TERONG Arab (MUTABBAL)

by Mysweet Ladyluck. Jadi ngikik sendiri inget baca iklan Arab Oil katanya mampu mendongkrak gairah dan stamina xxx Mr Terong...xixixi. Mr Terong ? Mak Erot kaleee...? TST Takut sama Terong? Kalau yang ini saya jamin, Terong Arab, saya menyebutnya demikian, makanan pembuka berbahan dasar terong, mudah didapat dan sangat terkenal di Arab... yummy di mulut, sensasi kelembutannya aaawww... is my favorit.. namanya Mutabbal.

mutabbal dan hummus cocok untuk vegetarian
 
Mutabbal (gambar bagian kanan), adalah pasta, seperti bubur, dibuat dari bahan dasar terong ungu. Terong dibakar, dikeruk diambil isinya, diolah dengan olive oil, jinten, garlic, lemon juice, yang sangat

digemari dan menjadikan mutabbal salah satu makanan favorit yang mewah di Arab... dijadikan salad sebagai appetizer, rasanya...mmm guriiih, di mulut lembuuut banget.

Ini diaaaa...Terong Ungu yang dalam bahasa latin disebut Solanum melongena L, mengandung gizi antara lain protein, kalori, serat, kalsium, vitamin B1,B2,B6,C, serta mengandung komponen fenol, flavonoid, afrodisiak. Salah satu khasiat mengkonsumsi terong ungu adalah dapat meningkatkan gairah sex...yuhuuuiii. Kandungan zat afrodisiak pada terong ungu relatif lebih aman dibandingkan obat-obatan kimia (Prof DR Ir Ali Khomsan). Menurut Prof. DR, Dr Arif Dimoelya, SpAnd, MSc, pakar andrologi dari Universitas Hangtuah Surabaya, sifat afrodisiak dapat menurunkan kolesterol dalam darah serta melenturkan dinding pembuluh darah, baik di otak, jantung maupun pada alat kelamin pria. Terong ungu juga mengandung flavonoid berfungsi melancarkan sirkulasi darah sehingga baik untuk mengatasi disfungsi ereksi yang disebabkan gangguan sirkulasi darah (Prof Hembing, pakar dan ketua Pengobat Tradisional dan Akupunktur Indonesia). So "image negatif terong" di benakku (makan terong bikin lemes n loyo).... salah besar banget..! Coreet deh.. khasiat lainnya mengatasi sakit pinggang, encok, bronchitis, diabetes melitus, kanker, menghaluskan muka...waah masih banyak lagi manfaat lainnya. Masih takut makan terong.. ?


Terong Ungu
Hummus (gambar bagian kiri, yang ada kacangnya),hoummus, hommus. Hummus berarti "chickpea", hummus berupa pasta berbahan dasar kacang chikpea, / buncis, diolah dengan yoghurt, olive oil, wijen, jeruk lemon, garlic. Kandungan yoghurt menjadikan hummus berasa segar asam. Bagi lidah saya rasa ini sangat asam sampai bikin mata merem melek...gak nahaaan asamnya. Hummus kaya akan kandungan zat besi, vitamin B,C, protein dan serat.
 
Mutabbal dan hummus biasa disajikan dengan Tabouleh (gambar bagian atas), salad terdiri dari antara lain tomat, timun, daun peterseli. Hidangan ini disantap dengan roti 'khubz' yaitu roti arab, bundar, tipis, seperti lembaran. Atau 'tortilla' sejenis 'khubz' dengan rasa lebih gurih, warna lebih kecoklatan, lebih lembut.


Khubz ... roti arab





ARTIKEL TERKAIT



Komentar baik Anda menambah semarak blog ini. Barakallahu fiikum.

Copyright © * Mysweet Ladyluck. All rights reserved.