Hummus Kacang Arab creamy yummy

Heeyyy apa kabar, anda hobby makan? Tapi takut gemuk?
Bikin cemilan ini sendiri bisa, resep terlampir.  Salah satu makanan khas Arab yang sangat terkenal, yaitu Hummus. Terbuat dari kacang arab atau chickpeas, yang dihaluskan hingga berbentuk pasta… so creamy so yummy. Rasa asam dari air perasan jeruk lemon sungguh terasa segarnya berpadu dengan gurihnya kacang arab. Tambahan extra virgin olive oil menambah legit. Hummus biasa disantap sebagai snack maupun appetizer. Cocok bagi pelaku diet vegetarian.

hummus humus chickpeas

Hummus, humus, homus, humous, tersedia hampir di seluruh restoran menu arab. Bahannya pun mudah didapatkan di supermarket. Cara membuatnya mudah. Biasanya beda tangan yang mengolahnya beda pula rasanya. Pertama kali ngerasain hummus yang dibeli dari restoran arab Al Ajami yang terletak di pusat kota, Olaya street, Riyadh.

Penampakan yang sangat menggugah selera membuatku langsung mencocol hummus dengan flat bread .. yuuummm … oooouuugh langsung nyengirrr deh … masyaa Allah itu rasanya di lidah, aseeemm buangeet. Gak tahan deh, langsung stop… grak ! Berbeda dengan hummus dari restoran lainnya yaitu restoran Assaraya Turkish Rest maupun restoran Mama Noura. Masing-masing memiliki rasa yang khas. Menurutku yang paling terasa asam adalah hummus dari rest Al Ajami.
Melihat majikan yang kelihatan lahap banget menyantap hummus … membuat semangatku timbul lagi untuk mencobanya.

hummus chickpeas
hummus pas disantap dengan khubz/flat bread
Pelan tapi pasti kusobeek itu khubz (flat bread) dengan tangan, lalu kucocolkan ke hummus, kulipat khubz sehingga hummus berada di dalamnya dan saat kumakan, si hummus tidak langsung berinteraksi dengan lidah … lumayan dapat mengurangi rasa asamnya. Lalu kucocol lagi .. lagi..dan lagi … sambil dinikmati … mmmm uenaaak kok. Perlu mencoba beberapa kali agar dapat merasakan nikmatnya hummus … asam, segar, gurih.

Nah untuk dessertnya buat yang suka kue manis saya buatin ini Cinnamon Roll.

Penasaran, coba bikin sendiri. Resep dari Layla a Saudian Lady yang baik hati.

BAHAN
Food processor, maupun blender
1 kaleng (sekitar 400 gram) kacang chickpea / kacang arab / garbanzo, tiriskan
3 sdm air larutan chickpea dari kemasan
3 siung bawang putih
2 sdm extra virgin olive oil
1 buah lemon, peras ambil airnya (sesuai selera rasa asamnya)
1/2 sdt garam (secukupnya)
Sejumput merica bubuk , secukupnya
Sejumput jintan bubuk, secukupnya
2 sdm pasta tahini (dapat dihilangkan)



Garnis dengan buah zaitun, irisan bawang bombay, irisan daun parsley.

chickpeas


CARA MEMBUAT
1.       Masukkan semua bahan (kecuali garnis) dalam food prosesor, maupun blender, proses hingga lembut menyerupai pasta. Jika terlalu kental tambahkan air larutan chickpea. Cicipi rasanya hingga pas di lidah anda.
Voilaaaa … jadi deh, so easy so simply. Masukkan kulkas biar dingin tambah mantab rasanya.
Dinikmati bersama flat bread. Enak juga buat cocolan keripik. Tambah mantab dengan easy simply fresh salad, tabouleh yaitu salad dari daun parsley.
Salad kesukaanku, bahannya : timun, tomat, parsley/lettuce, potong2/cincang. Campur dengan dressing : 1 sdt air jeruk lemon, 2 sdt extra virgin live oil, garam,gula,merica secukupnya.

Bon appetite … Selamat mencoba Resep Hummus.

Terimakasih sudah berkunjung. Bagaimana komentar anda ? J


ARTIKEL TERKAIT



Komentar baik Anda menambah semarak blog ini. Barakallahu fiikum.

Copyright © * Mysweet Ladyluck. All rights reserved.