Pengalaman Jualan Coklat Valentine Buatan Sendiri Laris Manis : Sebuah Titik Balik

Pas menjelang hari Valentin, 14 Februari, makin banyak yang pesen coklat. Rasa pegel nglembur hingga larut malam, terbayar saat pelanggan ceria memilih aneka coklat daganganku.

Setiap bulan Februari supermarket langganan saya di Bandung ini memajang aneka coklat yang ditata apik di booth khusus. Selalu saja ramai dikerubuti pembeli.

Kuberanikan diri untuk menawarkan homemade coklat buatan sendiri … belum beruntung, manajemen minta persyaratan antara lain Surat Perijinan atas usaha pembuatan coklat yang saya lakukan.

coklat
my homemade chocolate ...

Saya tak dapat memenuhinya. … Ditolak.,, ! dhuh ...

Tak putus asa, saat itu sedang semangat banget praktek bikin coklat. Tantangan saya adalah menarik konsumen untuk membelinya, sebagai tolok ukur bahwa coklat buatanku layak dibeli. Sebelumnya hanya diberikan sebagai gift aja alias gratisan … lalu ada yang memesannya. Semangat makin tergenjot lagi.

Pilihan tertuju pada sebuah sekolah SMU di kota Bandung. Sayapun survey ke sana … di depan seberang sekolah ada deretan kios dan koperasi sekolah … siiiip. Saya berikan contoh gratis untuk dicicipi. Ternyata coklatku disukai, beberapa sudah mulai ada yang pesan. Makin semangat dah.

Puncaknya semakin deket Hari Valentine, makin laris manis dagangan coklatku.

Ada yang minta dituliskan "nama khusus" untuk diberikan kepada orang yang disayanginya. 
Ada yang minta bentuk khusus. Ada juga yang minta extra plus bunga.

Ayo silakan dipilih :

Ada coklat yg isinya kacang almond, rasa mint, blueberry.
Ada yang bentuk "lope', bentuk mawar, bentuk bibir.
Ada yang bentuk coklat box dengan di- isi boneka2 imut dari coklat.

cocholate
Aneka kreasi coklat jualanku Yu-Lady ... 

Hingga suatu hari … ada telepon pelanggan yang memesan Coklat Valentine,
Jawabku : Maaf  .. Minggu ini libur enggak bikin coklat Valentin lagi. 
Silakan pesan lagi Minggu depan.


Plong rasanya ...
akhirnnya dapat menentukan sikap terhadap diri sendiri yang sebelumnya terasa membelenggu relung hati .  Allah akan ganti dengan rizki lain yang lebih baik, Insya Allah.

Alhamdulilah Allah menuntunku mengetahui Hakekat Perayaan Valentine … 

Kini, :

1. Saya tidak (lagi) ikut merayakannya, atau menghadirinya.

2. Saya tidak (lagi) menjual bingkisan (pernak-pernik) bertema Hari Kasih Sayang, misalnya coklat, bunga mawar merah, kartu ucapan selamat, atau lainnya. 

3. Tidak juga memberikan ucapan selamat Hari Kasih Sayang.

Diantara dalilnya adalah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, yang artinya :                        
Barangsiapa yang menyerupai suatu kaum, maka dia termasuk bagian dari mereka.   
.(HR. Ahmad 2: 50 dan Abu Daud no. 4031. Syaikhul Islam dalam Iqtidho‘ 1: 269 mengatakan bahwa sanad hadits ini jayyid/bagus. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih sebagaimana dalam Irwa’ul Gholil no. 1269)

Ya Allah..., bagaimana dengan jualanku yang lalu..?
Ampuni hamba atas ketidakpahaman ini. Ya Rabb aku mohonkan petunjukMU.

coklat
 Coklat dan Qahwa kopi arabi, klop dah, Silakan ...


Mari sini… Selalu ada sukulat di hatiku
I Love Chocolate … 



ARTIKEL TERKAIT



54 comments

YA aku cuma bisa mangut-mangtu bacanya. Antara setuju dan tidak menjadi satu. Karena aku prinsipnya netral. Yang mau merayakan monggo dan yang tidak monggo. Boleh juga itu coklatnya, Sesekali bolehlah aku dibuatkan khusus. Biar hati ini terhibur.

Kita memang tidak seharusnya menyambut hari valentine.
Tapi coklatnya saya mau :)

kalau yang begnian mah mendingan di tengah aja ah lebih adem...

Semoga Allah meridloi.

Coklatnya special design, bulet :D xixixi spt Globe = (kang) Bumi.

Seperi itu ...
pas banget, coklat buat suguhan tamu ... mba Fidah datang :)

nyelemped di tengah :-bd deket AC, suejuuk, sambil ngemut coklat.

Coklatnya mauuu mbak Lady, serius. Pesen dong dikirim ke Semarang :)

Iyak saya setuju mengenai valentin itu. Habluminallah lebih utama daripada habluminannas (tulisannya salah ya?). Kita harus punya sikap yang tegas meskipun banyak yang protes dan tidak suka :)

Cokelat di hari valentine suka lucu-lucu banget bentuknya, jadi pengen makan semuanya hahaha

bagi dong mba coklatnya
valentina itu apa ya? apa yang pembalap motogp itu ya?

Saya juga sekarang anti hari valentine Teh....

Siaaaapp mbak, surprise...! coklat ama orangnya sudah di depan pintu |o|

Selalu mohon petunjuk dan ridlo Allah.

jago juga ya mbak buat kue, bisa ni dibuatkan resepnya :D

ini bisa jadi inspirasi buat buka usaha kecil neh hehehe

bisa dijadikan usaha sampingan di rumah tuh mba! Lumayan kan!

Bagaiman dengan hukum Valenttine day, dikalangn remaja indonesia kenapa banyak yg disalahgunakan yah!

sayang nya saya kurang sukak coklat mbak,.,

mba Wida juga lucu n imyuut :) coklat banyak manfaatnya, antara lain kadar lemaknya mampu mempertahankan rasa kenyang lbh lama, shg gak cpt laper, tdk bikin bernafsu makan lbh byk .. lanjuuutkan habisin semuaaaa .. hihihi

kk Valentino Rossi Valencia valentinan ? alagh :p
buat kk Niki sll ada coklat ... #di warung =D

mas Wahab :-d berani n pede bersikap benar.

Alhamdulilah, mayan mas Ibrahim bisa buat nyambung dapur tetep ngebul :D

Boleh mas, resep special 4U :-bd pokona mah

Sukur deh mba kalau sekarang sudah tahu ilmunya toh tanpa membuat coklatpun masih terbuak pintu pintu rezeki dari arah lainnya

Silakan, hsl jualannya mayan sayah belikan pulsa, bisa ngeblog lagi nih :)

Iya mas Dzaky, mayan banget bikin periuk berisi lagi :)

alhamdulillah saya gak pernah ngerayain hari valentine. memberikan sesuatu atau coklat tidak harus hari valentine, hari apa aja bisa kok anggap aja memberikan sedekah. betul gak mbak..?

BTW boleh dong saya kecipratan sedekah coklanya, hehe.. :D

Banyak beredar berbagai versi tentang Valentine's Day, silakan browse,
yang jelas ini berasal dari non muslim.

Hukumnya : Terlarang, diantara haditsnya sudah tsb pada artikel.

Mungkin mereka saudara-saudara kita belum paham, kita bantu beri pengertian, semampu kita. Semoga Allah subhanahu wa ta'aala memberikan petunjuk kpd kita semua. Insya Allah.

Terimakasih mas Dzaky, kelincinya imyuuut sekali :)

oh, mbak Siti udah manis banyak disuka :) semanis coklat.

suka ama yg lucu? coklatnya enak juga loh =D

Betul mas Dwi :-d Allah akan beri rizki yg lbh baik, insya Allah.

Sekarang pun masih suka ngulik coklat sendiri, buat suguhan tamu yg datang, atau buat gift saat bertandang :)

betul itu, saya juga lagi butuh hiburan nih

wah...jadi kepingin ....bagi...

mas Alul keren, no valentine :-d
Betul mas. Sedekah akan menyelamatkan kita. Sungguh pada hari kiamat, seorang mukmin akan berlindung di bawah naungan sedekahnya.

Coklatnya buat mas Alul semuaaaa |o|

Ini mbak aku buatin, anak2 suka kan? spt emaknya :)

mangga kang Ajay ... habisiiiin :D

Saya ngak paham. Valentine yg saya rayain cuma lebaran ama idul adha. Tapi kalaj coklt sy suka :)

mana coklatnya, masih ada kan..?

Saya juga enggak merayakan Valentine Day, enggak setuju juga. Tapi iya, coklatnya saya mau, dong, Mbak... hehehe... lucu-lucu bentuknya :)

saya juga gak pernah merayakan valentine Mbak karena menurut saya berbagi kasih sayang itu harus dilakukan setiap hari tidak perlu menunggu tanggal 14 februari :)

btw bentuk cokelatnya imut-imut :)



waktu sma saya slalu panen coklat, seneng...
sekarang mah udah tobat hihihi...

waduh , menurut saya sih mbak ,mbaknya ndak salah alsannya di karenakan mbak hanya jualan coklat dan tentunya sibak mencari peluang ,yang tepat bagi kaum yang merayakan nya ,sama hal nya dengan orang asing (cina)jualan baju di hari lebaran , bukan bagitu mbak salam kenal kunjungan perdana ane nih mbak :DD

Jualan coklat valentine termasuk merayakan juga yah mbak?

saya setuju.. kalau hendak merai kasih sayang, hari - hari boleh..
hasil coklatnya nampak profesional dan mempersona gitu.... :D

Terimakasih mbak turiscantik :-bd Salaman kita sama2 suka coklat

mbak Diah mantabz :-d bersikap.
Coklatnya selucu yg bikin =D buat mba semua deh |o|

sip atuh kang padin :-bd
hmmmm ... curiga modus :D gituh.

Keren komennya mba Irawati :-d Berkasih sayang tidak terbatas momen (waktu).
14 Febr lewaaatin aja spt hari2 biasa.

euleugh panen coklat |o| sarua geuningan.
Dulu saya ikut2an tuker kado/ucapan (kasian banget belum paham).

Alhamdulilah neng DP geulis sudah meninggakannya :-d Allah terima tobatnya :) menggantikannya dg rizki yg lebih baik lagi. Insya Allah.

waduh, itu menurut mas Rahmad :)

Ini menurut Allah dalam firmanNYA :
"… Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebaikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-NYA." [Al-Maidah : 2]

Menjual Coklat Valentine (dll) dalam rangka moment perayaan tsb termasuk membantu dalam kemungkaran. Membuat Allah murka. Semoga kita terhindar dari siksa Allah.

Bukan begitu mas? :) Salam kenal kembali, terimakasih kunjungannya.
Ane sudah berkunjung, menyenangkan :-d

Terimakasih mbak Sitti :) Sudah terjawab spt tsb pada komentar di atas.

kalau begitu saya ambil pertamax aja lah mbak hehehehe :),semoga kita selalu dalam lindungan allah amin

pertamax ... siiip atuh kang Rahmad :-bd
aamiin ... semoga kita selalu dalam limpahan keberkahan Allah.

Komentar baik Anda menambah semarak blog ini. Barakallahu fiikum.

Copyright © * Mysweet Ladyluck. All rights reserved.