GARUDA Indonesia aero

GARUDA INDONESIA

GITC Garuda Indonesia Trainning Center.
Merupakan pusat pelatihan bagi crew penerbangan dengan fasilitas dan infrastruktur moderen, dengan standar mutu tinggi. Saat ini menjadi institusi airline's trainning program yang ternama dan terbaik. Lokasi di Jalan Duri Kosambi 125 Cengkareng, Jakarta...sekitar 50 menit dari bandara Soekarno Hatta Jakarta.

Untuk dapat mengunjungi tempat ini harus mengajukan surat permohonan dan mendapatkan ijin terlebih dahulu dari manajemen GITC. Pemeriksaan sangat ketat termasuk gate yang dilengkapi dengan sinar x. Saat itu saya berkesempatan menikmati situasi penerbangan, tiba-tiba terasa guncangan yang hebat, penerangan minimum, dan suara bergeluduk sangat keras... terdengar suara peringatan bahwa pesawat sedang mengalami cuaca yang sangat buruk..ya Allah, hanya dzikir yang bisa aku lakukan. Selang beberapa lama kemudian terdengar lagi peringatan bahwa pesawat akan melakukan pendaratan darurat... lalu crew memberikan instruksi yang harus dilakukan... pesawat mulai landing... sampai berhenti... crew menginstrksikan penumpang untuk keluar melalui pintu yang ditunjuk ... lalu..one by one... terjun meluncur turun melalui tangga darurat, berupa tangga dari karet berisi udara...alhamdulilah...berhasil...selamat semua. yeaaahhh meski itu hanya sebuah 'simulasi'... yang sangat mendebarkan...aseli jantung ni dheg-dhegan banget... eeeeh tapi pas turun meluncur menggunakan tangga darurat (karet)...hhhiiiiiii asyiiik seruuuuu....
berasa main seluncur air di water boom...

Preeett... buruan foto dulu (curi-curi..xixixi). Latar belakang : Pesawat lockheed C140 Jetstar merupakan salah satu dari pesawat kepresidenan untuk Indonesia. Dibeli oleh Presiden Indonesia I Bapak Ir. Sukarno saat mengunjungi Lockheed Factory pada perjalanan beliau ke USA. Saat itu Indonesia membeli 11 pesawat dan 2 unit C140 Jetstar yang diberi nama "Pancasila" dan "Saptamarga" yang dioperasikan oleh Squadron 17 AURI sejak tahun 1958-1968.

GMF Garuda Maintenance Facility


GMF garuda maintenance facility








Foto - di hangar 2.
Ini adalah tempat bengkelnya pesawat... dimana pesawat mengalami pengecekan, perbaikan. Tempatnya luaaasss banget. Sempat juga merasakan duduk di kursi pilot, lalu mengamati peralatan penerbangan yang canggih serta jalan-jalan di dalam pesawat sambil lihat-lihat dan pegang-pegang....xixiixi hal ini tidak bakalan bisa dilakukan saat dalam penerbangan di angkasa.

Beberapa pesawat terlihat nongkrong sedang mengalami perbaikan ... tidak hanya pesawat milik nasional Indonesia, terlihat juga pesawat milik maskapai negara lain. waaahh heubat yaaaa bengkel Garuda Indonesia.
Terletak di area bandara, dengan luas area 1.150.000 meter persegi, merupakan yang terbesar se-Asia Tenggara. Terdiri dari 3 hangar :
Hangar 1 untuk perawatan berat pesawat berbadan lebar.
Hangar 2 untuk perwatan ringan
Hangar 3 untuk perawatan berat pesawat berbadan sempit.






ARTIKEL TERKAIT



Komentar baik Anda menambah semarak blog ini. Barakallahu fiikum.

Copyright © * Mysweet Ladyluck. All rights reserved.