Resep Kue Lumpur PUMPKIN Lembut Legiiit

Ini kali perdana membuat hidangan dari bahan dasar "pumpkin" ( labu kuning), waluh. Warnanya yang kuning cantik, dengan kismis di atasnya, serta lembut di mulut. Enak disantap saat hangat maupun dingin dari kulkas.

pumpkin cake

Pumpkin (labu kuning) biasanya dikolek, atau dibikin candil … waaa nuansa Ramadhan banget yah. Di negri lain pumpkin dibentuk dengan cara dilubangi menyerupai mata dan mulut, agak2 serem.. buat nakut2i kaleee saat "hallowen party"… weeew kagak atut wew ..!

Pikiran saya sudah terbius dengan jajanan kue yang biasa dijual "tenongan" yaitu wadah jajanan terbuat dari anyaman bamboo sejenis tampah bertutup, cara bawanya dengan disunggi di kepala. Jadi teringat ibu2 yang jual ini .. langganan kalau lewat depan rumah selalu menawarkan dagangannya …'kelemaaaan mbaaa…".

Kue lumpur .. itu dia. 
Kue Lumpur Pumpkin Lembut Legiiit

pumpkin
PUMPKIN ..labu kuning, waluh
Siap2 eksekusi di dapur. Meski tidak punya wajan / cetakan kue lumpur, lanjuuut aja. Udah kebayang saya mau coba saja pakai Loyang cetakan muffin yang isi 6 buah … kudu berani atuh.
Jadi itu cetakan muffin aku pakai dengan api langsung dari kompor. Sreennggg .. baru beberapa saat kok udah tercium bau 'sengit/gosong'. 

Tapi adonan masih cair lembek gitu alias masih mentah. So saya biarin aja dg mengecilkan api. Buru2 nyalain blower .. itu bau sengit/gosongnya biar minggaaat.
Sepertinya udah matang .. saya matikan api, biarkan kue dlm cetakan hingga agak dingin. 

Bener uhuy pas dikeluarkan daricetakan, mulus nggak lengket. Tapi ituuuu … sebagian pinggirnya menghitaam .. hu hu .. Kalem ajah, coba dicicipin .. wuenyaaak mak .. !

kue lumpur
Korban Lumpur ... ada yg gosong pinggirnya hikz 
Selebihnya, saya selesaikan dengan dipanggang di oven saja.. Alkhamdulilah hasilnya mayaaan. Okelah .. dengan ini saya beranikan share.

Resep Kue Lumpur PUMPKIN Lembut Legiiit :

kue lumpur

BAHAN 
                       
1/4 kg Pumpkin, kukus, haluskan.
1 gelas susu cair atau (2 sdm susu bubuk campur dg air matang hingga 1 gelas)
5 sdm gula pasir
3  sdm butter
Sejumput garam
Sejumput vanilla
5 sdm terigu
1 telur, kocok dg garpu.
Kismis untuk garnis (hiasan).

Hasil : Jadi 12 buah.
resep kue

CARA MEMBUAT

1.       Pumpkin (labu kuning)+susu+gula+butter+garam+vanilla, panaskan hingga hamper mendidih, matikan api.
2.       Siram sedikit demi sedikit ke tepung terigu, sambil diaduk2 tepungnya hingga rata tidak bergerindil.
3.       Masukkan telur, aduk rata.
4.       Masukkan ke dalam cetakaun/Loyang yg sudah diolesi butter dan ditaburi tepun., Oven 10 mnt, keluarkan, beri  kismis di atasnya, masukkan oven lagi hingga matang yaitu permukaan atas sudah tidak basah.
Kue lumpur ini teksturnya tidak seperti bolu atau cake, namun agak lembek. Dibiarkan sesaat kue menjadi lebih padat namun tetep lembut. Dapat disimpan di kulkas, kue menjadi lebih padat lagi. Enak juga disantap setelah disimpan di kulkas. Jika ingin hangat, panaskan dengan dikukus .. yummm kue menjadi lembuuutt klenyed-klenyed.

Justeru ini kekhasannya, mmm yummy … ah iyaaa seperti lumpuurrr … ?

pumpkin

*** Lumpur yang ini sungguh pembawa nikmat ***


ARTIKEL TERKAIT



27 comments

nyammy banget kue lumpurnya.
ternyata pumpkin ini bisa di buat kue juga.

biasanya dibikin kolek, bersantan gurih.
ini dibikin kue lumpur, ber-susu.. gimana mas? jangan rikuh nambahnya :D

Cantik bgt kuenya mb , bentuk bunga hhihii

jikalaupun namannya berbau lumpur, melihat tampilannya dan siapa yang membuatnya tentu lumpur ini mah enak dan lezat atuh

jikalaupun namannya berbau lumpur, melihat tampilannya dan siapa yang membuatnya tentu lumpur ini mah enak dan lezat atuh

terimakasih sdh menghibur :D "lumpur kuning", cicipi duluuu mba.

denger "lumpur" Aa Cilembu kebayang yg lembek2 gitu,
Lumpur yg ini bikin nikmat..mirip da ama buatan ceu Kokom :)

waahh..enak tuh mbak Lady, apalagi hujan-hujan gini..pasti langsung habis..dan warnanya juga cantik kayak yang buat.. *biar dikirimin keunya heheh..

* kalau waluh ditempat saya biasanya dikolak santan..hhmmm...enak juga lhoh... :)

Wah yummy.. Makin nikmat kalo di temani teh hangat ya mba.. Hehe...

Dilihat aja sudah menggugah selera :D

Umm enaknya... warnanya menarik.. jadi pengen bikin juga.. pasti rasanya lebih legit dari kentang ya.. hehehe

cantik gituh? ya ampyuuuun mba Anjar teganyaaa sayah disamakan dg kue lumpur :D

waluh saya suka banget, kpn mba bikin kolak saya mau mampir ..#ngabisin =D

pas klop banget dah Abah :-d teh hangat (mix daun mint) suegaarrr. nambah 'Bah :)

klo dilihat aja bikin tersiksaaa :p ini mas buat bekel jalan2 sambil motret2 :D

yg pakai kentang blm nyoba euy mba Arum, pengin coba bikin juga ih :)
itu warna aseli dari labu tanpa pewarna.

Wah cantik jadinya ya. Aku tu beli cetakan kue lumpur kekecilan. Sepertinya yg aku beli itu untuk kue cubit. :(

Pengen coba ah, disini banyak labu kuning ^^

saya suka kue lumpur, tapi kalo kue lumpur labu kuning blm pernah nyobain. buuter-nya diganti margarine, bisa kan ya? :)

Liat gambarnya aja udah yakin kalo tuh kue lembut di mulut, pengen ngikut buat mba tapi beli labu dimana ya.. Di pasar kayaknya juga baru langka

bisa jadi buanyaak kue lumpurnya mba Lusi klo pake cetakan kue cubit, bisa kebagian nih :D saya pengin bisa bikin kue cubit (gemes)

Itu saya pake cetakan utk di dlm oven, maksa coba dipanggang lgsung di atas api, hsl cpt gosong, krn cetakan tipis. Sisanya pake oven, lebih selamat :-d

siiip mbak Indah :-d slmt mencoba saya doakan sukses

siiip mbak Indah :-d slmt mencoba saya doakan sukses

halo mb Zalfaa, ntar pas liat labu, lgsung beli :) krn tdk sll ada.
slmt mencoba, smoga sgr nemu labunya.

oh saya gak tegaaaa sungguh, liat mas Safruz ngileeerrr =D hrs digimnain atuh?

Kesukaan saya & bujang kecil nih ^_^

Komentar baik Anda menambah semarak blog ini. Barakallahu fiikum.

Copyright © * Mysweet Ladyluck. All rights reserved.