Resep BANANA BROWNIES 1 Pisang 1 Telur Simply Ezy

Sedia tepung cake instan sangat menolong jika sewaktu-waktu ada tamu, teman, saudara berkunjung ke rumah.  Siapa sangka ternyata Tuan Rumah menyuguhkan hidangan lezat, hangat, fresh langsung dari oven, Resepnya Simply Ezy .. gampang.


Banyak merek produk ini tersedia di supermarket, salah satunya D*nan. Selain awet disimpan, pembuatannya juga mudah, tinggal ngikuti petunjuk yang tertera pada kemasan.

Pas niyyy… Ada sisa pisang yang tinggal sepotong lagi, udah mateng banget sampai timbul bercak2 hitam pada kulitnya.  Kalo pisang udah gitu gak ada yg ngelirik. Enaknya diapain ni pisang?

Punya sisa tepung instan untuk membuat cake, sisa 1 gelas kurang.
Sip…  padukan saja dg pisang lah.

Apa pantes yg begini disebut "Banana Brownies " ? simply ezy? jadi maluuuu ih.

brownies

Bahan

1 bh pisang ambon matang, haluskan dg garpu.
1 bh telur        
1 sdm gula pasir
1 gelas kurang dikit tepung instan untuk membuat cake
1 sdm terigu
5 sdm  firgin olive oil/minyak zaitun (bisa diganti dg minyak goreng biasa)
3 sdm air matang
Sejumput garam
Sejumput vanilla


brownies

Cara Membuat

1.       Panaskan oven. Siapkan Loyang yg sdh diolesi minyak lalu taburi terigu.
2.       Kocok telur dan gula. Masukkan semua bahan sambil diaduk perlahan, 
3.       Masukkan ke dalam Loyang, panggang di oven hingga matang.

brownies

Ooo ya kalo gitu mah pantas saja disebut Banana Brownies Simply Ezy … atuh !
Bikinnya gampang banget gitu. Mmm tapi rasanya gimana nih … ???


Read More »

SYAI NA'NA Teh Daun Mint Arabi

Syai Na'na Teh Daun Mint Arabi, minuman teh ini disajikan dengan campuran daun mint segar. menjadi minuman favorit di negri gurun sahara Arab Saudi.

Syai na'na : minuman teh dengan daun mint segar
Teh

Minuman teh dikenal hampir di seluruh belahan dunia. Racikan dan cara penyajian-nya pun di masing-masing daerah atau negara mempunyai keunikan tersendiri.

Saat makan di *warteg saya  selalu pesan *teh manis panas, pas banget berpadu dengan aneka menu makanan khas warteg.

Lain halnya di Bandung tehnya tawar enggak pakai gula , Jadi kalau pengin teh manis, ya harus request. ke #teh(teteh)minta teh manis.

#teh/#teteh di Bandung merupakan sapaan/panggilan kepada perempuan.

Nah...jadi kalau di Jawa Tengah ada *teh manis (minuman teh rasa gula) ...
sedangkan di Jawa Barat ada *teh geulis (perempuan cantik)...
teh=perempuan, geulis= cantik ( bhs sundanese).

Syai Na'na

Lain lagi pengalaman yang berikut ini, saat hijrah ke jazeerah Arab (Saudi). 
Salah satu kebiasaan yang telah membudaya di Saudi adalah minum teh. Teh menjadi minuman simbol keramahan, sebagai jamuan yang disuguhkan untuk menghormati tamu. 

Nambah lagi  ..... (dok. pribadi)
Syai na'na minuman teh yang dicampur dengan daun mint segar,

Arabic : شاي بالنعناع syai bil na'na. Syai=teh, na'na=daun mint.

Cara menyajikannya dalam gelas bening, size imut, lebih kecil dari mug normal,


Gelas biasanya dg dengan sentuhan ornamen yang khas, nuansa keemasan, diletakkan dalam nampan stainless warna senada, menambah elegant.

Sang Tuan Rumah lah yang akan menyuguhkan, dikucurkan dari teko ke dalam gelas2 mini kosong, dengan ketinggian tertentu sehingga tamu akan melihat kucuran air, yang akan menimbulkan suara gemericik dan menimbulkan gelembung2 kecil dalam gelas...langsung di depan tamu...wuih..sensasinya terasa banget, ada rasa keakraban mengalir.

Berbeda dengan jika kita minum dari gelas yang sudah terisi.

Perbandingan ukuran mug normal dan gelas mungil Syai Na'na

Hendaknya tidak meniup-niup minuman saat panas, tunggulah sejenak hingga hangat pas di lidah.. Setiap kali gelas kita terlihat kosong maka tuan rumah akan menambah/menuangkan lagi.

 Di negara Saudi Arabia, daun mint sangat mudah didapatkan, tersedia di supermarket. 

Racikan syai na'na dapur 'Yu-Lady:
Bahan :  - air minum
              - teh, berupa daun atau serbuk atau teh celup.
              - daun mint 20 lembar
              - gula secukupnya

daun mint leaf
daun MINT segar... 

Cara Membuat

- Rebus air hingga mendidih, matikan api, segera masukkan air ke dalam teko/jar yang telah berisi teh, gula dan daun mint.
- Tutup teko, biarkan sebentar 3-5 menit,
- Kucurkan air teh dari teko ke dalam wadah lain, lalu kembalikan lagi ke dalam teko. Ulangi beberapa kali sambil teko digoyang-goyang Ini supaya teh,gula,daun mint bercampur dengan baik.
- Hidangkan dalam gelas saji, dg mengucurkannya langsung di hadapan tamu.

Saya suka menyajikannya dengan gula batu, saya letakkan dalam wadah terpisah.
Tamu yang ingin menambahkan gula dapat langsung menikmatinya.
sahi na'na ditemani sepotong pizza buatan sendiri, mariii

Daun mint yang beraroma khas, menimbulkan efek rasa segar di dalam tubuh. Inilah yang membuat daun mint banyak digunakan sebagai bahan campuran produk seperti permen, pasta gigi, obat kumur, shampo, kosmetik. Khasiat lainnya dapat mengatasi gangguan pernapasan. 

Saya kalau terkena tanda-tanda serangan flu/pilek, segera membuat air teh yang dicapur daun mint, lalu uapnya saya hirup... sreeennng terasa segar dan melegakan pernapasan lanjut menyeruput segelas sahi na'na ... aromanya yang segar dapat mengatasi mual dan pusing, juga turut mengaktifkan enzim dalam mulut dan pencernaan bekerja dengan baik...

Pas banget nih diminum saat dingin gini.
Mari disruput syai na'na-nya. Anget2 semriwing ...!

Yang mau pilih kopi silakan minum Qahwa, Kopi Tanpa Gula ala Arabi. Bukan kopi hitam, warnanya sungguh eksotik coklat keemasan. Disajiakn dalm wadah imut mungil menyerupai cepuk/sloki keramik.

Riyadh - KSA Kingdom Saudi Arabia
@Musim dingin, dibawah 10 derajat C.

 

Read More »

Mencicipi Kemewahan Kapal Pesiar Super-Star Virgo Cruises Berkeliling ke 3 Negara

Sekali-kalinya ane naik kapal pesiar yang super buesaarr. Super-Star Virgo Cruises merupakan kapal pesiar terbesar route Asean. lebih besar dari kapal pesiar yang di Bali "Bounty Cruises" dan di Sydney Australia "Captain Cook cruises".

Pic 1, Kapal Pesiar Superstar Virgo Cruises.
Pengalaman ini sudah lalu,  

Dari bandara Cengkareng Jakarta kami meuju Singapore by Garuda Airline. Sampai di Singapore 1 jam 20 menit kemudian. Langsung menuju Harbour Front Cruise, Singapore, tempat nge-tem kapal pesiar ini..Serasa orang penting saja, kedatangan kami disambut dengan berfoto satu persatu dengan model cantik dan ganteng setempat. Senyum full ramah dan postur tubuh yang aduhai menambah gairah untuk segera memasuki kapal pesiar terbesar route Asia.

ACCESS CARD

Di embarkasi Cruise memberikan "access card'' sebagai pengganti passport yang ditahan (disimpan sementara) oleh pihak Cruise, digunakan selama tour dengan kapal pesiar ini berlangsung. Access card ini berbentuk seperti kartu ATM, berfungsi sebagai ID card, identitas yang harus selalu berada di tangan kemanapun pergi baik di dalam cruise maupun selama di darat. Access card ini juga berfungsi sebagai kartu kredit. Saya saat itu deposit sebesar Sin $100 yang dapat digunakan untuk pembelanjaan 'food and beverage' only di dalam kapal. 

Untuk penambahan lain & fasilitas lainnya akan dikenakan charge. Seluruh transaksi di dalam kapal adalah "Cashless System". Pembelanjaan yang melebihi dari Sin $100 harus diselesaikan sebelum tour selesai, di cashier yang telah ditunjuk, di dalam kapal. Apabila transaksi dengan cashier sudah beres yaitu pada hari terakhir tour, barulah passport akan dikembalikan.


Pic 2, Loby utama.
FASILITAS

Yuk jelajah Kemewahan Kapal Pesiar Super-Star Virgo Cruises, ada apa saja di dalamnya. Masuk ke dalam kapal terasa di hotel berbintang. Loby Utama didekor bernuansa klasik-modern. Pas di tengah disambut patung kuda bernuansa emas, menjadi eye catching dengan beberapa patung manusia bergaya romawi. Di sini paling ramai untuk berfoto. saya dapet kamar di lantai 11. Interiornya sangat cantik, dengan desain modern minimalis. Kamar tidur dengan 2 bed. Kamar mandi berbentuk menyerupai kapsul dengan peralatan modern.

Kapal pesiar ini terdiri dari 14 lantai, dengan kapasitas penumpang sekitar 2.000-an dengan destinasi yang beragam pilihan. Waktu itu kami memilih destinasi ke 3 negara yati Singapore, Malaysia, Thailand, dimana kapal mendarat di ke 3 negara tsb. Kapal Pesiar Superstar Virgo Cruises adalah yang terbesar dari selumlah kapal pesiar lainnya yang dimilki oleh Star Cruises, dilengkapi dengan lift maupun escalator., membuat rasa penasaranku untuk menelajah setiap floor hingga lantai teratas. 

Menikmati makan siang di Mediterranean Restaurant lantai 12, menu Internasional, segala hidangan tersedia dengan penataan yang mewah serta rasa yang berkelas. Selain di Mediterranean Resto kita dapat juga menikmati hidangan di restaurant lainnya. Bella Vista resto Western ada di lantai 6.
Sedangkan Paviliun Resto tinggal pilih ada menu Chinesse. Ada juga A La Carte Resto, Palazzo (italian), Noble House (chinesse), Samurai (japanesse), The Taj (india).

Pic 3 : Kolam Renang dan seluncuran.

Kolam renang, Gymnastic, mau nge-gym, senam aerobik, ikuti saja jadualnya, dipandu instruktur yang profesional. Salon n Spa, keluar dari tempat ini pastilah lebih kinclong, fresh.

Tempat judi casino, ada! Tempat ini aturannya sangat ketat, tidak semua orang bisa masuk. Penasaran saya paksakan untuk melongok ke dalam sebelum diusir oleh "body guard". Astaghfirullah, ternyata ada loh beberapa kaum hawa yg asyik di depan mesin judi.


Salah satu food stand yang ada di area swimming pool side, STAR cruises.
Silakan makan sepuasnyaaaaaa gratiisss   (dok.pribadi)

HELIPAD

Pengin tahuuu aja, berkeliling ke seluruh floor kapal hingga lantai teratas (lantai ke-14) terdapat heli-pad. Dibawahnya ada kolam renang tepatnya di lantai 12 dan 13. Seluruh kegiatan di dalam kapal dikemas sedemikian rupa menjadi satu paket yang sangat menyenangkan.


Heli-pad . 
Ayo main "sundamanda" begitu saya lihat letter H di lantai paling atas, tempat Heli-pad.
Sundamanda adalah jenis permainan masa kanak2, caranya dg loncat2 melewati batas kotak yg digambar di lantai/tanah. Ingaaatt enggak ? Di sini tiupan angin sangat terasa kencangnya, topi bisa bakalan melayang kabur. 

Sarana lainnya sangat lengkap, acara2 entertainment pun sangat menarik antara lain : 
Charlie's Kids Club, Sport bowling, basketball, swimming, table tenis, fitness, yoga, aerobic, fashion show, cabaret show, magic show, cooking demo, gala cocktail, gala dinner, live music, band, ball room music, dance, disco fever,las vegas show, gameshow, jackpot,bingo, karaoke, dan lain lain... yang ditata masing2 dalam suatu ruangan dengan desain interior, tata cahaya, dan sound yang .. mantab. 

SAAT PALING MENDEBARKAN


Saat berada di negri lain, paspor bagaikan nyawa kedua bagiku.
Pernahkah sahabat berurusan dg paspor, dimana paspor tertahan?. 
Ini yg saya alami, Sangat mendebarkan .. agak panjang ceritanya, 
akan saya share mendatang. Insya Allah.

Semoga ada manfaatnya.


Sumber gambar : Pic 1,2,3 : detik.travel.com, selebihnya dok pribadi.


Read More »

Resep Kue Lumpur PUMPKIN Lembut Legiiit

Ini kali perdana membuat hidangan dari bahan dasar "pumpkin" ( labu kuning), waluh. Warnanya yang kuning cantik, dengan kismis di atasnya, serta lembut di mulut. Enak disantap saat hangat maupun dingin dari kulkas.

pumpkin cake

Pumpkin (labu kuning) biasanya dikolek, atau dibikin candil … waaa nuansa Ramadhan banget yah. Di negri lain pumpkin dibentuk dengan cara dilubangi menyerupai mata dan mulut, agak2 serem.. buat nakut2i kaleee saat "hallowen party"… weeew kagak atut wew ..!

Pikiran saya sudah terbius dengan jajanan kue yang biasa dijual "tenongan" yaitu wadah jajanan terbuat dari anyaman bamboo sejenis tampah bertutup, cara bawanya dengan disunggi di kepala. Jadi teringat ibu2 yang jual ini .. langganan kalau lewat depan rumah selalu menawarkan dagangannya …'kelemaaaan mbaaa…".

Kue lumpur .. itu dia. 
Kue Lumpur Pumpkin Lembut Legiiit

pumpkin
PUMPKIN ..labu kuning, waluh
Siap2 eksekusi di dapur. Meski tidak punya wajan / cetakan kue lumpur, lanjuuut aja. Udah kebayang saya mau coba saja pakai Loyang cetakan muffin yang isi 6 buah … kudu berani atuh.
Jadi itu cetakan muffin aku pakai dengan api langsung dari kompor. Sreennggg .. baru beberapa saat kok udah tercium bau 'sengit/gosong'. 

Tapi adonan masih cair lembek gitu alias masih mentah. So saya biarin aja dg mengecilkan api. Buru2 nyalain blower .. itu bau sengit/gosongnya biar minggaaat.
Sepertinya udah matang .. saya matikan api, biarkan kue dlm cetakan hingga agak dingin. 

Bener uhuy pas dikeluarkan daricetakan, mulus nggak lengket. Tapi ituuuu … sebagian pinggirnya menghitaam .. hu hu .. Kalem ajah, coba dicicipin .. wuenyaaak mak .. !

kue lumpur
Korban Lumpur ... ada yg gosong pinggirnya hikz 
Selebihnya, saya selesaikan dengan dipanggang di oven saja.. Alkhamdulilah hasilnya mayaaan. Okelah .. dengan ini saya beranikan share.

Resep Kue Lumpur PUMPKIN Lembut Legiiit :

kue lumpur

BAHAN 
                       
1/4 kg Pumpkin, kukus, haluskan.
1 gelas susu cair atau (2 sdm susu bubuk campur dg air matang hingga 1 gelas)
5 sdm gula pasir
3  sdm butter
Sejumput garam
Sejumput vanilla
5 sdm terigu
1 telur, kocok dg garpu.
Kismis untuk garnis (hiasan).

Hasil : Jadi 12 buah.
resep kue

CARA MEMBUAT

1.       Pumpkin (labu kuning)+susu+gula+butter+garam+vanilla, panaskan hingga hamper mendidih, matikan api.
2.       Siram sedikit demi sedikit ke tepung terigu, sambil diaduk2 tepungnya hingga rata tidak bergerindil.
3.       Masukkan telur, aduk rata.
4.       Masukkan ke dalam cetakaun/Loyang yg sudah diolesi butter dan ditaburi tepun., Oven 10 mnt, keluarkan, beri  kismis di atasnya, masukkan oven lagi hingga matang yaitu permukaan atas sudah tidak basah.
Kue lumpur ini teksturnya tidak seperti bolu atau cake, namun agak lembek. Dibiarkan sesaat kue menjadi lebih padat namun tetep lembut. Dapat disimpan di kulkas, kue menjadi lebih padat lagi. Enak juga disantap setelah disimpan di kulkas. Jika ingin hangat, panaskan dengan dikukus .. yummm kue menjadi lembuuutt klenyed-klenyed.

Justeru ini kekhasannya, mmm yummy … ah iyaaa seperti lumpuurrr … ?

pumpkin

*** Lumpur yang ini sungguh pembawa nikmat ***


Read More »

Duhai Hamba Yang Malas Bangun Sholat Subuh

Bismillah,

Adzan subuh terdengar namun rasa berat untuk segera bangun mengambil air wudlu untuk sholat.


Sementara kala bekerja begitu alarm berbunyi langsung 'njenggirat' segera bangun beranjak dari tempat tidur dan bersiap-siap berangkat bekerja. Meski kadang harus menembus gelap dan dinginnya dini hari bahkan semburat fajarpun belum menampakkan sinarnya.

Begitu takutnya terlambat hingga sengaja menambahkan  spare waktu 30 menit sebelumnya.
Takut dimarahi boss, takut kehilangan kepercayaan, takut tidak dipakai lagi, takut rejekinya hilang.

Seorang Pak Sopir terlambat menjemput  dimarahi habis2an sama Pak Boss.
Dengan rasa penyesalan yang mendalam Pak Sopir berjanji untuk tidak mengulanginya lagi.

Segitunya waktu dijaga supaya tidak terlambat datang di tempat kerja.
Segitunya penyesalan yg ditunjukkan kepada Pak Boss.

Namun .. saat adzan Subuh memanggil,
Tenang2 saja tuh melanjutkan nikmatnya berselimut.
Terlambat sholat subuh? Mana rasa takut kepada Sang Maha Pencipta? Mana penyesalan?


Sering lalai sholat subuh? Mengapa? ... "kena deh daku !".

Semoga Anda bukan lah orang yang ketinggalan sholat subuh demi mengejar agar tidak terlambat kerja. Ya Allah jadikanlah kami hamba-hambaMu yang senantiasa taat kepada perintahMU.

***
Saat ini 6 derajat Celcius, lumayan dingin.
Dibalik selimut hangat, enggan beranjak.


Read More »
Copyright © * Mysweet Ladyluck. All rights reserved.