JIZAN t Pearl of South of Arab Saudi

Menjelajah Saudi Arabia, negeri yang penuh eksotika; Lihat saja mata dunia seakan tak pernah lepas menajamkan perhatiannya ke negeri ini. Kali ini saya jalan-jalan ke salah satu propinsi di Saudi. Masyaallah…, kekayaan dan keragaman tempatnya membuatku terpukau. Hamparan karpet hijau perkebunan dan sejuknya pegunungan membuatku terkagum-kagum, aku pikir yang ada Cuma padang gurun pasir yang sangat panas (hingga mencapai 50 derajat Celcius) dengan *sandstorm* badai pasir berdebu. Betapa Allah begitu Agung dengan ciptaanNya.

jizan saudi  arabia
the greenery on the desert ...hamparan hijau di gurun pasir
 (dokumen pribadi)

Jizan, Jazan, Gizan.. mendapat julukan *the Pearl of the South* --- baca selengkapnya




Mutiara dari Selatan,  terletak di pojok barat daya KSA Kingdom of Saudi Arabia. Dari ibukota KSA yaitu kota Riyadh menuju ke Jizan by Saudia flight sekitar 2 jam. Sesampai di airport King Abdullah bin Abdul Aziz Airport, Jizan disambut dengan disain ruang yang unik di bagian lobby depan airport, yaitu bangunan rumah tempo doeloe penduduk Jizan, bentuknya seperti kubah dengan atap runcing, terbuat dari daun pohon kurma, dinding terbuat dari lumpur padang pasir dengan hiasan handicraft antara lain topi lebar, tas, yang terbuat dari daun pohon kurma.

rumah arab
model rumah adat tempo doeloe penduduk Jizan
(dokumen pribadi)
ICON : Memasuki  kota Jizan yang juga merupakan ibukota propinsi Jizan, terlihat cukup ramai. Tidak begitu lama kami melalui salah satu bangunan yang menurutku salah satu icon kota Jizan yaitu bangunan berupa patung berbentuk jangkar, berada di bundaran jalan. Jizan memiliki pantai dan garis pantai yang sangat indah dengan kekayaan lautnya menjadi salah satu tujuan wisata.. Jika anda gemar berpetualang di laut anda dapat pergi ke Pulau Farasan, melakukan diving menikmati indahnya terumbu karang.  Di area lain saya juga jumpai icon yang eye catching terletak di tengah persimpangan jalan, yaitu bangunan menyerupai pedang. 

jizan saudi  arabia
bangunan berbentuk PEDANG ... (dokumen pribadi)
SUHU dan CUACA : di Jizan tidak menetap. Saat musim panas berkisar 40 derajat Celcius sedang di musim dingin akan dingiiin sekali. Di Jizan pula sering turun hujan. Jika dibandingkan dengan di Riyadh, di Jizan terasa lebih *sumuk, gerah, berkeringat ….khas daerah pantai dengan tingkat kelembaban yang cukup tinggi,


cuaca selama 5 hari berturut-turut,  per 11 July 2014.
Di hampir seluruh area di kota Jizan terlihat pembangunan dimana-mana antara lain bangunan perumahan, sekolah, pusat bisnis, perkantoran, dll. Di sini pula terdapat universitas negeri yang merupakan salah satu universitas terbaik di Saudi Arabia. Sayapun sempat keliling kota antara lain melihat stadium sepak bola. Jizan sudah menghasilkan banyak para pelatih dan pemain sepakbola andalan negeri ini.

jizan
gedung Chamber of Commerce n Industry  (Kamar Dagang) , Jizan   
(dok pribadi)

Shopping…? O pastinya belum lengkap jalan-jalan jika belum shopping. Beberapa mall yang sempat saya kunjungi sangat ramai. Barang-barang bermerek internasional memenuhi outlet mall. Manequin terpajang dengan gaun-gaun wanita yang mewah, sangat eyecatching. Manequinnya tidak berkepala yaaa. Juga tidak ada gambar maupun iklan yang memajang foto perempuan. Hhmm penasaran bagaimana wanita arab dibalut gaun-gaun yang indah semarak …  



pertokoan arab
salah satu pertokoan tempat belanja di Jizan



 ALAM : Jizan dengan penduduknya yang ramah dan santun, dikaruniai Allah dengan kondisi alam yang kaya dan beragam. Hasil pertanian, perkebunan maupun laut yang melimpah, dinikmati tidak hanya oleh penduduk local namun hingga ke propinsi lain.o o o  sayuran, buah-buahan seperti mangga, papaya, pisang yang di Riyadh kebanyakan dari Jizan, jadi bukan impor yaaa…meski yang impor juga ada. Selain juga produk lainnya misalnya  daging kambing, ghee, madu, unggas. Ini diantaranya yang menjadikan menu hidangan sangat beragam, silakan lihat tulisan saya terdahulu tentang Hidangan saat Bulan Puasa.


Special mangga, selama hampir 1 bulan saya tinggal di Jizan, setiap hari makan mangga yang masyaallah maniiisss banget, segar dan banyak airnya. Juga ada buah yang baru pertama kali saya temui, seperti buah naga, berasal dari pohon jenis kaktus. Kulit buah ber*lugut (bulu tajam seperti pada bambu). Cara makan harus dikupas kulitnya dulu. Daging buahnya kuning, banyak air, banyak biji, rasanya segar manis asem dikit. Nih hayuk atuh ikutan nyicipiiii ...


mangga jizan
monggo dicicipi ... mangga aseli Jizan, muaniiiss bingiits


basyumi fruit
buah *Basyumi setelah dikupas ... (dokumen pribadi)


jizan saudi arabia
kebun mangga banyak terdapat di sepanjang pinggir jalan

Terimakasih sudah berkunjung ... 
Segera, saya akan publish eksploring tempat2 lainnya, insyaallah :


ARTIKEL TERKAIT



Komentar baik Anda menambah semarak blog ini. Barakallahu fiikum.

Copyright © * Mysweet Ladyluck. All rights reserved.