RESEP NASI PANGGANG KEJU SAUS BECHAMEL

Punya sisa nasi jangan dibuang sayang. Ayo kreasikan sisa nasi dapat menjadi makanan lezat bergizi dengan dandanan beda jadilah Nasi Panggang Keju Saus Bechamel.

nasi panggang

Jika kita mengundang  tamu atau saudara untuk makan bersama di rumah, tentulah takaran masaknya lebih banyak. Namun bagaimana jika sesudahnya masih tersisa makanan yang jika dibuang sayang? Jika yang lebih adalah nasi, mau diapakan lagi yah? 

nasi goreng? … aaah itu sih sudah biasa banget … hahahah.

Coba berkreasi sedikit dengan bumbu gurih, saus béchamel. Campuran susu, keju, garam, merica menambah lezat nasi ini. Saus "béchamel adalah" saus Perancis klasik terbuat dari Tepung terigu, susu, butter/mentega..

Tertarik? Yuk intip dapur Yu-Lady, resep Nasi Panggang Keju Saus Bechamel.

bahan nasi panggang
Bahan 
BAHAN dan ALAT

1 loyang / kotak kertas alumunium, olesi minyak, taburi tepung terigu.
1 piring nasi
1 gelas susu cair
1 potong keju, parut
1 sdm tepung terigu
1 buah paprika, potong2.
1 buah wortel, diparut
2 siung bawang putih, iris halus / parut
1 sdm butter untuk menumis
1 buah telor rebus untuk garnis, plus irisan tomat.
Garam, merica, gula secukupnya.
Kaldu blok / penyedap rasa, jika suka.


nasi panggang keju saus bechamel
Sebelum dipanggang
CARA MEMBUAT

1 Siapkan nasi pada Loyang. Taburi wortel parut, paprika, keju.

2 Buat saus béchamel : panaskan butter di wajan, tumis bawang putih hingga harum, masukkan terigu, aduk cepat sambil masukkan susu sedikit demi sedikit sambil terus diaduk supaya tepung tidak bergerindil. Beri garam, merica, gula, kaldu blok. Cicipi rasanya. Matikan api.

3 Siram saus béchamel ke dalam nasi. Taburi sisa wortel dan keju.
4 Panggang sekitar 15 menit hingga saus menyatu dengan nasi dan padat, matang.

nasi panggang
Bekel nguli bapaknya biar semangaaat .. !
Nah siapa sangka sisa nasi menjadi hidangan Nasi Panggang Keju Saus Bechamel yang bergengsi … yah? Keren buat bekel anak sekolah. Si Bapak juga semangat bawanya ke tempat nguli (sehubungan biasanya  dibawain nasi bungkus). Beda packaging beda gengsi ..ceunah.

Lagian kalau dibawain bekel wadahnya suka lupa ketinggalan, paling sering mah sendok ketinggalan. Nah kalau pakai sendok yg plastik ini (sendok hasil ngumpulin makanan beli di warung), habis pakai lalu "bye-bye buang" juga gak sediiiih .

nasi keju

Siapa tahu bisa ditawarin ke kantin sekolah buat jualan. 
Mayan kan, obat galau saat GA gak cair-cair ... wkwwkwk 

ARTIKEL TERKAIT



50 comments

bawaannya langsung pengen ngunyah hehehe :D

HGS, kutahu yg kau mau .. habisi lah =D

Waahhh mantanbb , pas untuk semilan malam, kejuwnya itu loh nyusss banget ^_^

Ngiler juga lihat hidangannya, kira-kira badget buat beli bahannya berapa ya bu?

kalau nasi goreng ala Indonesia kalau nasi ini ala bule dan pakle ya mbak...

* pasti sangat lezat nih...ada keju, susu, wortel..kaya gizi ya mbak...apalagi makannya panas-panas... :)

Aku bookmark mbak. Akhir-akhir ini lagi semangat mencoba masakan baru yang keren-keren. Nemu nih yang pas.

ayoooo mba Gusty banyakin aja kejunya makin gurih :-bd

Yg biasa belanja majikan jadi saya kurang paham soal harga =D

Saya coba perkirakan ya mas Adam : nasi gratis (sisa, hihi= 1500), wortel 500, telor 1500, keju 1500, paprika 1500, susu 1500, butter 1000, garam,merica,gula,terigu 1000 dah, jumlah 10 rebu :p

Mayan mba Anjar hsl wisata di dapur ;) O ya rasanya makin afdol jika ditambah kerupuk.

Krupuk plembang yg dijual keliling pakai kaleng super jumbo (dipikul) |o| masih ada yg jual gitu ?

Silakan mba Sofia, jangan lupa berdoa spy hslnya sip :D.ditunggu sharingnya.
Terimakasih sdh tertarik utk mencobanya :)

Wah aku tersindir karena GA tidak cair-cair :)
Dompet keburu tipis tapi untungnya ada nasi panggang keju saus bechemel walau cuma kebagian gambarnya saja :)
Menyajikan tamu dengan resep seperti itu ? wah--wah ini sama saja mengajak miskin. Sausnya saja sudah tidak nguatain :)

aku ingin matengnya saja boleh ? pesan delevery dong ? gratis ya ?

Disuruh menghabiskan ? cuma dikasih gambarnya ?

delivery s coming ... dialamtkan ke Klaten or Cakung ? :D

iya nih masa gambar mba dikasih hihihi .... yang berbentuk nyata dong

asik asik ini mbak, nasi panggang buat makan malam ini, jadi kpingin buat resepnya lengkap :)

saya mangut mangut saja ya mas :)

Wah nggak terpikir sebelumnya. Prinsipnya hampir sama kyk schootel gitu ya. Coba ah, secara orang kita harus makan nasi :))

ini nih dompet kang Djangkaru tipis keren isinya cukup kartu doang, visa master platinum :)

"mangut" (g-nya 1) itu nama ikan lhoo mas MM :D .. "manggut2" =D

jangan mas curiga gagal kalo mas MM yg buat ..hahahah..
ini sdh saya buatin special utk mas :)

biasanya macaroni panggang mba Lusi, niy coba ganti dg nasi =D

sikaaaat habiiisskaaan :D mba Aiy

yang betul ini mbak, asik asik, terus kapan dunks bisa makanya ?:)

Sharingnya sangat berguna, Saya langsung coba mengolah nasi sisa semalam....:) Salam kenal dan terima kasih sudah mengunjungi rumah kucingku.

@Pariwisata: selamat sdh berani coba,mas :) szztt gmn hslnya rasanya klo enak bilang enak mas |o|
terimakasih sama2, sibuk akhir tahun ya, asyiik dah nongol lagi.

mas Safruz msh laper? itu bekel yg saya bawain .. msh kurang gitu? :p

Praktek ah. Kebetulan laper. Tadi di kantor cuma makan gaji buta..

Kalau resep nasi panggang keju saus bechamel ini langsung dicomot ya Mbak, mau dipraktekin

Lihat fotonya aja sudah mengundang selera nih Mbak, mamamia olala muantep sepertinya rasanya

Ya ampun, liat fotonya aja udah bikin ngiler...

Kok bawaan jadi lapar eung hehe.

Jadi pengen dimasakkin deh bu, caranya mau saya simpan biar dipraktekkan makasih.

saya sering bikin nasi panggang, tp blum pernah klo pake saus bechamel, pasti lbh maknyus

lhaaa cepet kali niy si akang dah ada di Boyolali... overland :-bd

gaji buta? mantabz yg 2 jt |o| hsl lelang FP sdh cair yah mas Zuki ... asyiik yo makaaan :)

gak tega liyat neng Ratu ngilernya mpe gitu :D niiyy take away 'say .. !

wadoooh yg dateng sini kok orang2 lapar semuaaa .. =D :D
mariii langsung santap sajaahh .. gratisss

saus bechamel biasanya utk macaroni panggang, iseng coba pakai nasi =D
mangga dicobiyan atuh neng DP yg jago masak :)

Hmmm enak kali ya nyobain nasi goreng panggang kalau lagi suasana hujan dan di temanin minum teh anget :G hihihi

mantabnya pas banget dah, ditemani wanita lembut cantik (mba Wida) :)

Komentar baik Anda menambah semarak blog ini. Barakallahu fiikum.

Copyright © * Mysweet Ladyluck. All rights reserved.