Kabsah Lahma Nasi Kambing Arabi Laziz

Resep andalan dapur sendiri ini jadi menu favorit. Rasanya sudah disesuaikan dengan selera nusantara namun keasliannya yang ngarab banget tetap berasa Kabsah Lahma Nasi Kambing Arabi Laziz.

kabsa nasi kambing arab
  
Seporsi Kabsah Lahma sekitar 60 reyal atau sekitar 200 ribu rupiah. Kalau bikin sendiri ya jelas lebih puaaass. Bagi yang kurang menyukai daging kambing saya sudah siapkan Nasi Arab Kabsah Dajjaj yang menggunakan dajjaj = daging ayam.

Di dapur selalu siap "mix spicy" yaitu campuran bumbu rempah yang terdiri dari ketumbar, merica, cumin, dll, dapat beli di supermarket, berbentuk butiran. Lalu saya blender kering dan simpan di toples untuk pirnti masak … praktis.

Beras yang biasa digunakan untuk Nasi Arab Kabsah adalah "ruz basmati" , Bulir berasnya ramping, panjang. Jika sudah matang, butiran nasi akan berpisah, tidak menggumpal. Harganya nangkring di tangga harga paling top.

bumbu nasi kabsa
No beras basmati .. No problemo.
Tuh saya pakai beras biasa ... tetap nikmeeet.

Ini dia ... (sszzttt rahasia dapurku) resep membuat Kabsah Lahma Nasi Kambing Arabi Laziz.
Untuk 2 orang.

BAHAN 
1 gelas beras, cuci bersih.
4 potong daging kambing, cuci bersih
1 genggam parsley/seledri beserta batangnya, untuk rebus daging
3 sdm olive oil untuk menumis

BUMBU 
1 bawang merah besar (atau bawang Bombay), iris
3 siung bawang putih, iris
5 butir cardamon (kapulaga), geprek
5 butir cengkih
1 batang kayu manis
1 potong jahe, geprek
2 lembar daun salam
1 buah lemon hitam kering
1 buah lemon segar
1 buah tomat, iris dadu
Garam, merica, secukupnya
1 sdt mix spicy
1 sdm pasta tomat

nasi arab kabsa kambing

CARA MEMBUAT
1.   Rebus daging kambing (bersama seledri) hingga daging empuk, sekitar 1,5 jam, sisihkan. Biarkan air rebusan daging jangan dibuang, nantinya untuk masak nasi. Batang seledrinya bisa dibuang.
2.   Ambil panci, masukkan olive oil, masukkan daging kambing dan bawang merah, aduk2 sebentar, masukkan semua bumbu, tumis hingga harum.
resep nasi kabsah arab

3.   Masukkan beras, aduk2 tumis sebentar, lalu masukkan air rebusan daging.
4.   Masukkan pasta tomato, aduk rata, cicipi rasanya.
5.   Masak nasi hingga air hamper surut, aduk2 merata, lalu kecilkan api, lanjutkan hingga air surut. Cek nasi, cicipi nasi apakah sudah empuk dan tidak lagi keras rasa biji beras. Jika kurang air, tambahkan. Lanjutkan hingga nasi matang, matikan api.

Kabsah Lahma Nasi Kambing Arabi Laziz biasa disajikan dengan pelengkap yaitu
1.   Jeruk Lemon, dikucurkan pada hidangan sesaat hendak disantap.
2.   Fresh salad terdiri dari mentimun, lemon, yoghurt
3.   Taburan bawang goreng atau kacang2an.
4.   Minumnya "laban" yaitu susu yoghurt.

nasi arab kabsa lahma

Olive oil, lemon, seledri/parsley, timun, yoghurt, laban … inilah sebagai pelengkap sekaligus penetralisir. Menyantap daging kambing Kabsah Lahma Nasi Kambing Arabi Laziz pun benar betul nikmaaat. Mariii siniiih ... "kulliii ... kulliii " (arabic = makaaan).
Read More »

Musibah Jatuhnya Crane di Mekkah : Ini Pernyataan Raja Saudi

Kabar Lewat : MUSIBAH CRANE  di Mekkah.
Duka yang mendalam atas terjadinya musibah jatuhnya crane di Mekkah, 11 September 2015.
Ini Pernyataan Raja Saudi, King Salman, :

king salman saudi
Gambar hasil jepretan sendiri, live on tv Saudi-2
saat pernyataan King Salman dipublish, in English

1.       Santunan sebesar  1 juta Riyal atau sekitar 3,8 Miliar Rupiah, bagi syuhada yang wafat.
2.       Santunan sebesar 1 juta Riyal atau sekitar 3,8 Miliay Ruiah, bagi yang cacat permanen.
3.       Santunan sebesar 500 ribu Riyal, atau sekitar 1,9 Miliar Rupiah, bagi yang terluka.
4.       Mengundang keluarga syuhada yang wafat, masing-masing 2 orang sebagai tamu kehormatan untuk berhaji pada tahun mendatang.
5.       Bagi yang terluka hingga tidak dapat menyempurnakan hajinya,  mendapat undangan kehormatan untuk berhaji pada tahun mendatang.
6.       Memberikan visa khusus kunjungan bagi keluarga yang dirawat di Rumah Sakit setempat.
7.       Investigasi yang mendalam, sangsi tegas kepada pihak terkait atas musibah yang terjadi.
..... ( file penulis : 15 September 2015 ).
Seperti disebutkan dalam media Arab News komentar Rashid Mogradia, seorang anggota Dewan Haji yang berbasis di London- Inggris   : Ini menunjukkan sifat murah hati seorang King Salman dalam membantu ummat . Kecepatan dan transparasi hasil penyelidikan menunjukkan perhatian sepenuhnya dan kepedulian King Salman terhadap para tamu Allah.

Inna lillahi wa inna ilaihi rojiun.
Semoga para syuhada yang diwafatkan Allah menjadi penghuni surgaNya.
Dan yang terluka segera Allah sembuhkan serta keluarganya diberi ketabahan.

malik salman saudia
Gambar hasil jepretan sendiri, channel tv al ekhbaria
saat pernyataan King Salman dipublish, in Arabic

Betul nyawa tidak dapat digantikan dengan uang.

Penulis sangat menghargai kelembutan hati dan rasa tanggungjawab yang begitu besar terhadap ummat. Semoga Penjaga 2 Mesjid Suci (Mekkah dan Madinah) ini selalu dalam lindungan, petunjuk, rahmah dan maghfirah Allah Subhanahu wa Ta'aala.

Ditulis di Kota Riyadh, Saudi Arabia.

Sumber :                                    
live on TV, Saudi-2
live on TV, Al Ekhbaria
Gambar diambil dari siaran TV Saudi-2 dan TV Al Ekhbaria.
Read More »

Gahwa Sensasi Kopi Tanpa Gula ala Arabi

Minum kopi sudah menjadi budaya mendunia.
Sudah coba yang ini ? Gahwa Kopi Tanpa Gula ala Arabi ...

Salah satu Negara dengan budaya kopi tertua adalah Saudi Arabia dengan kopinya yang terkenal yaitu Kopi Arabica  قهوة عربية yang masih memiliki kekhasan baik dari cita rasa kopi, cara menyajikan maupun suasana saat minum kopi. Kopi arabi disajikan tanpa gula, 
Foto : Gahwa disajikan bersama cemilan Baqlawa dan puding sukulat.

Kopi berwarna kuning keemasan, dengan campuran rempah khas antara lain *saffron, cardmon, dll. 

.Kata *kopi berasal dari bahasa Arab, yaitu Al-Qahwa (Arabic: قهوة‎, qahwah) yang berarti kekuatan. dahulu sebagai stimulan agar tetap terjaga selama berzikir pada malam hari. Dialek dalam pengucapan berbeda-beda antar bangsa.

Di Saudi Arabia disebut Gahwa, Orang Turki menyebutnya Kahveh, orang Belanda menyebutnya Koffie, orang Inggris menyebutnya Coffee, orang Indonesia menyebutnya Kopi..

Saat pertama kali saya minum *gahwa saat bertamu ke keluarga Saudian, baru nyicipi sedikiiit, langsung nyengir sambil berucap *no thanks, syukran … saat mau ditambah lagi cangkirku dengan gahwa… sesloki aja belum habis lhaaa kopi kok gak pake gula…?

gahwa coffee arabi
Gahwa disajikan dengan kurma dan coklat
Sesampainya di rumah aku dinasehati majikan bahwa jika menolak minum kopi, (bisa jadi) dianggap *kurang sopan. Waduh aku keliru…maaf. Hari2 berikutnya sengaja belajar minum gahwa dulu di rumah. Hingga pada undangan berikutnya, aku udah pede minum kopi. Saat tuan rumah menambahkan lagi ... dan lagi ... hingga beberapa kali … kusambut dengan senang,
yesss aku sudah bisa menikmatinya. Gahwa minuman simbol keramahan tuan rumah menghormati tamu.

Gahwa Sensasi Kopi Tanpa Gula ala Arabi ...
Bagi yang baru merasakan pastilah berasa pahit dan aneh. Jangan khawatir …sebagai teman minum kopi, biasa disajikan dengan kurma, coklat atau "baqlawa" yaitu cemilan pastry manis.

gahwa coffee arabi

Foto kiri : Gahwa (kuning) dalam *finjan, sloki tanpa pegangan.
kanan : Kopi Indonesia (hitam) dalam cangkir dg pegangan.

Ada loh caranya minum Gahwa, cara & etika minum Gahwa :

1.     Menerima suguhan kopi dengan baik lalu meminumnya. Suguhan kopi merupakan tanda bahwa     tuan rumah sangat welcome dan menghormati tamu yang datang. Maka kitapun sebagai tamu             harus membalas penghormatan yang telah diberikan.

2.      Tuan rumah akan menyuguhkan, mengucurkan kopi dari *dallah (teko) ke *finjan (cangkir           mini/sloki), langsung di hadapan tamu.

3.      Baca Bismillah...lalu ambil kurma, gigit kurma dulu (kurma, coklat atau lainnya), diemut dalam mulut, lalu nyeruput *gahwa.

4.      Pegang *finjan dan minum dengan menggunakan tangan kanan.

5.      Tidak meniup-niup minuman
Pernah saat ngariung dengan keluarga Arabian sambil nge*gahwa, saya minumnya sambil meniup-niup (kebiasaan saat minum panas), seketika saya ditegurnya : "laa .. sambil gerakan tangan menandakan larangan. (laa=Arabic=jangan). Maksudnya jangan meniup-niup,  jika dirasa terlalu panas, tunggu lah sesaat hingga dapat meminumnya. 

6.      Begitu terlihat cangkir berkurang isinya atau kosong maka tuan rumah akan langsung menuangkan kopi lagi, hingga beberapa kali. Jika tidak ingin ditambah lagi, katakan "syukran" (Arabic=teimakasih) sambil menutupkan telapak tangan kanan ke cangkir.

gahwa coffee arabi
Gahwa disajikan dengan coklat dan Ruthab (kurma segar yang masih crunchy).
Nah bagaimana… sudah dapat menikmati Gahwa, sensasi ngupi Tanpa Gula ala Arabi ..?

Coba juga nih minuman segar *Sahi Nanateh daun mint nikmatnya minum teh dengan campuran daun mint segar. Kalo yang ini plus gula. Selain rasanya segar, aroma daun mint dapat membuat perasaan rilex, mengatasi gangguan pernapasan.

Ayo diminum Gahwanya ... Nikmat banget ngeGahwa bersama Anda,
OH ...,  mau mbungkus Gahwa yang masih serbuknya?
Syukran yaaah atas kunjungannya.

Ditulis di kota Riyadh, ibukota negara KSA, Kingdom of Saudi Arabia.,
Foto milik pribadi.


Read More »
Copyright © * Mysweet Ladyluck. All rights reserved.