muslim maupun non muslim.

Biasanya yang sering nampak menikmati gelaran buka bersama ini para pekerja pendatang dari Pakistan, India, Bangladesh, Philipina, Indonesia, Egypt, Suriah, dll. Nah yang ini termasuk nasi kumplit lauk (nasi kasah).Tiap orang dapet 3 macam minuman : air mineral, juice buah, susu yoghurt.

saudi arabia
buka bersama, gambar dari Sayeed Kalba Kaif, WNI di Jeddah.

Warga berloma-lomba meningkatkan sedekahnya.

Kami emak2 di rumah pun membuat sajian untuk sedekah saling dihantarkan ke tetangga rumah, saudara, kerabat. Menu wajib Ramadan adalah kurma tentu saja. Makanannya "shorbah dan samosa". Shorbah adalah sejenis soup biasanya terbuat dari "adas/lentil. Yaitu Sejenis kacang-kacangan yang diblender sehingga soup terasa lembut di perut namun penuh gizi. Sedangkan "samosa" adalah sejenis pastel/pastry dengan isian daging kambing bumbu rempah.

Menjelang iftar, mempersiapkan makanan buka puasa serta mengantarnya ke masjid dan orang2 yang membutuhkannya, setiap hari selama Ramadhan. Makanan terdiri dari Kurma, Shorbah, Harissa, Samosa, *Khubz (roti), Juice, Yoghurt, *Gahwa kopi arab, dll.

siapin sedekah makanan & minuman tiap harinya
Menu wajib lainnya adalah minuman "laban" (yoghurt arab) kemasan botol tinggal glek .. sugerrrr !Tradisi berbagi di kalangan warga Saudi Arabia terlebih saat bulan Ramadhan begitu indahnya.

Berbuka puasa dimulai dengan minum makan kurma dan minum air putih. Terhidang 3 macam kurma : kurma basah yang maniiis an lembuut, kurma 2 warna yang setengah matang, masih ada kres2nya renyah, lalu kurma kering yang ukurannya cukup besar.

Restoran Herfy
Restoran Tutup

Restoran tutup hingga menjelang buka baru buka. Tak ada spanduk bertulisan "Maaf Restoran Tutup Hingga Waktu Iftar" pun warga sudah tahu,  kesadaran adab di bulan Ramadan sudah melekat pada masing-masing individu. Didukung oleh Pemerintah yang selalu mengingatkan warganya dalam berperilaku keseharian. Polisi syariah yang bertugas menangani urusan amar maruf nahi munkar selalu berpatroli sambil menyerukan himbauan untuk warga.

Di kesempatan lain dapat undangan berbuka puasa di tempat lain.  Yang ini hidangan buka puasa di rumah Mama Dalia (orang Saudi aseli). Berikut hidangannya ....

buka bersama di rumah Mama Dalia

Hampir samaaaa di setiap keluarga Saudiyin
Lagi-lagi Ada yang aneh  ... nasi  nya mana? .. oh, no rice ! ... 

Itu ada yang hijau di mangkok hijau, adalah *molokhia, sejenis sayuran seperti bayam, berlendir ... rasanya adhem liciiiin di tenggorokan ... mak legenderrrr langsung deh lari ke perut enggak perlu dikunyah. Molokhia ini dimakan dengan *khubz (roti). Lalu yang di mangkok kecil warnanya agak kuning coklat, itu puding custard.

Selalu ada *Shorbah dan *Samosa, hidangan khas Ramadan.
Yang penasaran dengan SAMOSA silakan intip resepnya Ramadan di Saudi Tiada Hari Tanpa Samosa sudah saya tulis special buat pembaca.

Anggur salah satu buah fav.
Buah-buahan selalu ada beraneka macam.

Nah gambar di atas ini, yang di mangkok adalah *Harissa, bubur dari white oat, rasanya manis. Buah anggur merupakan salah satu uah yang populer di Saudi, selain semangka, apricot, plum, tin. Hampir setiap saya dapat undangan makan, ada terhidang buah anggur.
 
Makanan pokok orang Arab adalah roti. Baik yang flat datar bundar maupun yang panjang lonjong dengan ukuran yang jumbo, Hampir semua keluarga Saudian yang pernah kami diundang berbuka puasa, "tanpa nasi". Kini perutku udah bersahaat berbuka puasa tanpa nasi.

Berbeda dengan gelaran sedekah makanan buka puasa untuk umum, dimana biasanya dipenuhi oleh para pekerja pendatang, biasanya termasuk paket nasi lengkap. Jangan khawatir .. berpuasa Ramadan  di Saudi, tinggal pilih tempat, duduk, makan.

buka bersama di mesjid Nabawi, Madinah
Buka Puasa Bersama Terbesar di Dunia di Mesjid Nabawi, Madinah.

Lebih dari 12.000 meter taplak digelar.
Melayani sekitar 300.000 muslim.
Sajian termasuk 130.000 liter air zam-zam,
50.000 liter qahwa arabi (kopi arab),
50.000 liter yoghurt & susu. 50.000 liter jus buah.
300.000 roti.
40 ton kurma

menghabiskan biaya sekitar 1 juta reyal atau sekitar 3 Miliar ... tiap  harinya selama Ramadan. Disponsori oleh para dermawan dari Saudi termasuk keluarga Kerajaan.
[ Oleh AL Ustadz Abu Abdillah Syukri, via akun facebook Hadis Shahih ]

***

Bayangkan sampahnya ... apa enggak bikin kotor mesjid tuh ???

O ... amazing! Dalam waktu sekitar 15 menit, tempat sudah "bersih kinclong kembali". Para pahlawan team kebersihan dengan cekatan langsung beberes. Pelayanan terhadap jamaah sungguh luar biasa sebaik mungkin.Tempat pun siap untuk digunakan sholat maghrib. [Seperti yang penulis saksikan tiap harinya live on tv Saudi.]

MasyaAllah tabarakallah. Pelajaran berharga dari Negeri Tauhid.

Semoga Allah memberkati kita semua di bulan ini.

Masalamaaaaahhh ... !

Ditulis di Kota Riyadh, ibukota Negara KSA Kingdom Saudi Arabia.
Mysweet Ladyluck, 19 Juni 2016.

ARTIKEL TERKAIT



17 comments

Cukup aneh juga ya, menu buka puasa tanpa nasi, trus makan kurma cocol keju rasanya tentu unik ya mbak...

mungkin kalau langsung makan dikhawatirkan bisa slangsung kenyang banget ya mbak, sehingga sholatnya jadi kurang khusyuk.. Hehehe
#pendapat pribadi

hihi saya juga baru ngerasain di sini mas Maman, sekarang jadi kebiasaan,
ternyata enaaak makan kurma dicocol keju, saya suka keju fresh cheece cream.

Wahh seru juga mba banyak banget :) Tapi kalau saya kurang cocok deh karena gak bisa buka tanpa nasi :D So lapar laper banget mba.. gak kenyang kalau cuma kurma doang :D hha

Alhamdulillah taon ini saya udah makan kurma beberapa kali, tapi tanpa dicocol keju lhoo, hehehe....

supaya kenyang makan kurma-nya yang banyak kang h h h h...

kalau udah kenyang, kurmanya bawa pulang pake keresek item, buat bekel saur

momen dari segala momen bersedekah yang dianjurkan dan sepertinya haruslah kita juga berlomba untuk segera bersedekah di moment ramadan ini...yu atuh-ah

Subhanallah, pengen cobain buka puasa di saudi :)

Subhanallah, kereennn ya mbak Lady. Ramadhan memang luar biasa, apalagi di KSA yang terkenal kaya raya dan semua penduduk sudah terbiasa bersedekah buka puasa buat teman atau tetangga. Bayangkan apabila itu berlaku di Indonesia dengan jumlah penduduk kaya jutaan, pasti para fakir miskin akan merasa kenyang setiap hari, aamiin :)

Dan penanganan kebersihan perlu dicontoh habis tuh, mereka segera membereskan tempat untuk sholat demi ridho Allah SWT. Memang sih ya, segala sesuatu kalau dikerjakan karena Allah pasti langsung beres tanpa ba bi bu :))

Wah seru mbak dapat pengalaman baru, bisa buka di tempat lain dengan menu buka puasa yang berbeda juga.

Ah... mbak bikin iriiii... kangen semua dengan makanan-makanan itu, selain laban cobain zabadi deh mbak dijamin juga suka :)

makin semangaaat di 10 hari terakhir Ramadan.
mantaaabbbz Mang Lembu teaaa atuh :-bd

Hahaha mas Effendi sama-an atuh jeung sayah perut nasi.

Sudah adaptasi buka dg kurma, keju, minumnya "laban" yoghurt arab...kenyang.
Abis sholat, taraweh .. lanjuuutkan main menu :D

insyaAllah mba Kanianingsih :)

Begitu pula yg saya rasakan mas Eksa. Kalau kekenyangan males sholatnya.
Seharian perut kosong kalau langsung dihajar menu berat .. kasihaaan kan ?

Nah selesai sholat .. oke lah lanjuuutkan santaap lagi :D

pantesan di tempat Mang Lembu banyak keresek item :D

Komentar baik Anda menambah semarak blog ini. Barakallahu fiikum.

Copyright © * Mysweet Ladyluck. All rights reserved.