BAMYA or OKRA or LADY FINGER

Assalamualaikum.. ketemu lagi dengan saya, yang suka mendengarkan obrolan.

Kali ini saya lah yang berbagi obrolan ... bukan ngegosip yaaa... Begini niiii...
Setiap kali saya berbelanja pastilah memuaskan pandangan mata (ke belanjaan yaaa bukan ke yang lain...:) mencari-cari 'sesuatu' yang unik. Naaaahh saat belanja di supermarket Tamimi (Riyadh-Saudi Arabia) mataku tertuju pada rak sayuran dimana terdapat sayuran "aneh" berwarna hijau, seperti oyong tapi kecil dan berujung lancip. Baru pertama kali saya mendapatkannya. Saya baca di label yang tertera ... tulisannaya.."okra". aaahhh, penasaran langsung saya ambil (beli). Sesampai di rumah saya amati.... betuknya seperti cabe hijau besar, permukaan berbulu halus seperti oyong/gambas, lalu saya belah memanjang... ooohhh berpolong... seperti ini nih .... 

bamya okra lady finger
Bamya, Okra, Lady Finger
Majikan saya menyebutnya "bamya". Saya diajari bagaimana cara mengolah "bamya" menjadi masakan popular di Saudi. Saya tertarik dengan berbagi dengan cara masak ala Saudian yang unik yaitu menggunakan *mangkok batu. Waaahh bagi-----------------------baca selengkapnya
 saya yang baru pertama kali memasak "bamya"... jadi semangat cari tahu sana-sini tentang sayuran unik ini yang disebut BAMYA atau OKRA atau LADY FINGER (emang sih bentuknya cute hihihi seperti jari(ku) wanita yang lentik), di tiap negara sebutannya berbeda-beda. Bagaimana dengan anda...menyebutnya apa?

Bamya mempunyai nama latin :  Abelmoschus Esculentus, merupakan tanaman berbunga dan berbuah polong (bagian ini yang dimakan/dimasak) dari family Mallow, tersebar luas antara lain di Asia, Afrika, Timur Tengah, Amerika, Cina. Bamya/Okra/Lady Finger mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh, antara lain serat tinggi, vitamin A,B,C,E,K, kalsium, zat besi.

Kalau saya memasak bamya dengan caraku .. (yang mudaaahhh banget) dioseng sajaaaaaaaaa...
bamya, okra, lady finger
oseng Bamya
O ya ciri khas dari bamya adalah kandungan "lendir"nya yang sangat tinggi. Justeru lendirnya ini nih yang bikin ..speciaalll... ada yang narik-narik mulur di lidah gituuu.. nikmaaattt....Juga bagus untuk *cuci perut...dijamin *b-a-b lancaarrrr. Bagi yang kurang suka dengan lendir yang banyak, tipsnya antara lain gini nih...untuk mengurangi pengeluaran lendir yang berlebihan, saya sengaja tidak memotongnya. Setelah dicuci bersih, bamya utuh langsung saya oseng/tumis (tambahkan daging lebih mantab booo)...memasaknya jangan terlalu lama, supaya zat gizi tidak hilang/berkurang dan bamya dimakannya masih terasa kres-kres crunchy renyah uenaaak.

  
BAMYA ala SAUDIan.



Di daerah Jizan, salah satu propinsi di Saudi Arabia, "bamya" sangat populer. Dari jaman "baheula" hingga sekarang, mereka mempunyai cara masak bamya yang unik yaitu menggunakan "mangkok batu" dipendam di dalam tungku besar yang berisi arang sebagai bahan bakarnya.

Saya diperkenalkan dengan cara memasak bamya yang unik ini oleh salah satu keluarga Saudian aseli, berasal dari Jizan (daerah Saudi bagian selatan) yang tinggal di ibukota Saudi Arabia (Riyadh). Keluarga ini sangat tajir dan modern, tetap mencintai tradisi nenek moyang, antara lain sampai sekarang tetap memasak *bamya dengan cara "baheula", yaitu menggunakan mangkok batu. Terlebih jika ada tamu yang datang... Kata beliau selain terasa *lebih special juga menghasilkann aroma khas dan rasa yang lebih laziiiizzz ... lezat. Perlengkapan masaknyapun sengaja didatangkan dari Jizan...seperti ini nih ....

bamya okra lady finger ala Jizan Saudian
MANGKOK BATU untuk memasak *bamya.
  note :
1. Tungku tempat bahan bakar (areng).
2. Mangkok batu berisi *bamya dimasak di dalam tungku menggunakan arang. Aroma yang dihasilkan dari   paduan masakan dengan arang pun sangat khas.... ini beda dengan memasak di atas kompor gas.
3. Untuk meletakkan dan mengangkat mangkok batu dari dalam tungku digunakan semacam penjepit yang panjang dari besi. Hati2 mangkok batu ini menghantarkan panas yang cukup tinggi.

Budaya Arab Saudi sangat menghormati tamu. Salah satunya tamu akan dijamu untuk makan bersama. Tamu perempuan bersama dengan nyonya rumah dan anggota keluarga perempuan, ruangan terpisah dengan kaum laki-laki :) Makanan disajikan di lantai berkarpet, lalu di atas karpet digelar plastik sekali pakai, praktis, jadi tidak mengotori karpet maupun lantai. 
 

Saudian lunch set menu bamya okra ladyfinger
Sajian hidangan khas Saudian dengan *bamya dan roti khas daerah Jizan
Sajian makan ala Saudian, keterangan gambar :
1. Aneka hidangan dari appetizer, main menu hingga dessert.
2. *Bamya disajikan dalam mangkok batu.
3. Pelengkap menikmati *bamya yaitu *khubz (roti khas arab). Yang ini khubz khas ala daerah Jizan, disebut *Khamir, buatan sendiri dibuat dari gandum dan khamir/yeast/ragi... rotinya tebal, mantab dalam gigitan, rasanya gurih ada asem-asem nya, hmmm aromanya wangi khamir. Cara makannya roti disobek dicocolkan ke *bamya ... lalu.. yummmmm. uenaaakk :)
bamya, okra, lady finger
Bamya dimasak dalam tungku yang dipendam dalam tanah.
Dok pribadi



RESEP *Bamya .. gampang banget ala chef Mysweet Ladyluck:)
Bahan :
- bamya 2 ons, cukup untuk berdua
- garlic
- onion
- daun coriander, cincang
- garam, gula secukupnya
- rempah-rempah : merica, cardamon (kapulaga), cengkeh, kayu manis
- tomato pasta
- olive oil 2 sdm untuk menumis



Cara memasak :
1. Bersihkan bamya, potong bagian yang bertangkai. Potong-potong bamya. Saya lebih suka memasak bamya utuh tidak dipotong-potong.
2. Siapkan wajan, masukkan olive oil, tumis garlic, onion, bumbu rempah, hinga harum.
3. Tambahkan air 1/2 gelas hingga mendidih, lalu masukkan tomat pasta, aduk-aduk.
4. Masukkan *bamya, jika kurang air tambahkan...saya suka yang *nyemek-nyemek ..hehehe... alias tidak terlalu banyak air/kuah, tapi juga tidak kering..
5. Masukkan garam dan gula.. cicipi hingga rasanya pas di lidah.
6. Masukkan daun coriander.
7. Jangan terlalu sering diaduk, karena *bamya sensitif, cepat empuk dan mudah terkoyak.
8. Matang deh... sajikan... hhhmmmm enaaaak... ?:)

bamya, okra, lady finger
Bamya masak soup daging kambing
Majikan saya paling semangat melahap bamya yang ditambahin dengan daging kambing....

Selain *Bamya.. silakan dicicipi menu lainnya ... masih nuansa Arabian ... tingal pilih, klik di sini :
  1. LABNAH creamy yummy - New !!
  2. SAHI NA'NA - simbol keramahan Arabian - New !!
  3. SHAWARMA 
  4. TERONG Arab (MUTABBAL) n HUMMUS

ARTIKEL TERKAIT



Komentar baik Anda menambah semarak blog ini. Barakallahu fiikum.

Copyright © * Mysweet Ladyluck. All rights reserved.