VILLA ISOLA Bandung

VILLA ISOLA.

Merupakan salah satu 'icon' kota Bandung. Terletak di jalan Setiabudi Bandung. Sekarang bernama gedung Siliwangi, dijadikan rektorat UPI Universitas Pendidikan Indonesia.

Villa ISOLA
Dibangun tahun 1933, bergaya arsitektur Art Deco, oleh seorang arsitek Belanda bernama Schoemaker, saat Belanda masih berkuasa di bumi Indonesia.

Sudut bangunan melengkung membentuk seperempat lingkaran. Dengan latar belakang menghadap Gunung Tangkuban Parahu sebagai view-nya. Semua perabot kaca dan keramik diimport dari Paris, Perancis. Di saat Belanda colaps akibat eksploitasi perang di Indonesia, adalah seorang Willem Berrety, keturunan Italy Java, (seorang kongklomerat yang menguasai bisnis termasuk telegraph di Indonesia, terutama di Bandung dan Jakarta), justeru membangun 'VILLA ISOLA' ini dengan biaya milyaran rupiah, villa berlantai 3 ( special design, terlihat seperti berlantai 5) sebagai tempat pengasingan (ISOLATE, isolasi) beliau. Berrety menjalin cinta dengan seorang puteri Gubernur Jenderal Hindia Belanda saat itu.

Lorong bawah tanah.
Kiprah di dunia bisnis dan politik Berety dianggap oleh Gubernur Jenderal sebagai ancaman, hingga direncanakan untuk "dilenyapkan".Maka disusunlah sebuah rencana.

to be continued :)

ARTIKEL TERKAIT



Komentar baik Anda menambah semarak blog ini. Barakallahu fiikum.

Copyright © * Mysweet Ladyluck. All rights reserved.