SYAI NA'NA Teh Daun Mint Arabi

Syai Na'na Teh Daun Mint Arabi, minuman teh ini disajikan dengan campuran daun mint segar. menjadi minuman favorit di negri gurun sahara Arab Saudi.

Syai na'na : minuman teh dengan daun mint segar
Teh

Minuman teh dikenal hampir di seluruh belahan dunia. Racikan dan cara penyajian-nya pun di masing-masing daerah atau negara mempunyai keunikan tersendiri.

Saat makan di *warteg saya  selalu pesan *teh manis panas, pas banget berpadu dengan aneka menu makanan khas warteg.

Lain halnya di Bandung tehnya tawar enggak pakai gula , Jadi kalau pengin teh manis, ya harus request. ke #teh(teteh)minta teh manis.

#teh/#teteh di Bandung merupakan sapaan/panggilan kepada perempuan.

Nah...jadi kalau di Jawa Tengah ada *teh manis (minuman teh rasa gula) ...
sedangkan di Jawa Barat ada *teh geulis (perempuan cantik)...
teh=perempuan, geulis= cantik ( bhs sundanese).

Syai Na'na

Lain lagi pengalaman yang berikut ini, saat hijrah ke jazeerah Arab (Saudi). 
Salah satu kebiasaan yang telah membudaya di Saudi adalah minum teh. Teh menjadi minuman simbol keramahan, sebagai jamuan yang disuguhkan untuk menghormati tamu. 

Nambah lagi  ..... (dok. pribadi)
Syai na'na minuman teh yang dicampur dengan daun mint segar,

Arabic : شاي بالنعناع syai bil na'na. Syai=teh, na'na=daun mint.

Cara menyajikannya dalam gelas bening, size imut, lebih kecil dari mug normal,


Gelas biasanya dg dengan sentuhan ornamen yang khas, nuansa keemasan, diletakkan dalam nampan stainless warna senada, menambah elegant.

Sang Tuan Rumah lah yang akan menyuguhkan, dikucurkan dari teko ke dalam gelas2 mini kosong, dengan ketinggian tertentu sehingga tamu akan melihat kucuran air, yang akan menimbulkan suara gemericik dan menimbulkan gelembung2 kecil dalam gelas...langsung di depan tamu...wuih..sensasinya terasa banget, ada rasa keakraban mengalir.

Berbeda dengan jika kita minum dari gelas yang sudah terisi.

Perbandingan ukuran mug normal dan gelas mungil Syai Na'na

Hendaknya tidak meniup-niup minuman saat panas, tunggulah sejenak hingga hangat pas di lidah.. Setiap kali gelas kita terlihat kosong maka tuan rumah akan menambah/menuangkan lagi.

 Di negara Saudi Arabia, daun mint sangat mudah didapatkan, tersedia di supermarket. 

Racikan syai na'na dapur 'Yu-Lady:
Bahan :  - air minum
              - teh, berupa daun atau serbuk atau teh celup.
              - daun mint 20 lembar
              - gula secukupnya

daun mint leaf
daun MINT segar... 

Cara Membuat

- Rebus air hingga mendidih, matikan api, segera masukkan air ke dalam teko/jar yang telah berisi teh, gula dan daun mint.
- Tutup teko, biarkan sebentar 3-5 menit,
- Kucurkan air teh dari teko ke dalam wadah lain, lalu kembalikan lagi ke dalam teko. Ulangi beberapa kali sambil teko digoyang-goyang Ini supaya teh,gula,daun mint bercampur dengan baik.
- Hidangkan dalam gelas saji, dg mengucurkannya langsung di hadapan tamu.

Saya suka menyajikannya dengan gula batu, saya letakkan dalam wadah terpisah.
Tamu yang ingin menambahkan gula dapat langsung menikmatinya.
sahi na'na ditemani sepotong pizza buatan sendiri, mariii

Daun mint yang beraroma khas, menimbulkan efek rasa segar di dalam tubuh. Inilah yang membuat daun mint banyak digunakan sebagai bahan campuran produk seperti permen, pasta gigi, obat kumur, shampo, kosmetik. Khasiat lainnya dapat mengatasi gangguan pernapasan. 

Saya kalau terkena tanda-tanda serangan flu/pilek, segera membuat air teh yang dicapur daun mint, lalu uapnya saya hirup... sreeennng terasa segar dan melegakan pernapasan lanjut menyeruput segelas sahi na'na ... aromanya yang segar dapat mengatasi mual dan pusing, juga turut mengaktifkan enzim dalam mulut dan pencernaan bekerja dengan baik...

Pas banget nih diminum saat dingin gini.
Mari disruput syai na'na-nya. Anget2 semriwing ...!

Yang mau pilih kopi silakan minum Qahwa, Kopi Tanpa Gula ala Arabi. Bukan kopi hitam, warnanya sungguh eksotik coklat keemasan. Disajiakn dalm wadah imut mungil menyerupai cepuk/sloki keramik.

Riyadh - KSA Kingdom Saudi Arabia
@Musim dingin, dibawah 10 derajat C.

 

ARTIKEL TERKAIT



27 comments

Setiap kali gelas kita terlihat kosong maka tuan rumah akan menambah/menuangkan lagi, kalo kayak gini mah bisa kembung saya, mending disumpetin aja dlu gelas kosongnya

Katakan "syukran"=terimakasih, sbg tanda cukup ndak usah ditambah. Gitu mas Niki :-d
umpetin gelas dlm saku ? |o| kirain saku gembung krn gepokan fulus wkwkwk,

Selain manis dan bisa menghatkan badan juga kayaknya teh tersbut bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita.. hmmm jadi pengen nyoba... teteh udah nyoba belum ????

Dahulu pernah mencoba tapi sudah terlalu lama ^-^

lhaa skrg juga teteh lagi nyeruput Syai na'na :)
hayuk atuh Kangzai sareng nge-teh jeung ngaleeut gehu n bala2 :D

ini sudah saya buatkan, yuuuk diminum :) kakak Zumal. Di sana familiar juga kan?

afwan (arabic=sama2) mbak Febria

Jadi penasaran sama rasa syainana teh daun mint, tehnya anget dipadu daun mint yang biasa dikenal menyegarkan dan dingin, jadi rasanya anget apa dingin ya. hehe kirain daun mint nya di keringkan seperti daun teh.

Nambah pengetahuan saya nih, teh versi arabia

Belum pernah nyoba. Gimana rasanya dicampur dengan begituan? Ah... jadi penasaran!

Ada minuman baru sepertinya yah,,, menarik dan perlu di coba. Makasih min Hmmmm,,,, bagaimana rasanya yah??

jadi pedes2 seger ya mba, saya biasanya seduh teh pake irisan lemon. Kopi juga kadang saya kucurin jeruk nipis :)

Kayaknya enak tuch teh,,,bagi donk hhehehehe

Harum daun mint semribiiit dari dapur kecium sampai ruangan lain.
rasanya mengikuti :) klo minum teh panas ya rasa hot, klo daun mint mix lemon ice ya jadi cooool :-bd

Saya juga stock daun mint yg telah saya keringkan sendiri, masukken toples,

terimakasih Tabuh Gong, sdh berkunjung. marii diminum syai na;na nya :)

mak sreeengg semribit harum daun mint :) yuk disrupuut biar gak penasaran.

suegerrr mas dg harum daun mint yg khas :)

daun "mint" pedesnya gak terasa mba :)
kalo "peppermint" iya sdkt lebih strong dibanding dg mint.

wuiih sama-an suka lemon :-d seduh teh plus irisan lemon mak jossszh suegernya.
"lemon,tea,mint" saya sering bikin juga, baik diminum hangat or plus ice.

lemon coffee??? wah challenge niyyy, kudu dicoba...!

Kenapa yah aku gak suka teh..
biasanya kalo dateng ke rumah keluarga, 'mutih' aja deh.
apa teh yg ini beda ya?

Bagus mba "mutih":)

Sesekali coba deh teh yg ini ada aroma mint-nya suegerrr. Beda kan?

Semanjak tanam pokok mint di rumah, saya selalu menyediakan teh mint ini. Selalunya terus dicampur air panas, gula, teh dan daun mint. Tapi boleh di coba seperti cara-cara di atas..Terima kasih perkongsiannya.

Mantab benar tanam pokok mint di rumah :-d Saya pengin banget tanam dalam pot, bisa untuk penyegar ruangan pula.

Ya sayapun kadang rebus langsung bersama2 : teh, gula, daun mint. Terimakasih kembali sama2 mba Fidah.

wah enak buat sendiri sptnya ya bun, daun mint dicelup gini blum pernh nyoba bun, di minimarket sni kegnya gak ad bun jual daun mint.. namanya ckup unik ya, syai nana..hehe

Saya juga pernah cari daun mint di Sup**indo, gak nemu.
Bisa tanam sendiri mba RahAyu, mudah tumbuhnya.

sini mb Wiandra berkunjung, saya suguhin Syai Na'na .. yuk diserupuuut :)

apa bisa tahu ada dimana tumbuhan nnya

Komentar baik Anda menambah semarak blog ini. Barakallahu fiikum.

Copyright © * Mysweet Ladyluck. All rights reserved.