Sabun Mandi Ukir Lucu Buatan Sendiri Bisa Untuk Souvenir Gift

Saat mandi terasa lebih istimewa dengan Sabun Mandi Ukir Lucu Buatan Sendiri. Ayo berkreasi mengukir sabun mandi. Modal sabun Rp 1.500 an dapat menjelma jadi sabun mandi yang cantik. Bisa juga sebagai pengharum lemari pakaian, ruangan, kamar mandi, dll. Tambahkan sentuhan kain jala untuk membungkusnya serta pita warna-warni. Unik juga buat dijadikan souvenir, gift buat keluarga, teman tersayang.

sabun ukir
made by Mysweet Ladyluck, original design
Saat sedang beberes koran, majalah, buku, sambil memilah-milah, sekilas membaca.. beberapa kembali saya amankan untuk disimpan lagi... selebihnya ditumpuk rapi, diikat, untuk nantinya dikilo...dijual....hahaha dasar emak-emak apa aja jadi duit... (lumayaan dikumpulin..bisa untuk beli laptop..haha, ngeblog jadi makin asyiiik). 

Nemu majalah yang tercecer halamannya ada yang lepas, pas dirapikan, ada halaman yang yang langsung menarik mataku.... warna warni sabun mandi yang cantiiiikk banget bentuknya lucu2...

Pikiranku terus saja mengingat aneka bentuk 'sabun ukir' yang sangat indah.
Aduuuhh maaaafff banget nama majalahnya lupa.... 

craft soap
banjir order ..hahahah
Tak kuat menahan ingin segera mencoba ngulik sabun, Akupun mencoba membuatnya. Dari sabun biasaaaa yang Rp.1500-an. Alat untuk mengukirnyapun sangat sederhana...apa saja yang penting bisa untuk membuat ukiran pada sabun...cutter, tusuk gigi, ... dll. Aiihhh bisa menjadi sabun yang cantik seperti ini : .... hhhmmmm...feeling fresh,good smell,soft,sensation...

Sabun ukir ini bisa dijadikan "gift" , souvenir, kado, .... iiiiihhh so cute ....:)
Dipercantik dengan bungkus plasik mika, kain jala, beri sentuhan artistik dengan penambahan pita.

Bahan dan alat 

1. Sabun mandi batangan. Cobalah beberapa macam sabun dengan aneka warna dan bentuk.
2. Alat ukir : bisa cutter, tusuk gigi, atau benda lainnya yang fungsinya dapat untuk mengorek, memotong.
3. Cat air atau pewarna linnya (bisa dihilangkan).
4. Packaging plastik mika, kain jala, asesoris pita.

craft tools
Alat bantu
Cara membuatnyapun mudah sajaaaa 

1. Bikin pola terlebih dahulu di permukaan sabun. Langsung gambar pola dengan menggoresnya menggunakan jarum, atau benda lain. Saya pernah menggambar pola dengan spidol, eeeehhh meninggalkan bekas yang membuat sabun kurang cantik :(.
2. Mulailah mengukir sabun... sambil senyum yaaaaa, sabaaar, ..
3. Untuk menghaluskan bagian yang diukir, celupkan jari ke dalam air, lalu usap2kan ke permukaan sabun yang hendak dihaluskan.
4. Jika ingin menambahkan warna, tinggal dipoles dengan cat air.
coba diwarna 
Pernah juga langsung mengorek2 sabun tanpa pola desain terlebih dahulu, pikirku aaahhh lihat saja jadi apa nantinya. Ukir saja teruuss, kurek sana korek sini, sayat sedikit demi sedikit, lho kok bentuknya masih belum jelas .. lanjuutin ajaa .... lama-lama ... itu sabun habis, tanpa bentuk ...whoaaaa .. nyengir aja sendiri ...! korban dah 1 sabun, gagal.

Eh itu serbuk sabun hasil kurekan sayang kan kalau dibuang, Aku bungkus dengan kain, ikat dengan pita, mayaaan lah masih bisa untuk pengharum ruangan / lemari baju. Good job, sabun masih terselamatkan , masih bermanfaat.

Beberapa contoh sabun ukir, yang menginspirasi, diambil dari majalah :

packaging dengan plastik mika, berpita ... cantik:)


Semoga dapat menginspirasi sahabat. Jika sudah membuatnya, sharing yaaaa ..
Terimakasih sudah mampir ... yuk mareee mandi ... :)


Read More »

RESEP NASI PANGGANG KEJU SAUS BECHAMEL

Punya sisa nasi jangan dibuang sayang. Ayo kreasikan sisa nasi dapat menjadi makanan lezat bergizi dengan dandanan beda jadilah Nasi Panggang Keju Saus Bechamel.

nasi panggang

Jika kita mengundang  tamu atau saudara untuk makan bersama di rumah, tentulah takaran masaknya lebih banyak. Namun bagaimana jika sesudahnya masih tersisa makanan yang jika dibuang sayang? Jika yang lebih adalah nasi, mau diapakan lagi yah? 

nasi goreng? … aaah itu sih sudah biasa banget … hahahah.

Coba berkreasi sedikit dengan bumbu gurih, saus béchamel. Campuran susu, keju, garam, merica menambah lezat nasi ini. Saus "béchamel adalah" saus Perancis klasik terbuat dari Tepung terigu, susu, butter/mentega..

Tertarik? Yuk intip dapur Yu-Lady, resep Nasi Panggang Keju Saus Bechamel.

bahan nasi panggang
Bahan 
BAHAN dan ALAT

1 loyang / kotak kertas alumunium, olesi minyak, taburi tepung terigu.
1 piring nasi
1 gelas susu cair
1 potong keju, parut
1 sdm tepung terigu
1 buah paprika, potong2.
1 buah wortel, diparut
2 siung bawang putih, iris halus / parut
1 sdm butter untuk menumis
1 buah telor rebus untuk garnis, plus irisan tomat.
Garam, merica, gula secukupnya.
Kaldu blok / penyedap rasa, jika suka.


nasi panggang keju saus bechamel
Sebelum dipanggang
CARA MEMBUAT

1 Siapkan nasi pada Loyang. Taburi wortel parut, paprika, keju.

2 Buat saus béchamel : panaskan butter di wajan, tumis bawang putih hingga harum, masukkan terigu, aduk cepat sambil masukkan susu sedikit demi sedikit sambil terus diaduk supaya tepung tidak bergerindil. Beri garam, merica, gula, kaldu blok. Cicipi rasanya. Matikan api.

3 Siram saus béchamel ke dalam nasi. Taburi sisa wortel dan keju.
4 Panggang sekitar 15 menit hingga saus menyatu dengan nasi dan padat, matang.

nasi panggang
Bekel nguli bapaknya biar semangaaat .. !
Nah siapa sangka sisa nasi menjadi hidangan Nasi Panggang Keju Saus Bechamel yang bergengsi … yah? Keren buat bekel anak sekolah. Si Bapak juga semangat bawanya ke tempat nguli (sehubungan biasanya  dibawain nasi bungkus). Beda packaging beda gengsi ..ceunah.

Lagian kalau dibawain bekel wadahnya suka lupa ketinggalan, paling sering mah sendok ketinggalan. Nah kalau pakai sendok yg plastik ini (sendok hasil ngumpulin makanan beli di warung), habis pakai lalu "bye-bye buang" juga gak sediiiih .

nasi keju

Siapa tahu bisa ditawarin ke kantin sekolah buat jualan. 
Mayan kan, obat galau saat GA gak cair-cair ... wkwwkwk 

Read More »

Menyikapi Oleh2 Makanan Dari Luar Negeri Yang Tidak Ada Label HALAL-nya

Bismillah

Dibawain majikan oleh2 dari Luar Negeri dari orang India yang baru saja pulang dari India, cuti liburan. Wuiiihh .. pertama yang aku cicipin yang bentuknya seperti mie kering remuk. Crispy kemriuk .. rasanya adhuuuuhai .. !

Ini mengingatkanku pernah  beli snak serupa di toko snak India di dalam kapal pesiar Star Virgo Cruise. Rasanya saya masih hapal karena sungguh aneh di lidah .. mak sreeengg puedesnyaa pool, dan aroma rempahnya kuat banget .. mmm jinten apa yah J Cemilan ini kemriuk, asyik dimakan rame=rame … dan yang lainpun pada ikutan beli.

snak india
Oleh2 snack dari India
Lha kok ini oleh2nya buat saya semua? Majikan sama sekali enggan mencicipinya, karena tidak ada label HALAL-nya, oleh2 tsb berasal  dari Luar Negeri  yang mayoritas penduduknya Non Muslim.

Weiiss saya habisin sendiri tuh oleh2nya. Ada semacam biscuit yang keras, rasanya maniisss banget. Tapi pas diemut-emut di mulut, cepet banget lumernya.

Saya perhatikan packagingnya memang betul "tidak ada label Halal-nya".

Waduh .. gimana dong, makanannya sudah amblas habis olehku ? aaahhh … jangan2 … !

Setelah cari2 tahu … berikut penjelasan yang membahas tentang hal semisal, sbb :

                                          ************************************

MENYIKAPI OLEH² MAKANAN DARI NEGERI MUSYRIK

PERTANYAAN 
Bagaimana kita menyikapi pemberian oleh2 makanan dr luar negri yg tidak ada label halal kemudian masyarakat negri tersebut beragama Budha ? Bolehkah kita memakannya ? Yang memberikan adalah keluarga kita sendiri dan mereka tau bhw kita muslim namun saya tdk tau pasti apa mrk paham ada bbrp makanan yg haram utk ummat muslim memakannya.
Makanan tersebut seperti biskuit2, kacang mede, ikan teri yg sdh di goreng dan snack2 khas negri tsb.
@Ummu Arfa

JAWABAN 
Wa'alaikumus salam warohmatullahi wabarokatuh

1⃣ Ada kaidah penting di sini yang perlu disampaikan, yaitu :
الأصل في الأشياء الإباحة
Hukum asal segala sesuatu adalah mubah
Termasuk makanan dan minuman sampe datang dalil yang mengharamkan

Sebaliknya utk sembelihan, maka kaidahnya adalah:
الأصل في الذبح التحريم
Hukum asal sembelihan adalah haram
Kecuali sampe datang dalil yg menunjukkan kebolehannya (penyembelihan nya syar'i)

 2⃣ Kaidah umum :        
الأطعمة والأشربة الأصل فيها الإباحة، وهي ثلاثة أنواع:
Makanan dan minuman secara asal yg mubah  ada 3 macam :
(1) Hewan (حيوانات), baik itu hewan darat apapun laut/air, kecuali apabila ada dalil yg menunjukkan haramnya
[harap bedakan hukum asal hewan dengan hukum asal sembelihan. Hewan darat yg disembelih, hukum asalnya adl haram. Tapi jenis hewan darat yg akan disembelih hukum asalnya adalah mubah]
(2) Tetumbuhan (نباتات), dan semua tumbuhan secara asal hukum nya adalah mubah
(3) Cairan (سوائل.) seperti air, susu, madu, dll. Secara asal adl mubah kecuali ada yg memalingkan hukum asalnya.

 3⃣ Kaidah ditinjau dari manfaat dan bahaya makanan, ada dua segi :
(1) Kaidah :
 فكل ما فيه منفعة للروح والبدن من مأكول، ومشروب، وملبوس فقد أحله الله عز وجل
Setiap segala sesuatu yg ada manfaatnya baik utk rohani dan jasmani, baik berupa makanan, minuman ataupun pakaian, maka dihalalkan oleh Allâh Azza wa Jalla
(2) Kaidah :
 وكل ما فيه ضرر أو مضرته أكثر من منفعته فالله قد حرمه
Setiap segala sesuatu yg di dalamnya ada bahaya, atau bahayanya lbh besar daripada manfaatnya, maka Allâh mengharamkannya

4⃣ Hukum sembelihan orang kafir
Ada 2 macam :
(1) Sembelihan ahli kitab, maka secara asal halal. Kecuali apabila diketahui secara pasti penyembelihan nya disebut nama selain Allâh, maka haram hukumnya.
(2) Sembelihan musyrikin dan kaum kafir lainnya, adalah haram seluruhnya.

5⃣ Hukum makanan yang diragukan
Ada bbrp macam :
(1) Makanan yang secara asal halal namun diragukan apakah tercampur dg yg haram atau tidak, maka kaidah nya adalah
اليقين لا يزول بالشك
Sesuatu yg meyakinkan tdk dapat disingkirkan oleh sesuatu yg meragukan.

➖ Contoh 1 : kita beli gorengan, dan gorengan itu halal secara yakin. Kita ragu, krn yg jual org kafir misalnya, apakah digoreng pake minyak babi atau ga... Maka yg yakin didahulukan daripada yg meragukan, jd makanan tsb adl halal.
(2) Makanan yg diragukan dari dzatnya apakah halal atau haram
➖ Misalnya kita makan di  restoran di Bali, yg disana sdh biasa masyarakat makan babi dan anjing, maka lbh baik kita tinggalkan memakan makanan tsb.
➖ Misalnya kita makan di wilayah  yg banyak muslim nya, maka kembali ke poin (1),yaitu halal. Tdk ada alasan utk ragu, krn yg meyakinkan adl secara asal sembelihan org islam adl halal.

Adapun Oleh² dari negeri musyrik, maka perlu dipilah :

(1) Kacang mede, secara asal adl halal. Jika Kacang mede yg dibakar atau disangrai, juga halal. Namun, jika digoreng dan diketahui mereka menggoreng makanan dg minyak haram, maka lbh baik ditinggal kan.
(2) Biskuit² juga secara asal adalah halal, kecuali jika diduga kuat mengandung ingredient haram, seperti rhum, dan semisalnya.
(3) Ikan Teri juga halal, tdk diragukan. Namun minyak gorengnya diragukan apakah halal atau tidak. Jika diketahui dg yakin negeri tsb biasa menggoreng dg minyak tdk halal, maka lbh baik tdk dimakan.

Intinya, secara asal produk tsb adl halal. Namun, jika dikhawatirkan mengandung yg haram lantaran negara tsb biasa dg produk haram spt minyak, lbh baik ditinggalkan.

Wallâhu a'lam
️ @abinyasalma
#⃣ Channel  https://telegram.me/abusalmamuhammad
Read More »

Ini Dia Pemenang Giveaway NYPB : Ada Namaku !

Alhamdulilah, sesuatu banget rasanya tulisanku Uniknya Nama Bayi Arab Hanya 1 Kata mendapat apresiasi sebagai Juara ke-2 di Ajang Giveaway NYPB Nama Yang Paling Berkesan. Ini pertamakali saya mengikuti kompetisi menulis.

bunga

Terimakasih kepada mbak Armitafibri  yang telah mengadakan ajang Giveaway Nama Yang Paling Berkesan.

Berikut daftar pemenangnya :
Juara 1: Eto Shujindakara
Mendapatkan Botol susu bayi usia 0-6 bulan + Kaligrafi Kufi + Kosmetik + Abon Jambrong + Boneka Rumput Agri
Mendapatkan Kaligrafi Kufi + Kosmetik + Abon Jambrong + Novel Cinderella + Boneka Rumput Agri
Juara 3: Ophi Ziadah
Mendapatkan Kaligrafi Kufi + Kosmetik + Abon Jambrong + Boneka Rumput Agri
Juara 4: Gustyanita Pratiwi
Mendapatkan Abon Jambrong + Kosmetik + Novel Cinderella + Benih Tanaman
Pemenang Tambahan: Kanianingsih, Irawati Hamid, Tri Sulistiyowati

Masing-masing mendapatkan 3 bungkus benih tanaman

Selamat kepada Para Pemenang, Seluruh Partisipan, dan Sahabat Semuaaa yang telah berkunjung ke blog saya, menikmati tulisan Uniknya Nama Bayi Arab Hanya 1 Kata juga memberikan Komentar, Like, Plus n supportnya yg sangat bermanfaat menambah wawasan. 

Guys .. You are my inspiration :)
Read More »

Uniknya Nama Bayi Arab Hanya 1 Kata

Tulisan ini meraih Juara ke-2 di ajang Giveaway "Nama Yang Paling Berkesan".

Bismillah, Kelahiran buah hati merupakan suatu anugerah dari Allah yang sangat membahagiakan bagi suatu keluarga. Persiapan pemberian nama bayi pun sudah jauh jauh hari sebelumnya. Beberapa nama bayi yang dicalonkan, dipilah dipilih dengan pertimbangan yang matang baik melalui nasehat orang tua, saudara, kerabat, teman, sahabat, baca2 di media, dll.

nama bayi
Masya Allah ... gambarfoto edited by Myswet Ladyluck
Nama merupakan tanda yang harus diberikan sebagai pembeda antara seseorang dengan lainnya.

Tak jarang sebuah nama menjadi cukup panjaaang .. dikarenakan pemberian nama bayi berasal dari usulan beberapa orang dalam suatu keluarga. Sebagai orang terdekat yang juga ikut berbahagia dan bersyukur atas kelahiran buah hati, baik dari nenek/kakek, om/tante, eyang buyut atau bahkan boss-nya mungkin J , mereka semua ingin juga andil memberikan nama.

Dulu saya beranggapan bahwa nama yang panjang itu keren, biasa digunakan oleh kalangan "ningrat" (bangsawan), kalangan orang kaya.

"Siapa namanya .. ?"

Berikut pengalaman saya di Saudi, terkait Uniknya Nama Bayi Arab Hanya 1 Kata. Saat berkunjung ke keluarga aseli Saudi Arabia yang baru saja mendapatkan buah hati. Dari desain, warna interior kamar bayi, perabot, pernak-pernik, serta souvenir yang ditata sangat menarik dalam nuansa biru..

Jamuannyapun khas Arabia, baca juga Aneka Masakan Arabian.

Souvenir berupa handuk lembut kecil yang dikemas indah berenda, berpita, parfum kecil imut dengan aroma yang segar ringan, serta mainan bergambar bayi. Sebagai kenang2an setiap tamu yang hadir menengok buah hatinya, diberikan souvenir cantik.

Saya menebak bahwa bayinya adalah lelaki.

Begitu terucap nama bayi teriring ucapan :

"Masya Allah gantengnya, lucunya  .. iiihh nggemessiin deh … "

Nama bayinya adalah Saleh.

Lalu saya masih bertanya penasaran : " Saleh …,  Saleh siapa lanjutannya ? "

Dijawab : "Saleh" saja.

bayi arab
Souvenir. Dapet oleh2 nengok Bayi Laki-laki di Arab Saudi 
Dok. pribadi
Hanya 1 Kata
Daku tersenyum (penasaran) kuangguk-anggukkan kepala sambil berucap : "Masya Allah tabarakallah … thoyyib, good (thoyyib, Arabic=baik)".

Pandanganku menyapu wajah bayi yang ngaraaab bingit.  Dari lanjutan obrolan kami, tahulah saya bahwa di Arab Saudi, Negara dengan warga negaranya 100% muslim,  menggunakan nama bayi (orang) hanya 1 kata.

Berikut nama bayi (orang) yang saya ketahui di Arab Saudi :
Pria : Muhammad, Abdullah, Umar, Saleh, Yassin, Yazid, Majid, Abdurrahman, Ali, Hasan, …dll.
Wanita : Aisyah, Aminah, Fatimah, Nur, Zahra, Jihan, Hayat, Layla, Marwa, Azizah, Reem, …dll.

Kesan Pertama Sungguh Mak jleb di Hati,
Nama Bayi / Orang Hanya 1 Kata : simple, mudah diucap & diingat

Pernah dalam suatu kesempatan kumpul bersama orang Saudian, saya dibuat terheran-heran saat kami saling berkenalan menyebutkan nama masing-masing.
Berkali-kali saya mengucap " sama .., namanya sama.., sama lagi…?" senyum2 keheranan.

Lhaaa iya wong saya pernah suatu saat menghadiri kumpulan keluarga besar Saudiyin,  saat saya berkenalan dengan para wanita Saudi ini, beberapa  memiliki nama sama.  Ada 3 orang yang namanya Nur dan ada 2 orang yang namanya Aminah.

Jangan heran kalau dalam 1 keluarga besar dijumpai nama-nama yang sama.
Lalu bagaimana mereka dapat mengetahui secara pasti orang yang dituju/dimaksud?

Garis Keturunan
Yaitu garis keturunan Bapak. Anak dipangiil dengan nama Bapaknya, diikuti kakek, buyut, …dst.

Misal sebuah nama Abdullah Saleh Umar Yassin,
Artinya : Nama dirinya sendiri adalah Abdullah, diikuti nama Bapaknya yaitu Saleh, diikuti nama Kakeknya yaitu Umar, diikuti nama Buyutnya yaitu Yassin.

Pemberian nama yang sama dalam 1 keluarga Saudiyin dapat bermakna  sebagai penghormatan kepada orang yang lebih tua. Misal orang tua yang memberi anaknya sama dengan nama kakeknya. Contoh sebuah nama : Abdullah Saleh Abdullah Umar. Artinya namanya sendiri adalah Abdullah, diikuti nama bapak yaitu Saleh, diikuti nama kakek yaitu Abdullah (nama kakek SAMA dengan nama cucunya/dirinya), diikuti nama buyut yaitu Umar.

Ada juga yang menambahkan pada akhir nama dengan missal Al-Arrishi, yang artinya berasal dari daerah yang bernama Abu Arrish, suatu daerah yang berada di Jizan, salah satu propinsi di Saudi Arabia.

Nah, jelas lah bahwa sebuah nama menjadi sangat spesifik mengarah tepat kepada pemiliknya.

Kunyah
Kunyah adalah nama yang diawali dengan Abu (untuk pria) atau Ummu (untuk wanita). Yang sudah maklum berkunyah dengan menggunakan nama anak lelaki yang tertua.

Contoh : 
Abu Saleh, artinya Bapaknya Saleh, yaitu si Bapak ini memiliki anak lelaki tertua bernama Saleh.
Ummu Yassin, artinya Ibunya Yassin, yaitu si Ibu ini memiliki anak lelaki tertua bernama Yassin.

simak igal
Shimak n Igal : pakaian laki2 Saudi. Dokumen pribadi
Pepatah Orang Arab mengatakan :
Setiap orang akan mendapat pengaruh dari nama yang diberikan padanya.

Waktu Pemberian Nama
Kapan sebaiknya pemberian nama dilakukan? Bersegera dalam pemberian kepada buah hati niscaya lebih baik, tidak harus menunggu sampai hari ke-7. Dari Saudiyin (orang2 Saudi) yang saya kenal, mereka memberikan nama kepada si buah hati segera begitu bayi dilahirkan.

Penulisan Nama              
Penulisan nama merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Bagi yang awam seperti saya, kadang menulis nama sendiri dengan ejaan/huruf yang "dibuat beda, dikiranya makin keren, nyentrik". Padahal bisa berakibat buruk.

Contoh, Nama "Hasan", ditulisnya Hazn... (biar nyentrik keren gituh dipakailah huruf Z dan bukan S). Lihatlah apa jadinya ... Arti kata Hazn itu "sedih".

Nah.., Enggak mau kan kalo kita / anak kita bawaanya jadi sediiiih mulu. ???

Namanya Qalb (Qalbu=hati), ditulisnya Kalb (=anjing) .. naaah yang ini paraaaah deh.

So, cermati betul dalam penulisannya. Jika ragu atau kurang paham, bertanyalah kepada pihak lain yang paham mengenai hal ini, misal tanya ke ustadz, kyai, ulama, dsb.

Syarat dan Adab
Dalam pemberian nama dipertimbangkan juga agar memenuhi Syarat dan Adab, misalnya :
1.       Mempunya arti/makna yang baik, bagus.
2.       Memudahkan orang yang mengucapkan nama tersebut,
3.       Memudahkan orang mengingat sebuah nama.
Arti Sebuah Nama
Seberapa pentingkah arti sebuah nama? Ya penting lah.

Berikut Nama Bayi (orang) yang baik dan disukai :
1.       Abdullah, Abdurrahman
2.       Nama yang berasal dari Asmaul Husna, diawali dengan kata Abdu (hamba), sebagai bentuk penghambaan kita kepada Allah.
Contoh : Abdul Malik, Abdul Khaliq, Abdul Wahab, Abdul Hakim, Abdul Latif
3.       Nama Nabi dan Rasul : Muhammad, Adam, Musa … dst.
4.       Nama orang-orang sholih yaitu : Khulafaur Rosyidin dan para sahabat lainnya.
5.       Nama isteri Nabi.
Maka berilah kepada buah hati anda, nama yang baik.
What is your name?

Demikian yang dapat penulis sampaikan berdasarkan pengamatan pribadi selama berinteraksi dengan orang aseli Saudi Arabia, pengalaman selama di Saudi. Tentu saja masih banyak kekurangannya. Dengan senang hati penulis menerima masukan, kritik dan saran dari pembaca yang budiman, sehingga tulisan ini dapat menjadi lebih bermanfaat.

Tulisan ini meraih penghargaan Juara ke-2 di ajang Giveaway Nama Yang Paling Berkesan.

 #GAarmitafibri

Read More »
Copyright © * Mysweet Ladyluck. All rights reserved.