TUTUT Kraca Keong

Tutut, Keong, Kraca, ... itulah sebutannya. Sejenis siput yang hidup di sawah. Di warung emak Entin di salah satu sudut kota Bandung, selalu ramai para penikmat ... penasaran kok banyak sekali pembelinya ... wouw .. ini dia..! rupanya ketertarikan pembeli juga karena pembeli lainnya yang sedang menikmati 'olahan siput' ini...sruput cup ...crup...bunyi yang ditimbulkan dari posisi bibir yang mengerucut untuk mencucup siput, dan jemari yang mengorek2 daging siput dari cangkangnya, alatnya cukup 'tusuk gigi'....beradu dengan air kuah ... sensasinyaaaa

kraca keong tutut
sedaaaapnyaaa ... cruuuppp sluurrrpp.   (dokumen pribadi.).

Orang menyebutnya juga "Keong sawah" yang mempunya nama Latin (Pila ampullacea) adalah sejenis siput air yang mudah dijumpai di perairan tawar Asia tropis,

Di warung emak Entin  ... sebungkus tutut Rp. 5.000,- saja! mmmm bergizi ... Saat bulan Ramadhan, tutut menjadi menu favorit warung ini. Bagi para penikmat tutut, jangan khawatir karena meski bukan di bulan Ramadhan, warung emak Entin ini sering menyajikan menu istimewa tutut ini.

Gak jijik lah yaauuu ... dagingnya yang kenyel-kenyel, kenyal, digigitnya kerasa gituuu, kadang disertai bunyi kres2 cangkang si anak2 tutut yang terkandung di dalamnya terkunyah ...hihihihiii, asyiiik tauuu. Harganya yang bersahabat di kantongku, membuatku menjadikan tutut sebagai pilihan alternatif makanan bergizi ... yang mengandung protein cukup tinggi.

Menurut Dr Ir Sulistiono, MSc, Ketua Departemen Manajemen Sumberdaya Perairan (MSP), Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Institut Pertanian Bogor (IPB) (harian Pelita, Jum’at,13/4),..
kandungan gizi keong mas diketahui mengandung asam omega 3, 6 dan 9. Dari hasil uji proksimat, kandungan protein pada keong mas berkisar antara 16 hingga 50 persen.


kraca keong tutut
cara makan dengan dicuthik, dikorek dagingnya ...hihi... (dokumen pribadi)
Selain protein, tutut juga mengandung zat gizi lainnya antara lain kalsium, serta kadar kolesterol yang rendah.
Sama2 mengandung protein hewani,...sama2 daging ... ayam,kambing,sapi... atau tutuuut...?
Dengan mengolah tutut secara tepat, tutut dapat menjadi hidangan yang laziiizz dan meriaaahh pula harganya... ayooo dicucuuppp...sluuurrpph..








ARTIKEL TERKAIT



Komentar baik Anda menambah semarak blog ini. Barakallahu fiikum.

Copyright © * Mysweet Ladyluck. All rights reserved.