PENJARA Presiden SOEKARNO

PENJARA Presiden Indonesia - I-Soekarno ini terletak di Banceuy, Bandung. Di sini lah Presiden RI ke-1, Soekarno pernah dipenjara mendekam selama 8 bulan (1929-1930). Penjara yang dibangun tahun 1877 pada masa Belanda, sangatlah sempit hanya berukuran 2,5 x 1,5 meter.

Inilah SEL ruang tahanan Presiden SOEKARNO
Tampak sebuah bangunan tinggi, menara pengawas, dulu digunakan untuk mengawasi para tahanan di penjara tersebut. Sebuah batu hitam menandai tempat ini ... namun sayang ... tanpa ada keterangan apapun ...
Batu prasasti di sebelah ruang sel tahanan presiden Soekarno
Batu Prasasti ... lebih tepatnya *seonggok batu ... diam.. tanpa tulisan...


Menara Penjaga

Saya yakin orang yang melihatnya tak akan tahu bahwa itu adalah penjara tempat presiden Soekarno ditahan pada masa Belanda.... kelihatan tidak terawat .. bahkan terkesan luput dari perhatian ... sayapun harus menutup hidung karena bau 'pesing' yang menyengat ... duh...menyedihkan... berharap pemerintah kota Bandung atau pihak lain ada yang menaruh perhatian serius, karena tempat ini sangat bernilai sejarah. Di sekitar tempat ini sekarang dijadikan area bisnis, pertokoan yang cukup padat. Pusat perdagangan antara lain : lampu penerangan dan lampu hias, perlengkapan elektronik, perlengkapan rumah, pusat penjualan barang elektronik "seken, second" bekas.

ARTIKEL TERKAIT



Komentar baik Anda menambah semarak blog ini. Barakallahu fiikum.

Copyright © * Mysweet Ladyluck. All rights reserved.