Astaghfirullah Puluhan Tahun Saya Mengamalkan DOA BUKA PUASA Yang TIDAK BENAR

Asslamualaikum
Bismillahirrahmaanirrahiim

Hayuuuk mari sudah saya siapkan kurma buat sahabat. Sejak kecil melakukan ibadah wajib Puasa, selama itu pula selama puluhan tahun saya mengamalkan doa ber buka puasa yang sudah sangat 'masyhur'. Saat menjelang berbuka kami sekeluarga berkumpul, dekat dengan radio untuk mendengarkan ceramah menjelang berbuka puasa. 

Saat yang dinanti tiba … thong…thong…thong..bleng…! Terdengar bunyi kenthong dan bedhug dipukul, tanda waktu magrib tiba diiringi suara adzan. Lalu kami bersama-sama mengucapkan doa berbuka, dengan bersuara, pokoknya pas doa itu semangat deh. Iiih jadi kangen suasana seperti itu.

Dokumen pribadi.

Doa kami waktu itu seperti ini "

Allahumma lakashumtu wabika amantu wa'ala rizqika afthartu
Birahmatika ya arhamarahimin

Artinya … Ya Allah, untuk-Mu kami berpuasa dan dengan rizki-Mu kami berbuka …

Begitulah .. hingga akhirnya … suatu saat …

Hingga saat saya menjalani bulan puasa di Saudi Arabia, menikmati iftar bersama keluarga besar Saudian, saya tidak melihat seorangpun yang berdoa seperti yang selama ini saya amalkan. Sempat saya  celingukan sendiri lalu akhirnya melirihkan doa, dalam hati saja.

Penasaran saat santai saya menanyakan :

Apa doa SEBELUM berbuka/makan?

Dijawabnya mengucap "Bismillah"

haaah gitu doang? Anak kecil aja bisa…! 

Laagh waktu kecil saya udah ngapalin tu doa ampe diulang-ulang baru hapal.


doa berbuka puasa

Lanjut penasaran saya cari2 tahu. Ini dia ...


Doa berbuka yang tidak sahih (tidak benar) ditinjau dari sumber hadits :

Allahumma laka shumtu wabika amantu wa'ala rizqika afthartu
( dari Hadist Dhoif/Lemah, didhoifkan oleh Al Albani, sebagaimana dalam keterangan beliau dalam Dhoif Sunan Abu Daud … )

Birahmatika ya arhamarrahimin
( Merupakan tambahan yang tidak berdasar ).

Karena bersandarkan Hadist Dhoif, Lemah, Cacat maka untuk kehati-hatian, 
takut karena Allah, saya meninggalkan doa tersebut. 

Lalu bagaimana doa yang SAHIH / BENAR ? 

Ini dia :

ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتِ الْعُرُوقُ وَثَبَتَ الْأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللَّهُ
Dzahabazh zhama'u wabtalatil 'uruqu wa tsabatal ajru insya Allah
( Hadist SAHIH Riwayat Abu Daud … ).
Artinya : Telah hilanglah dahaga, telah basahlah kerongkongan, semoga ada pahala yang ditetapkan, jika Allah menghendaki.

Doa ini dibaca SETELAH berbuka. 

Adapun SEBELUM makan/berbuka mengucapkan "Bismillah".

Kini tiap kali berbuka puasa saya membaca doa ini yang Sahih / Benar.

Wallahu Ta’ala a’lam bish showab.

Lebih jelasnya silakan baca referensi berikut :

1. Doa Sahih berbuka puasaUstadz Ammi Nur Baits, Pembina Konsultasi Syariah
2. Doa Berbuka PuasaUstadz Abu Shofwan
3Doa berbuka puasa yang SahihMuslimah.or.id, 
4. Bimbingan Islam
5.  Meninjau Penggunaan Hadits Dhoif, Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal, ST., M.Sc.

3


Read More »

INFUS AIR BUAH Gaya Hidup Yang Sedang Trend

Infus yang ini tidak menakutkan, gak pakai jarum suntik. Segera setelah diinfus badan terasa segar. INFUS AIR BUAH Gaya Hidup Yang Sedang Trend ini sekarang sering nangkring  di kulkasku.

infus air buah

Ooo ya iyalah rasanya seger banget wong dibuat dari buah segar .. asli, bukan 'buah plastik', jangan disamain dengan 'beras plastik' (ini beneran atau hoax sih..?).

Manfaat

Buah segar jelas bermanfaat antara lain mengandung vitamin yang berguna bagi tubuh. Air infuse ini murni tidak menggunakan tambahan gula sehingga lebih baik. Tambahan daun mint segar selain menjadikan aroma mint yang menggugah selera juga memberikan efek menenangkan perasaan, rilex.

INFUS AIR BUAH Gaya Hidup Yang Sedang Trend .. 
Membuatnya gampaaang abis.

Bahan :
1.   Aneka buah-buahan segar
2.   Air putih matang
3.   Daun mint segar, kayu manis, cengkih
Cara Membuat :  
1.   Buah segar dipotong tipis, memarkan buah perlahan jangan sampai rusak,  masukkan dalam gelas, tambahkan daun mint segar, tambahkan air putih, tutuplah gelas, masukkan ke dalam kulkas. Simpan kurang lebih 5 jam.
2.   Siap diminum.
infus air buah


Sebenarnya sih makan buah segar lebih praktis, gak usah repot, dijus dulu seperti Mango Smoothie yang kusuka atau Fresh Juice Mentimun. Makan buah secara langsung digigitnya juga lebih mantab, sari buahnya lebih terasa. Lah kalau model infuse gini, bisa terkontaminasi misalnya dari air yang tidak matang sempurna sehingga bakteri masih hidup. Yaa kalau gini sih malah dapat bikin sakit perut.

Infuse air buah ini baik, kan tiap hari minumnya air putih, sekali-kali minum air putih yang berasa buah, segar, tanpa gula. Saya sih suka aja ngeliatnya irisan buah melayang dalam gelas … menggoda banget gituh. Kalau lagi nge-gym ada yang bawa botol keren berisi infus air buah ini, wuih ..kadang 'gimanaa gituh .. ' berasa keren bak artis aerobik Vicky Burki (kalee), duluuu waktu dianya masih 'duapuluhan', szzt kini juga tetep keren ?
Maaf bikin dirimu ngecesss … ihh tahan ya bentar lagi 'buka puasa'.
Biar nggak dibilang nggak ngetrend … saya mah sudah coba, INFUS AIR BUAH Gaya Hidup Yang Sedang Trend. Hasilnya … selalu segaarr kan sayah ?



Read More »

Ramadhan Di Arab Saudi Tiada Hari Tanpa SAMOSA

Assalamualaikum. Ramadhan sudah dekat…! Marhaban ya Ramadhan ...!

Ramadhan Di Arab Saudi Tiada Hari Tanpa SAMOSA saat "iftar" (buka puasa, di bulan Ramadhan). Selama di Saudi di bawah supervisi chef asli orang Saudi :) saya suka membuat sendiri samosa dengan berbagai varian  bahkan mencoba membuat kreasi varian samosa yang baru, original, tiada duanya. Perlu didaftarkan  Hak Cipta-nya ..hahay.

Bulan Ramadhan dimana umat islam di seluruh dunia menunaikan ibadah wajib Puasa, serentak. Seluruh muslim menjalankannya dengan sukacita, ridlo karena Allah. Saat iftar tiba, tiap keluarga berkumpul menikmati hidangan iftar bersama. Nikmat bersama keluarga (live) sungguh sangat mahal nilainya di jaman gadget modern ini.

samosa arab
Samosa Goreng
Apa yg menjadi hidangan favorit di keluarga Anda?

Mau tahu hidangan Favorit di keluarga ane? Tanpa nasi. Ini dia : samosa … 

SAMOSA
Samosa, samousa, sambousa, sambusak, samboosek begitu disebutnya berbeda karena perbedaan pengucapan, aksen lidah. Samosa adalah cemilan ringan, berbentuk khas "segi tiga", terbuat dari kulit pastry yang crispy, di dalamnya berisi daging kambing atau sapi, chicken, keju, telor, maupun sayuran seperti kentang, wortel, buncis. 

Rasanya gurih, asin. Paling pas disantap dengan "Shorbah Adas" sup kacang lentil yang juga gurih, atau "Sup Wortel yang Creamy"Saya gak mau repot ah bikin kulit pastry sendiri, tinggal beli di supermarket, 1 pak biasanya berisi 50 lembar kulit pastry. Untuk isiannya saya sering menggunakan "minced lamb" (daging kambing, cincang), daging ayam, keju, telor.

Jika menggunakan isian daging kambing selalu saya tambahkan daun coriander (daun ketumbar), banyakin aja, biar hhhmmm harum wangi coriandernya terasa banget … ini yang menjadi cirri khas "samosa arab", plus rempah lainnya yang tak kalah aromanya yaitu …'hel' (kapulaga).

samosa
Samosa siap goreng atau oven
Ramadhan Di Arab Saudi Tiada Hari Tanpa SAMOSA.

Ingin mencoba membuat samosa sendiri…? Cekidot dapurku :

Bahan Kulit :
1.       Kulit Pastry, beli jadi, available @ Supermarket.
2.       3 sdm terigu, larutkan dg sedikit air, untuk ngelem bagian pinggiran (akhir) kulit pastry supaya rapat.
isi samosa
Kiri : Kulit Pastry,  Kanan : isian daging kambing, chicken, keju, telor, jagung manis
Bahan n Bumbu Isian :
1.       2 genggam Minced Lamb (daging kambing cincang)
2.       2 sdm olive oil (minyak zaitun) untuk menumis daging.
3.       2 gelas minyak atau secukupnya, untuk menggoreng samosa.
4.       1 ikat daun coriander (daun ketumbar), cincang
5.       1 bawang Bombay, iris
6.       3 siung bawang putih, iris
7.       5 butir kapulaga, tumbuk halus
8.       1/2 sdt ketumbar halus
9.       Garam, merica, gula sejumput, secukupnya
10.   Paprika bubuk untuk rasa pedas sedikit. Yang tidak suka pedas, tidak perlu.
Cara melipat kulit samosa .. bentuk 'segi tiga'.

Cara Membuat :
1.       Tumis daging cincang hingga setengah matang, masukkan semua bumbu dan bahan, lanjut tumis hingga matang, angkat, sisihkan.
2.       Ambil 1 lembar Kulit Pastri, gulung/tekuk bagian ujung membentuk segitiga. Beri isian, lanjutkan gulung sisa kulit pastry membentuk 'segitiga' hingga bagian akhir kulit, beri/olesi dg terigu untuk mengelem. Masukkan ujung bagian kulit pastry ke dalam, sehingga bentuknya "segitiga". Lihat pada gambar.
3.       Goreng hingga keemasan, matang. Tiriskan gorengan pada tissue untuk menyerap minyak.
4.       Hidangkan, bisa dengan saus tomat, sambal botolan, yoghurt, dll.
samosa
Kulit pastry dilipat btk segitiga di bag ujung, siap diisi ...

Goreng atau Oven

Selain digoreng, bisa juga di oven. Caranya olesi samosa (yang sudah diisi) dengan olive oil, tempatkan pada Loyang yang sudah dialasi kertas roti, lalu masukkan ke dalam oven. Panggang kira2 20 menit hingga bau harum, warna kecoklatan, matang, keluarkan dari oven.

Simpan di freezer

Supaya tidak repot setiap hari bikin samosa, saya membuatnya dalam jumlah banyak, sekaligus, 1 pak kulit pastry saya habiskan, berisi 50 lembar = 50 buah samosa. Isinya bervariasi, ada yang daging kambing, daging ayam, keju, telor. Simpan di wadah tertutup rapat, kedap udara, simpan dalam freezer, awet lama.

Szzzttt .. ada juga kreasi baru, original, yaitu "samosa manis" yang di dalamnya saya isi dengan jagung manis ditumis dengan butter, gula, garam, kayu manis. Rasanya manis, wangi kayumanisnya haruuuum bingidz. Asli yang ini belum pernah saya jumpai di seluruh duniaaaa . Ini kreasi nekad ! Haha. Sayangnya kurang laku di lidah orang arab …. Jadinya teronggok lamaa di kulkas.

samosa
Samosa Oven

Ramadhan Di Arab Saudi Tiada Hari Tanpa SAMOSA 
so crispy, so delicious, so … bergizi.

Selamat, jika Anda sudah mencoba membuat Samosa ... alhamdulilah berhasil.
Buka puasa dengan Samosa serasa di Arab. RAMADHAN MUBARAK ... !


Read More »

Pengalaman naik taxi di Arab

Sekejap menunggu taxi kudapat. Menikmati perjalanan. kubuka mata lebar di balik niqab, sambil mengingat-ingat rute jalan.  Pengalaman naik taxi di Arab khususnya di Kota Riyadh, Saudi Arabia, taxinya bagus2 berwarna putih. Selama ini enjoy saja. Umumnya menggunakan argo meski ada juga yang tidak (taxi privat).
taxi arab
pic1 

Perempuan jangan naik taxi sendirian
lhaaa iyaa gak Cuma naik taxi, setiap melangkahkan kaki keluar rumah saya selalu bersama  mahram. 

Saling mendoakan
Begitu taxi datang, berhenti , terjadi saling menyapa, saling  mendoakan keselamatan  :

"assalamualaikum.."  dibalas "waalaikum salam.." 
"semoga keselamatan dilimpahkan kepada anda".
 Sungguh salam yang indah, menyejukkan, dirahmati Allah..insya Allah.

Barulah kami naik. Mahram saya laki2 duduk di depan di samping supir, sedangkan saya duduk di belakang. Mudahnya orang Arab menjadi saling akrab, mereka sering terlibat pembicaraan 'hangat'. Kadang percakapan begitu semangat, hingga tangan ikut bicara melambai kemana-mana.  Sementara itu saya duduk 'anteng' manis, tidak turut dalam sapaan salam/obrolan dengan supir taxi.
Belum pernah nemuin supir taxinya orang Saudi, ada namun sangat jarang. Kebanyakan orang pendatang dari Negara lain, Banggali (sebutan untuk Bangladesh),  Egyption (Mesir), India, Pakistan, Syria ..dll.

enjoy taxi arab

Alunan merdu  ayat suci Al Qur'an
Beberapa kali dapet taxi yang supirnya alim, bawa mobilnya kalem, bicara seperlunya. Ini yang tambah bikin reuseup : sepanjang jalan diputar alunan 'murotal' bacaan ayat suci Al Quran. Audio system nya pas banget, terdengar syahdu gituuu.  Cessszh adhem banget rasanya … ya AC nya ya hatinya.

Taxi centil yag harum        
Nah ini dia Pengalaman naik taxi di Arab yang tidak kalah berkesan. Taxi dengan  interior yang stylish. jok kursi dibungkus dengan semacam kain berbulu. lalu…mmm semribit parfumnya ngarab banget, Arabian Luxury Oud, aroma wangi mewah parfum, kusuka. Kuperhatikan asesori pada sandaran kursi … cieeiilee centiiiill bingitz. Kayaknya baba supir yang cool romantic, atau isterinya atau pemilik taxinya yaaaa.
Baru pernah sekali ini, nemuin taxi dengan asesoris cute berupa untaian "manik2 batu hias" yang tersusun menjuntai di bagian sandaran kursi.. haaaa bisa jadi batu akik cincin buanyaaak tuh.

taxi

Aiiihhh … Sebentar ni sudah  melewati Riyadh Galeri Mall, artinya saya harus siap-siap, tujuan hamper sampai.

Keluar taxipun juga saling mendoakan.
"assalamualaikum…syukron" … dibalas "waalaikum salam…"

Alhamdulilah, Pengalaman naik taxi di Arab enjoy aja tuh,  tidaklah seram seperti yang saya dengar dari si anu si fulan yang katanya bin katnenye

Pengalaman naik kendaraan sendiri di negeri sendiri bahkan di malam hari (sering jam 2 malam, hihi uji adrenalin juga sih), tidak membuatku meremehkan, 'sok berani', atau ingin mencoba melakukannya di Saudi. Dengan mematuhi syariat yang ditegakkan di Saudi … justeru membuatku merasa nyaman.

Berikut tips naik taxi :
1.       Wanita bersama dg mahramnya.
2.       Sebelumnya carilah tahu dulu berapa kisaran waktu tempuh dan besarnya ongkos taxi.
3.       Ucapkan salam sebelum dan sesudah naik taxi.
4.       Siapkan uang secukupnya (di tempat yang mudah diambil) untuk ongkos taxi sehingga tidak perlu repot riweuh buka aduk2 dompet yg mungkin berisi ribuan riyal, perhiasan, permata maupun batu akik ? J
5.       Pilih  taxi legal.
6.   Ingatlah identitas taxi, bisa dengan mencatat di kertas atau di hape, memotret (hati2 tidak semua tempat/orang membolehkan difoto).
7.  Pastikan uang anda adalah asli :) bukan Uang Siluman.  
7.       Berdoa
8.      
9.      
10.   …  ... ... Silakan menambahkan

tarif taxi

Bagaimana dg pengalaman Anda?
Boleh sila share di sini, siapa tahu jika anda adalah taxi driver maupun pengusaha taxi, dg share di sini dapat menambah pelanggan anda, saya pertimbangkan utk mjd pelanggannya :)

Selamat berkendara dengan taxi … enjoy !

Ditulis di kota Riyadh, Ibukota Negara Saudi Arabia, 
*summer time, June 2015

semua gambar milik pribadi kecuali pic1 by google

Read More »
Copyright © * Mysweet Ladyluck. All rights reserved.