Duhai Hamba Yang Malas Bangun Sholat Subuh

Bismillah,

Adzan subuh terdengar namun rasa berat untuk segera bangun mengambil air wudlu untuk sholat.


Sementara kala bekerja begitu alarm berbunyi langsung 'njenggirat' segera bangun beranjak dari tempat tidur dan bersiap-siap berangkat bekerja. Meski kadang harus menembus gelap dan dinginnya dini hari bahkan semburat fajarpun belum menampakkan sinarnya.

Begitu takutnya terlambat hingga sengaja menambahkan  spare waktu 30 menit sebelumnya.
Takut dimarahi boss, takut kehilangan kepercayaan, takut tidak dipakai lagi, takut rejekinya hilang.

Seorang Pak Sopir terlambat menjemput  dimarahi habis2an sama Pak Boss.
Dengan rasa penyesalan yang mendalam Pak Sopir berjanji untuk tidak mengulanginya lagi.

Segitunya waktu dijaga supaya tidak terlambat datang di tempat kerja.
Segitunya penyesalan yg ditunjukkan kepada Pak Boss.

Namun .. saat adzan Subuh memanggil,
Tenang2 saja tuh melanjutkan nikmatnya berselimut.
Terlambat sholat subuh? Mana rasa takut kepada Sang Maha Pencipta? Mana penyesalan?


Sering lalai sholat subuh? Mengapa? ... "kena deh daku !".

Semoga Anda bukan lah orang yang ketinggalan sholat subuh demi mengejar agar tidak terlambat kerja. Ya Allah jadikanlah kami hamba-hambaMu yang senantiasa taat kepada perintahMU.

***
Saat ini 6 derajat Celcius, lumayan dingin.
Dibalik selimut hangat, enggan beranjak.


ARTIKEL TERKAIT



36 comments

Harus disiplin ya mb klo urusan sholat 5 waktu, especiallly subuh

saling mendoakan semoga kita bisa tetap istiqamah menjaga shalat kita, baik wajib maupun sunnah dan ibadah2 lainya..aamiin

Subuh memang sholat yang paling susah tapi bagi yang sudah biasa bukan masalah. Banyak hikmah yang dapat kita petik dari sholat Subuh :-)

aduh kesindir deh saya..hihihi..
yang penting niat dan harus dibiasakan mbak Lady, jangan kayak saya : hari lain rajin karena kan mau kerja tapi hari libur agak-agak santai gitu.. *jangan ditiru ya... :)

Iya yah kalau mau ibadah banyak banget godaannya astagfirulloh :(

shalat subuh memang paling berat cobaannya yah mbak, cobaan melawan kantuk dan dingin :)

iyo mba Gusty, gangguan syaiton (malas) kudu dilawan .!

terimakasih Kang Zeer, mak ceesss adhem :)
saling mengingatkan dlm kebaikan.

Alhamdulillah aku jarang telat subuh ,karena jam tiga pagi aku sudah harus ngukur jalan. Sehingga sampai rumah jam setengah lima pagi masih ada kesempatan untuk sholat subuh. Selanjutnya ngopi dan tidur lagi.

ini nih yang memang sering malas....kalau udah subuh, minta ampun deh malasnya, padahal udah sadar kalau sholat itu lebih baik dari tidur dan akan membawa keberkahan serta keselamatan dunia akhirat. kayak malas yang harus di lawan...begitu kan mbak?

masih mending kalau malas, kadang ada juga yang beralasan karena kerjaan belum kelar, padahal sholat tidak memerlukan waktu lama, namun sanggup juga ditinggalkan. kadang saya merasa sekali dengan hal ini mbak. semoga diampuni dan diberikan berkah kecerahan hati untuk melaksanakan sholat dengan baik dan lapang, termasuk untuk kita semua ya mbak. amin.

Betul sekali mas Mbah, ada keutamaan d dlm nya, antara lain penyelamat dari neraka.

"Tidaklah akan masuk neraka orang yang melaksanakan shalat sebelum terbitnya matahari (yaitu shalat shubuh) dan shalat sebelum tenggelamnya matahari (yaitu shalat ashar).” (HR. Muslim no. 634)

Pokona yg namanya susah krn malas hrs dilawaaann ..!
Iya mas Eksa, sehabis sholat subuh segalanya terasa ringan, kerja tmbh semangat.

haiyaa saya mah libur teruuss :p

siaaap mba : niat (juga diamalkan).

mba Irawati :) kantuk,dingin, ini yg sering jd alasan melanjutkan bermanja dg kasur

Kang Djangkaru :-bd pahala n rizki sll lancar, insya Allah.
Nikmat lahir bathin, smoga barakah.

Godaan gak ada hentinya mba Wida, udah bangun, pas wudlunya syetan menggoda : eh tadi udah membasahi kepala belum yah? lagi sholat syetan terus menggoda hingga lupa rakaat.

mas Mbah dinan: bener tuh, alasan nanggung lg ngrampungin postingan blog =D
tahu2 kebablasan waktunya sudah kelewaaaat dah. Allah beri pertolongan kpd hamba2 yg memohon kpdNya. insya Allah.

Aamiin, semoga aja kita nggak termasuk orang-orang seperti itu (lebih ngejar duniawi). Subuh itu memang berat tapi pahalanya ckckk nggak sebanding sm rasa malasnya apalagi kalo bisa ke Masjid. Btw follow balik blog saya ya mb, thanks..

Moga kita tidak termasuk di kalangan orang-orang yang malas solat. Cabarannya kadang kala banyak.. :( :(

kenapa matanya si emot muter-muter gitu ya mbak..pusingkah..? hehe.. :)

Kalau sudah dibiasakan dari kecil,, biasanya ini akan sangatlah mudah...

mba,, saya izin folow blognya dulu yah... :D

alhamdulillah kalo aku udah biasa, karna rumah deket masjid jadi dari kecil udah di bangunin harus sholat dan ke masjid.
dulu pernah sih sering telat sholat subuh awal kuliah jadi anak kost. tapi alhamdulillah cuma sebentar.

Semoga digerakkan hatinya dan mendpt taufik utk melakukan sholat berjamaah di mesjid, terutama kaum laki2.

Teimakasih 'dik Zalfaa, follow back, done.

setuju sjk kecil sdh hrs dibiasakan. klo sdh kolot byk (pinter) alesan :D
silakan follow mas, sama2 :) terimakasih

hamba yg :-d mas Laksono, sll on t right time meLaksonoken kewajiban.
barakallahu fiik.

Insya Allah mba Fidah. Hanya Allah yg beri hidayah untuk melakukan amal sholih.

Hmm.. bener bgt tulisan ini fakta sebagian besar orang. Bahkan kdg setelah tahajud menanti adzan subuh pun kita bisa bablas ketiduran

Makasih sudah di ingatkan mba..

sayah maluuu mba Anjar @@ aaahh !

smoga Allah memberi taufik kpd kita utk menjaga sholat.
Afwan, sama2 mbak Ruli.

terimakasih sudah diingatkan. waktu subuh memang waktu yang mudah kita lalai. semoga senantiasa bisa selalu dan terus bangun subuh,,,,Insya ALlah..

Komentar baik Anda menambah semarak blog ini. Barakallahu fiikum.

Copyright © * Mysweet Ladyluck. All rights reserved.