Eksotika Kawah Putih Bandung dan Misteri Domba Lukutan

Wilujeng Sumping... (welcome). Bandung termasuk salah satu primadona tujuan wisata baik wisatawan domestik maupun luar negeri. Salah satunya yang makin naik daun adalah obyek wisata Kawah Putih tempat favorit di kota Bandung.

Kawah Putih (white crater), terletak di Ciwidey - Bandung,

kawah putih bandung
Kawah Putih

Sebaiknya berangkat Jam 07.00 pagi meninggalkan
kota Bandung menuju Kawah Putih guna menghindari macet puanjaang di daerah Kopo, sebelum keluar Bandung menuju arah Ciwidey. Bisa2 sampai di kawah putih sudah siaang. Andapun dapat kehilangan moment indahnya kawah putih. Karena biasanya setelah jam 2 an, kabut turun menutupi kawah.

Perjalanan ke kawah putih makin menanjak...udara semakin sejuk dingin,...kurang lebih 1,5 jam sampailah di Pintu Gerbang jalan menuju Kawah Putih.

Ticketing dan Parkiran Kendaraan

Harga tiket masuk Kawah Putih April-Mei 2016 adalah :
Wisatawan Lokal Rp.18.000,-(delapan belas ribu rp), Asing Rp.50.000,-(lima puluh ribu rp),
Parkir bawah :  motor Rp.3.000,-  mobil kecil Rp.6.000,-, bis sedang dan bis besar Rp.25.000,-
Parkir atas : khusus mobil kecil saja, Rp. 150.000,-

Bagi wisatawan yang menggunakan bis atau motor wajib menggunakan angkutan mobil Ontang-anting yang disediakan pengelola Kawah Putih Ciwidey dengan tiket per orang Rp.15.000,-

Harga ticket  dapat berubah.

Sudah beli tiket? Kendaraan besar seperti bus harus parkir di sini. Untuk kendaraan pribadi dapat meneruskan perjalanan ke lokasi Kawah Putih dengan waktu tempuh sekitar 30 menit. Bagi yang ingin memarkir kendaraan pribadi di sini juga diperbolehkan, lalu sambung naik kendaraan yang disediakan pengelola wisata.

kawah putih ciwidey
mobil Ontang-anting

Ontang-anting
Ini adalah sebutan kendaraan wisata yang disediakan pengelola, muat sekitar 13 orang. Serunya naik kendaraan terbuka ini, dapat langsung merasakan kesegaran udara yang suejuk dingin. ohoy wuihh seru banget loooh...naik ontang-anting. Menembus hutan pinus yang menyebarkan aroma khasnya.

Sesekali om Driver nampak serius mengoper gigi … di sini nih terasa tegaaang, jalan menanjak cukup tajam, berliku, pas banget jika ada kendaraan dari lain arah. Iya pas banget .. pinggirnya jurang … hahaha dibawa ketawa aja deh daripada tegang. 30 menit dheg2an tapi happy akhirnya sampailah di lokasi Kawah Putih.

TKP Kawah Putih
Kawah putih terletak di Gunung Patuha,Jawa Barat. Ketinggian gunung sekitar 2.386 meter. Kawah dari Gunung Patuha inilah yang dijadikan obyek wisata dengan nama Kawah Putih.

Mengapa disebut Kawah Putih...? Tanah yang putih yang terdiri dari belerang merupakan alasan mengapa kawah ini disebut Kawah Putih. Sungguh unik rasanya melihat tanah yang berwarna putih ini. Permukaan tanah juga tidak rata sehingga menyerupai gundukan-gundukan tanah. Air kawah yang berwarna kuning kehijauan sangat menarik perhatian. Di sekelilingnya, terdapat pegunungan yang ditumbuhi pohon hijau.

kawah putih
ciyeee keren nih poto di dieui coy ... !

Misteri Domba Lukutan

Menurut cerita yang ane dapet dari salah satu penduduk di daerah tersebut, konon kawah putih merupakan tempat berkumpulnya roh para leluhur diantaranya eyang Jagasatru, Eyang Ngabay, Eyang Baskom, Eyang Jambrong. Busyet serem amat namanya yak !

Di puncak Gunung Patuha inilah para roh leluhur berkumpul dipimpin oleh Eyang Jagasatru. Sesekali masyarakat dapat melihat sekelompok domba berbulu puti. Masyarakat menyebutmya "domba lukutan" yang merupakan penjelmaan dari para leluhur. Go then find this mistery by your self.

Si Bapak penduduk aseli setempat yang saya terus korek pengalamannya melanjutkan petualangannya. Penasaran dengan "mahluk binatang aneh" yang menjadi rumor di masyarakat,
Suatu malam beliau sengaja menembus hutan. Benar saja ... terdengar suara deruman .. auuummm... berat! Ditahannya napasnya .. beerrr bulu romanyapun merinding. Nampak berkelebat "mahluk hewan lebih besar daripada Domba/Kambing". Diarahkannya senternya .. muncul seperti kilatan cahaya, lalu berkelebat bayangan hitam besar.

Dengan jampi2 sekuat tenaga dan jiwa, dibuntuti terus kemana kelebat hitam menuju. Sambil mengendap-endap, hingga sebuah kilatan alam menerangi "mahluk aneh" tersebut.

Makin terkesiap serasa aliran darah berhenti. Ternyata ....

Ternyata .... seekor harimau hutan.
Iya, harimau ... real man ...! Bukan mahluk jadi2an seperti katanya, katanya. Dulu memang masih ada hidup harimau hutan yang kadang turun mencari mangsa. Entahlah kini ... Mungkin si Hari Mau sudah tak perlu lagi galau cari mangsa, sudah disediakan makanannya .... di kandang kebun binatang.

Ih penuh cerita mystery .. yang katanya, konon, nenek moyang, leluhur dst. Selalu saja ada cerita "misteri" yang menyelimuti sebuah tempat. Paling dhemen deh.

Eksotika efek pancaran sinar matahari menimbulkan warna air kawah berubah-ubah.
Kawah di sini cukup luas. Efek pancaran sinar matahari yang mengenai air kawah dengan kandungan belerang tinggi inilah yang menimbulkan efek perubahan warna air kawah. Kadang hijau, kekuningan, coklat, putih … masyaAllah so beautiful !

Asap dari air belerang terkadang timbul sehingga menghalangi pandangan kita. wuuiiih...jadi background yang sangat eksotik untuk berfoto. Bau belerang sangat tajam tercium...terkadang dapat membuat kita terbatuk-batuk.

kawah putih
Goa Belerang

Goa Belerang
Begitu menuruni tangga kearah kawah, belok ke kanan, ada sebuah Goa Belerang, pusat gas belerang, di sini bau belerang sangat menyengat. Ada papan peringatan untuk tidak mendekat guna menghindari keracunan asap belerang.

Di sinilah awal didirikannya pabrik belerang dengan nama belanda "zwavel ontgining" kawah putih. kemudian diambil alih pada jaman jepang dan berganti nama menjadi "kenzanka yokowa" ciwidey kawah putih.

Tentang Goa Belerang ... ini aseli, bukan "mysteri" sob !

Kawah ini akan memberikan kita pengalaman berbeda. Kita seolah-olah berada di salju karena tanahnya yang putih. Kawah yang luas dan air yang berwarna hijau kebiruan membuat kita seolah-olah berada di pantai. Pohon-pohon yang sebagian besar hanya tinggal batangnya dan sudah kering turut menciptakan suasana yang berbeda. Di sini juga terdapat batu-batu besar yang indah. ...asyik juga loh buat foto prewedding !


Ini Kawah Gunung  .. bukan pantai .. Beb ..!

Banyak artis shooting di sini. Haa Andalah artisnya, artis selfie, xixixi.



ARTIKEL TERKAIT



19 comments

Tiket parkir bus di atas mihil bgt ya mba...

Pernah sekali ke Kawah Putih. Udah lama banget. Bener mending pagi ke sana. Muacet banget di daerah Kopo nya. Makanya pengen balik ke sana agak-agak trauma saking macetnya.

Nama bisnya lucu ya mbak Lady, ontang anting, kalau orang Jawa mengartikan 'anak satu-satunya atau anak tunggal'.

Asyik sekali wisata di kawah putih ini ya, selain pemandangan yang indah dengan air kawah yang warnanya menakjubkan, ada pula harimau dan cerita misterinya. Dan untuk selfi-selfi juga bagus nih, itu kawahnya kayak danau ya mbak :)

Waduh kalau saya mah jadi pengen lihat domba lukutan teh soalnya penasaran sih karena saya baru tahu juga ternyata dibalik indahnya kawah putih masih menyimpan misteri yang berbau mistis gituh kan serem atuh perlu dibuktikan biar tidak bikin takut pengunjung.

Terimakasih mbak Handriati, tiket sudah saya update. Bus harus parkir di Bawah.

Mungkin yg dimaksud "mahal" di Parkiran Atas Rp 150.000,- ? Iya betul segitu untuk mobil (kecil), tidak perlu beli Tiket Ontang-anting.

Kalo parkirnya di Bawah harus beli tiket Ontang-anting Rp.15.000,-/orang, naik menuju ke lokasi Kawah Putih (dekat Parkiran Atas).

Siiip mba Levina. Next pagi2 berangkatnya yah :)

Hallooo mba ANjar .. hihi iya "anak ontang-anting" = anak tunggal :-bd

Betul seperti danau, tidak curam, kita dapat menyentuh air kawahnya.
MasyaAllah ...mempesona, recomended deh.

Jiyaaahhh Kang Nurul mah paling dhemen yang "mistik penuh mistery" :p

Nah buktikan sendiri |o| siyaaap ?

kami selalu senang kalau kesini..beautiful...yg gak senang macetnya aja

mobil Ontang-anting , sebuah nama bus yang unik,,kawah putihnya juga memanjakan setiap mata yang memandang...

ngomong-ngomong kapan kita kesana sayang,,?

Kalau ada teman mah siap teh, tapi kalau gak ada temen mah wadaw atut diseruduk ku domba lukutan atuh.

Seingatku dulu udah pernah ke sini, tapi gak pernah liat goa itu. Wih, aku kurang menjelajah nih. Abisnya dingin bangeeeet ya Allah..ampe menggigil. Keliatannya agak sepi yak. Dulu waktu ke situ, rame banget. Lah itu nama ontang-anting kayak yang ada di dufan.

Ya Allah bagus bangettttt..kapan ya bisa maen kesana sambil ajak BEKAS PACAR saya..hahaha

hayuk kesana lagi mba Fitri, ajak aku yaaa ... asyiiik
berangkatnya pagi2 jam 6-7 an, lancaarrr deh ..

ane mah udah siyaaap Baang Trik Pos .. yuk
kita naik mobil ontang-anting .. seruuuu deh.

begitu habis menuruni tangga, biasanya mata langsung menatap ke hamparan kawah.
next, coba deh telusuri jalan ke Goa Belerang ini, deket kok say ..? ? Ran :)

kalo weekend ruamee banget say..
itu saya pas ambil posisi gak terhalang orang ..

ontang-anting yg di Dufan .. yg muter2 itu?

asyiiiik .. bulanmadu terus, bisa bikin makin mesraaaa.
pas naik mobil ontang-anting ... bakalan pegangan kenceng dah ...

Semasa kunjungan oktober tahun lalu, tidak berpeluang berkunjung..
hanya ke Tangkuban Perahu.. harap ada rezeki lain masa
datang ke sini

Tangkuban Perahu kawahnya sangat curam sehingga kita tak bisa pegang kawahnya.
Kawah Putih kawahnya landai seperti pantai so kita bisa pegang air kawahnya.

Semoga ada kesempatan ya kakak Padin, next time ... terimakasih :)

Komentar baik Anda menambah semarak blog ini. Barakallahu fiikum.

Copyright © * Mysweet Ladyluck. All rights reserved.