Cinnamon Roll

Resep ini saya dapat dari Ummy Abdullah, saat disuguhi cake yang bentuknya mancung seperti tower. Harum kayumanis sangat terasa serta vla yang meleleh membuatku beraat rasa menahan air liur.

cinnamon roll

Jika kuingat...lucuuu perjuanganku mendapat resep ini, saat berkomunikasi dengan orang asing, dimana kami sama-sama tidak faham dengan bahasa lawan bicara ... lalu secara otomatis === baca selengkapnya
*body language kami pun segera bekerja .. ya mimik ekspresi wajah, ya tangan yang berkelebat kesegala arah .. pokoknya maunya ya lawan bicara mengerti gitu maksudnya ...

Dengan bahasa Arabnya Ummi Abdullah menjelaskan bagaimana membuat cinnamon roll. Dari hampir semua keluarga Arab yang saya kenal, sangat akrab dengan cake ini ...*CINNAMON ROLL, mereka biasa membuatnya sendiri di rumah.Matanya yang bulat berbinar dengan alis tebal alami serta bibir yang murah senyum, menambah cantik sosok ibu ini ... sangat ramah. Akupun dengan antusias menyimak sambil sesekali berkata .. ooh, na'am...thoyib...syukron... diantaranya itu bahasa Arab yang saya tahu... sambil manggut-manggut pastinya.

Ada satu kata yang meski sudah berulangkali beliau jelaskan namun aku masih belum ngeh juga apa yang dimaksud ... hingga ummi Abdullah meminta puteri bungsunya (9 tahun) untuk mengambilkan *sesuatu yg dimaksud dari dapur,...... oooalaaggh yang dimaksud adalah *dream whip, whipped.

cheese cream
cheese cream bentu segitiga

yang membuat cake jadi moist, empuk. Untuk menambah legit, ditambahkan kucuran vla dari susu kental manis yang dicampur dengan cheese cream.. saat saya praktek bikin di rumah, untuk cheese nya saya pakai yang ada di kulkas saja, yaitu cheese cream yang bentuk segitiga. Ada bentuk lainnya yaitu segiempat/ kubus. Merknya ada Almarai, Kiri atau lainnya..rasanya guriiih banget. Toppingnya dengan taburan kacang ... wow lengkaplah rasanya... empuk cakenya, harum kayumanis, manis gurih, ada kriuk2nya di kacangnya .... yalla...!


cinnamon roll


Semua penjelasan sudah kucatat di kertas, gak sabar untuk mempraktekkannya di rumah.
Dapat resep garis besarnya saja, ukuran utak atik sendiri di dapur.

Berikut resep CINNAMON ROLL
porsi 8-10 potong
Saya menggunakan ukuran 1 cup=1 gelas=230 ml.

BAHAN

1 cup terigu all purpose
1/2 sdt garam
2 sdm whipp cream powder, campur dengan 1/2 gelas fresh milk dingin (kulkas), kocok dengan mixer hingga mengembang lembut,
1 sdt ragi instan
1/3 cup air matang hangat
2 sdm gula pasir
2 bh telur
2 sdm butter, lelehkan
Kacang untuk taburan

Filling
1 sdm serbuk kayumanis
1 sdm butter untuk olesan
2 sdm gula pasir

Vla /glaze
3 sdm susu kental manis
2 kotak cheese cream
vanilla secukupnya

cinnamon roll

CARA MEMBUAT

A,CAKE

1. Campur dalam wadah :1 cup tepung, garam,. Sisihkan sisa 1/2 cup tepung.
2. Campur dalam wadah lain : ragi instan, gula dan air hangat, aduk rata lalu diamkan, akan timbul gelembung busa.
3. Campur adonan tepung dengan adonan ragi, tambahkan telur,butter, whipp cream.
 Uleni dengan sendok hingga menyatu. Jika adonan masih lengket, tambahkan sisa tepung sedikit demi sedikit,lanjut uleni dengan tangan hingga kalis.
4. Bulatkan adonan, tempatkan dalam wadah, tutup rapat dengan serbet bersih atau plastik. Diamkan 30 menit atau hingga adonan mengembang.
5. Buka tutup, ambil adonan, kempiskan dengan cara meninjunya. Pipihkan dengan menggunakan gilingan. Adonan siap diberi *Filling (isi).

B. FILLING
- panaskan oven.
1. Campur serbuk kayumanis dan gula pasir.
2. Olesi adonan cake yang telah dipipihkan dengan butter, lalu taburi dengan kayumanis.
3. Gulung adonan, lalu potong-potong, tempatkan pada loyang, masukkan ke dalam oven, panggang hingga matang.

C. VLA / GLAZE
1. Campur susu kental manis, vanilla dan cheese cream, kocok hingga rata dan lembut. Siramkan di atas cake, lalu taburi dengan kacang di atasnya.

cinnamon roll


Selamat mencicipi ..... 

ARTIKEL TERKAIT



Komentar baik Anda menambah semarak blog ini. Barakallahu fiikum.

Copyright © * Mysweet Ladyluck. All rights reserved.